Abstract


Dalam upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, stunting masih menjadi masalah mendasar di Indonesia hingga saat ini. Hingga tahun 2022, kasus stunting pada anak masih cukup tinggi melampaui standart WHO. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan 150 guru PAUD agar dapat mengidentifikasi, mencegah dan menangani stunting. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan desain pre-eksperimental. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner berupa pre-test dan post-test serta wawancara dengan Teknik analisis data tematik. Hasilnya, pelatihan ini efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam melakukan identifikasi, mengenali factor penyebab, pencegahan dan penanganan stunting. Selain itu juga terdapat pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD terkait stunting pada anak. Rekomendasi selanjutnya agar pelatihan stunting ini diperluas sasarannya kepada lebih banyak guru PAUD, sehingga kemampuan dalam pencegahan dan penanganan stunting dapat dimiliki guru PAUD sekaligus membantu mempercepat penurunan kasus stunting (konvergensi stunting) di Indonesia.


Keywords


pelatihan pencegahan stunting; penanganan stunting; guru paud