Analisis Model Pembelajaran 4C pada Sekolah Ramah Anak di Kelas Rendah Sekolah Dasar Kota Surakarta

Author


Oktiana Handini(1Mail),
Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 215KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 168 times PDF Downloaded: 166 times

Abstract


Pembelajaran sebuah cara atau tujuan untuk dapat memberikan keberhasilan bagi peserta siswa didik. Pada pembelajaran 4 C terkait critical thinking, communication, collaboration dan creativity dan innovation. Kolaburasi yang tepat serta sesuai akan memberikan hasil yang maksimal . Model pembelajaran 4C yang diterapkan di sekolah anak sekolah dasar di kota Surakarta memberikan pencerahan untuk pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekarang. Analisis dari hasil pembelajaran sangat baik dan memberikan pencerahan serta tepat anak mendapatkan pembelajaran yang maksimal. Kemampuan meningkat dengan metode 4 C. Guru sangat tepat menggunakan metode 4 C , untuk tujuan kesuksesan dalam pendidikan. Kolaburasi yang baik memberikan hasil pembelajaran yang maksimal. Siswa SD diransang untuk dapat berfikir secara kritis dan adanya komunikasi yang baik, mengedepankan system kolaburasi, kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan untuk sebuah keberhasilan mengajar. Pembelajaran 4 C sangat sesuai untuk diterapkan pembelajaran pada era globalisasi. Merangsang siswa didik berfikir kedepan, cepat dan kritis. Hasil dari artikel tulisan pembelajaran 4 C sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran siswa sekolah ramah anak di kelas rendah sekolah dasar di Surakarta. Simpulan pembelajaran dipilih yang sesuai untuk kebersalilan dan sesuai dengan era zaman. 4 C sesuai 


Keywords


model pembelajaran 4c; sekolah ramah anak; kelas rendah

References


Bachtiar, M. Y. (2020). Pembelajaran Berbasis Ramah Anak Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Instruksional, 1(2), 131. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.131-142

Chairiyah, C., Nadziroh, N., & Pratomo, W. (2021). Sekolah Ramah Anak Sebagai Wujud Perlindungan Terhadap Hak Anak Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(3), 1213–1218. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10229

Eren, E. (2021). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 10(3), 1199–1213. https://www.researchgate.net/profile/Ebru-Eren/publication/348382981_Education_Policies_in_the_Context_of_Political_Communication_in_Turkey/links/5ffc2aeba6fdccdcb846cc03/Education-Policies-in-the-Context-of-Political-Communication-in-Turkey.pdf

Evianah, N. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1707–1715.

Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). Implementasi Model Pjbl-Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4375

Hulaimi, A. (2019). Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Tarbawi, 4(1), 76–92. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/167

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher order thinking skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935

Im, G. W., Jiar, Y. K., & Talib, R. B. (2019). Development of preschool social emotional inventory for preschoolers: A preliminary study. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 158–164. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.17798

Kilty, T. J., & Burrows, A. C. (2022). education sciences Integrated STEM and Partnerships : What to Do for More Effective Teams in Informal Settings.

Kızılaslan, A. (2019). The development of science process skills in visually impaired students: Analysis of the activities. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 90–96. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.17427

Lestyorini, R. D., & Noviyanto, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Berbasis Adobe Flash di Kelas V SD Negeri Kabupaten Indramayu. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 217. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34938

Mubarak, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Madrasah, 6(2), 24. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295

Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692

Shanmugam, K., & Balakrishnan, B. (2019). Motivation in information communication and technology-based science learning in tamil schools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 141–152. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16564

Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendagogik, 05(02), 11. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/392

Susanti, E. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo VI Surabaya melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.34289/285232

Tania, L., & Fadiawati, N. (2015). The development of interactivee-book based chemistry representations referred to the curriculum of 2013. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 164–169. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4186

Tusriyanto, T. (2020). Pengembangan Sekolah Ramah Anak Di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01), 12. https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2297

Twiningsih, A. T. (2022). Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah melalui Lima Prinsip Teknologi Pendidikan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4), 272–277. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.261

Voogt, J., & McKenney, S. (2017). TPACK in teacher education: are we preparing teachers to use technology for early literacy? Technology, Pedagogy and Education, 26(1), 69–83. https://doi.org/10.1080/1475939X.2016.1174730

Wullur, M. M., & Werang, B. R. (2020). Emotional exhaustion and organizational commitment: Primary school teachers’ perspective. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 912–919. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20727


Refbacks

  • There are currently no refbacks.