- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Strategi Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5725Keywords:
Pervasive Developmental Disorder – Not Otherwise Specified, sosial emosional, strategiAbstract
Perkembangan sosial emosional adalah aspek perkembangan yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Namun, tidak semua anak dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional ini dengan maksimal karena adanya gangguan. Salah satu gangguan yang terjadi adalah Pervasive Developmental Disorder - Not Otherwise Specified (PDD - NOS). Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi strategi-strategi yang digunakan pada anak PPD-NOS untuk membantu mengembangkan kemampuan sosial emosionalnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada salah satu anak dengan PDD-NOS. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur terhadap orang tua, observasi langsung perilaku anak di rumah, dan observasi tidak langsung perilaku anak melalui YouTube dan TikTok. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan pada anak PDD-NOS adalah Applied Behavior Analysis (ABA), role-play, playing, dan latihan menjelaskan. Terlihat bahwa anak tersebut sudah dapat berkomunikasi dua arah dengan orang lain, memberikan kontak mata ketika berkomunikasi dan berusaha tidak meninggikan suara ketika berkomunikasi.
ÂDownloads
References
American Psychiatric Association. (2000). Diagnostic and statistical manual of Mental Disorders: Text Revison. APA Publishing.
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (V). APA Publishing.
Assingkily, M. S., & Hardiyati, M. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 19–31.
Autism speaks. (t.t.). Pervasive Developmental Disorder - Not Otherwise Specified (PDD-NOS). https://www.autismspeaks.org/pervasive-developmental-disorder-pdd-nos#:~:text=Its%20defining%20features%20are%20significant,who%20has%20relatively%20mild%20symptoms.
Bailey, J. S., & Burch, M. R. (2018). Research methods in Applied Behavior Analysis: second edition. Routledge.
Barbera, M. L., & Rasmussen, T. (2007). The verbal behavior approach: How to teach children with autism and related disorders. Jessica Kingsley.
Baxter, A. J., Brugha, T. S., Erskine, H. E., Scheurer, R. W., Vos, T., & Scott, J. G. (2015). The epidemiology and global burden of autism spectrum disorders. Psychological Medicine, 45, 601–613. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25108395/
Cipta, D. A. S., Kartika, E. D., & Kurniawati, A. (2020). Analisis berpikir kritis siswa penyintas Pervasive Developmental Disorder - Not Otherwise Specified dalam matematika Montessori. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 159–164. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6854
Cipta, D. A. S., Kartika, E. D., & Kurniawati, A. (2020). Pembelajaran matematika untuk siswa Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified melalui Montessori. Media Nusa Kreatif.
Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh keterlibatan orangtua terhadap perilaku sosial emosinal anak. Jurnal Golden Age, 2(2), 66–74. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1024
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 181–190. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233
Gantjang Amannullah, Wachyu Winarsih, & Hasnani Rangkuti. (2018). Analisis Perkembangan Anak Usia Dini Indonesia 2018 – Integrasi Susenas dan Riskesdas 2018. Badan Pusat Statistik, 1–289.
Government of Western Australia. (2023). Play-based learning. Government of Western Australia.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak: edisi keenam. Erlangga.
Louwerse, A., Eussen, M. L. J. M., Van der Ende, J., de Nijs, P. F. A., Van Gool, A. R., Dekker, L. P., & Greaves-Lord, K. A. S. D. (2015). ASD symptom severity in adolescence of individuals diagnosed with PDD-NOS in childhood: Stability and the relation with psychiatric comorbidity and societal participation. J. Autism Dev. Disord., 45, 3908–3918. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26395112/
Luteijn, E. F., Serra, M., Jackson, S., Steenhuis, M. P., Althaus, M., Volkmar, F., & Minderaa, R. (2000). How unspecified are disorders of children with a pervasive developmental disorder not otherwise specified? A study of social problems in children with PDD-NOS and ADHD. European Child & Adolescent Psychiatry, 9, 168–179. https://link.springer.com/article/10.1007/s007870070040
Mayes, S. D., Black, A., & Tierney, C. D. (2013). DSM-5 under-identifies PDDNOS: Diagnostic agreement between the DSM-5, DSM-IV, and Checklist for Autism Spectrum Disorder. ELSEVIER, 7, 298–306. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2012.08.011
Mordre, M., Groholt, B., Knudsen, A. K., Sponheim, E., Mykletun, A., & Myhre, A. M. (2012). Is the Long-Term Prognosis for Pervasive Developmental Disorder Not Otherwise Specified Different from the Prognosis for Autistic Disorder? Findings from a 30-Year Follow-Up Study. J Autism Dev Disord, 42, 920–928. https://doi.org/10.1007%2Fs10803-011-1319-5
Musi, M. A., , S., & , M. (2017). Kontribusi Bermain Peran untuk Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3315
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara: Jurnal Imu Pengetahuan Sosial, 1(1), 64–74. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94
Ni’matuzahroh, Yuliani, S. R., Soen, & Mein-Woei. (2021). Psikologi dan intervensi pendidikan anak berkebutuhan khusus. UMM Press.
P. Adjeng, R. R. J., & Hatta, M. I. (2015). Pengaruh terapi ABA terhadap interaksi sosial anak autis di SLB Autis Prananda Bandung. Prosiding Psikologi SPeSIA, 430–436. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1349
Palinkas, L. A., Mendon, S. J., & Hamilton, A. B. (2019). Annual review of public health innovations in mixed methods evaluations. Annu. Rev. Public Health, 20.1-20.20. https://doi.org/10.1146/annurev-publhealth-040218-044215
Papalia, D. E., & Martorell, G. A. (2021). Experience human development: fifteenth edition. McGraw Hill.
Putri, D. F. S., & Nugroho, S. (2023). Hubungan aktivitas role playing dengan kemampuan pragmatik pada anak autism spectrum disorder umur lima sampai tujuh tahun di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soedjarwadi Klaten. Medical Journal of Nusantara, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.55080/mjn.v2i2.364
Putri, N. K., Yusuf, Y., Resdati, & Marnelly, T. R. (2023). Interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SD Negeri 136 kota Pekanbaru. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(4), 1622–1629. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.1622-1629
Santrock, J. W. (2017). Educational Psychology. Mc.Grow-Hill-Education.
Septyasih, R., Prastiwi, S., & Setyono, D. (2014). Pengaruh pendekatan bermain terhadap kemampuan interaksisosial anak autis. Jurnal Keperawatan, 5(1), 39–47. https://doi.org/10.22219/jk.v5i1.1859
Soesilo, T. D. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Satya Wacana University Press.
Suryana. (2010). Buku Ajar Perkuliahan: Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.
Tarbox, J., Dixon, D. R., Sturmey, P., & Matson, J. L. (2014). Early Intervention for Autism Spectrum Disorders. Springer.
Towbin, K. E. (2003). Strategies for pharmacologic treatment of high-functioning autism and Asperger syndrome. Child and Adolescent Psychiatric Clinics of North America, 12(1), 23–45. https://doi.org/10.1016/s1056-4993(02)00049-4