Strategi Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified

Authors

  • Estahayati Sitompul Teknologi Pendidikan, Universitas Pelita Harapan Jakarta, Indonesia
  • Nungki Sri Handayani Teknologi Pendidikan, Universitas Pelita Harapan Jakarta, Indonesia
  • M.B. Rini Wahyuningsih Teknologi Pendidikan, Universitas Pelita Harapan Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5725

Keywords:

Pervasive Developmental Disorder – Not Otherwise Specified, sosial emosional, strategi

Abstract

Perkembangan sosial emosional adalah aspek perkembangan yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Namun, tidak semua anak dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional ini dengan maksimal karena adanya gangguan. Salah satu gangguan yang terjadi adalah Pervasive Developmental Disorder - Not Otherwise Specified (PDD - NOS). Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi strategi-strategi yang digunakan pada anak PPD-NOS untuk membantu mengembangkan kemampuan sosial emosionalnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada salah satu anak dengan PDD-NOS. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur terhadap orang tua, observasi langsung perilaku anak di rumah, dan observasi tidak langsung perilaku anak melalui YouTube dan TikTok. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan pada anak PDD-NOS adalah Applied Behavior Analysis (ABA), role-play, playing, dan latihan menjelaskan. Terlihat bahwa anak tersebut sudah dapat berkomunikasi dua arah dengan orang lain, memberikan kontak mata ketika berkomunikasi dan berusaha tidak meninggikan suara ketika berkomunikasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Psychiatric Association. (2000). Diagnostic and statistical manual of Mental Disorders: Text Revison. APA Publishing.

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (V). APA Publishing.

Assingkily, M. S., & Hardiyati, M. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 19–31.

Autism speaks. (t.t.). Pervasive Developmental Disorder - Not Otherwise Specified (PDD-NOS). https://www.autismspeaks.org/pervasive-developmental-disorder-pdd-nos#:~:text=Its%20defining%20features%20are%20significant,who%20has%20relatively%20mild%20symptoms.

Bailey, J. S., & Burch, M. R. (2018). Research methods in Applied Behavior Analysis: second edition. Routledge.

Barbera, M. L., & Rasmussen, T. (2007). The verbal behavior approach: How to teach children with autism and related disorders. Jessica Kingsley.

Baxter, A. J., Brugha, T. S., Erskine, H. E., Scheurer, R. W., Vos, T., & Scott, J. G. (2015). The epidemiology and global burden of autism spectrum disorders. Psychological Medicine, 45, 601–613. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25108395/

Cipta, D. A. S., Kartika, E. D., & Kurniawati, A. (2020). Analisis berpikir kritis siswa penyintas Pervasive Developmental Disorder - Not Otherwise Specified dalam matematika Montessori. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 159–164. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6854

Cipta, D. A. S., Kartika, E. D., & Kurniawati, A. (2020). Pembelajaran matematika untuk siswa Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified melalui Montessori. Media Nusa Kreatif.

Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh keterlibatan orangtua terhadap perilaku sosial emosinal anak. Jurnal Golden Age, 2(2), 66–74. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1024

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 181–190. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233

Gantjang Amannullah, Wachyu Winarsih, & Hasnani Rangkuti. (2018). Analisis Perkembangan Anak Usia Dini Indonesia 2018 – Integrasi Susenas dan Riskesdas 2018. Badan Pusat Statistik, 1–289.

Government of Western Australia. (2023). Play-based learning. Government of Western Australia.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak: edisi keenam. Erlangga.

Louwerse, A., Eussen, M. L. J. M., Van der Ende, J., de Nijs, P. F. A., Van Gool, A. R., Dekker, L. P., & Greaves-Lord, K. A. S. D. (2015). ASD symptom severity in adolescence of individuals diagnosed with PDD-NOS in childhood: Stability and the relation with psychiatric comorbidity and societal participation. J. Autism Dev. Disord., 45, 3908–3918. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26395112/

Luteijn, E. F., Serra, M., Jackson, S., Steenhuis, M. P., Althaus, M., Volkmar, F., & Minderaa, R. (2000). How unspecified are disorders of children with a pervasive developmental disorder not otherwise specified? A study of social problems in children with PDD-NOS and ADHD. European Child & Adolescent Psychiatry, 9, 168–179. https://link.springer.com/article/10.1007/s007870070040

Mayes, S. D., Black, A., & Tierney, C. D. (2013). DSM-5 under-identifies PDDNOS: Diagnostic agreement between the DSM-5, DSM-IV, and Checklist for Autism Spectrum Disorder. ELSEVIER, 7, 298–306. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2012.08.011

Mordre, M., Groholt, B., Knudsen, A. K., Sponheim, E., Mykletun, A., & Myhre, A. M. (2012). Is the Long-Term Prognosis for Pervasive Developmental Disorder Not Otherwise Specified Different from the Prognosis for Autistic Disorder? Findings from a 30-Year Follow-Up Study. J Autism Dev Disord, 42, 920–928. https://doi.org/10.1007%2Fs10803-011-1319-5

Musi, M. A., , S., & , M. (2017). Kontribusi Bermain Peran untuk Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3315

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara: Jurnal Imu Pengetahuan Sosial, 1(1), 64–74. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94

Ni’matuzahroh, Yuliani, S. R., Soen, & Mein-Woei. (2021). Psikologi dan intervensi pendidikan anak berkebutuhan khusus. UMM Press.

P. Adjeng, R. R. J., & Hatta, M. I. (2015). Pengaruh terapi ABA terhadap interaksi sosial anak autis di SLB Autis Prananda Bandung. Prosiding Psikologi SPeSIA, 430–436. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1349

Palinkas, L. A., Mendon, S. J., & Hamilton, A. B. (2019). Annual review of public health innovations in mixed methods evaluations. Annu. Rev. Public Health, 20.1-20.20. https://doi.org/10.1146/annurev-publhealth-040218-044215

Papalia, D. E., & Martorell, G. A. (2021). Experience human development: fifteenth edition. McGraw Hill.

Putri, D. F. S., & Nugroho, S. (2023). Hubungan aktivitas role playing dengan kemampuan pragmatik pada anak autism spectrum disorder umur lima sampai tujuh tahun di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soedjarwadi Klaten. Medical Journal of Nusantara, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.55080/mjn.v2i2.364

Putri, N. K., Yusuf, Y., Resdati, & Marnelly, T. R. (2023). Interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SD Negeri 136 kota Pekanbaru. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(4), 1622–1629. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.1622-1629

Santrock, J. W. (2017). Educational Psychology. Mc.Grow-Hill-Education.

Septyasih, R., Prastiwi, S., & Setyono, D. (2014). Pengaruh pendekatan bermain terhadap kemampuan interaksisosial anak autis. Jurnal Keperawatan, 5(1), 39–47. https://doi.org/10.22219/jk.v5i1.1859

Soesilo, T. D. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Satya Wacana University Press.

Suryana. (2010). Buku Ajar Perkuliahan: Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tarbox, J., Dixon, D. R., Sturmey, P., & Matson, J. L. (2014). Early Intervention for Autism Spectrum Disorders. Springer.

Towbin, K. E. (2003). Strategies for pharmacologic treatment of high-functioning autism and Asperger syndrome. Child and Adolescent Psychiatric Clinics of North America, 12(1), 23–45. https://doi.org/10.1016/s1056-4993(02)00049-4

Downloads

Additional Files

Published

02-08-2024

How to Cite

Sitompul, E., Handayani, N. S., & Wahyuningsih, M. R. (2024). Strategi Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 561–569. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5725

Issue

Section

Articles