Author
Oktiana Handini(1),
Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia(1)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-12-31
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 168 times PDF Downloaded: 166 timesAbstract
Pembelajaran sebuah cara atau tujuan untuk dapat memberikan keberhasilan bagi peserta siswa didik. Pada pembelajaran 4 C terkait critical thinking, communication, collaboration dan creativity dan innovation. Kolaburasi yang tepat serta sesuai akan memberikan hasil yang maksimal . Model pembelajaran 4C yang diterapkan di sekolah anak sekolah dasar di kota Surakarta memberikan pencerahan untuk pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekarang. Analisis dari hasil pembelajaran sangat baik dan memberikan pencerahan serta tepat anak mendapatkan pembelajaran yang maksimal. Kemampuan meningkat dengan metode 4 C. Guru sangat tepat menggunakan metode 4 C , untuk tujuan kesuksesan dalam pendidikan. Kolaburasi yang baik memberikan hasil pembelajaran yang maksimal. Siswa SD diransang untuk dapat berfikir secara kritis dan adanya komunikasi yang baik, mengedepankan system kolaburasi, kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan untuk sebuah keberhasilan mengajar. Pembelajaran 4 C sangat sesuai untuk diterapkan pembelajaran pada era globalisasi. Merangsang siswa didik berfikir kedepan, cepat dan kritis. Hasil dari artikel tulisan pembelajaran 4 C sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran siswa sekolah ramah anak di kelas rendah sekolah dasar di Surakarta. Simpulan pembelajaran dipilih yang sesuai untuk kebersalilan dan sesuai dengan era zaman. 4 C sesuai
Keywords
References
Bachtiar, M. Y. (2020). Pembelajaran Berbasis Ramah Anak Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Instruksional, 1(2), 131. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.131-142
Chairiyah, C., Nadziroh, N., & Pratomo, W. (2021). Sekolah Ramah Anak Sebagai Wujud Perlindungan Terhadap Hak Anak Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(3), 1213–1218. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10229
Eren, E. (2021). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 10(3), 1199–1213. https://www.researchgate.net/profile/Ebru-Eren/publication/348382981_Education_Policies_in_the_Context_of_Political_Communication_in_Turkey/links/5ffc2aeba6fdccdcb846cc03/Education-Policies-in-the-Context-of-Political-Communication-in-Turkey.pdf
Evianah, N. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1707–1715.
Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). Implementasi Model Pjbl-Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4375
Hulaimi, A. (2019). Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Tarbawi, 4(1), 76–92. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/167
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher order thinking skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935
Im, G. W., Jiar, Y. K., & Talib, R. B. (2019). Development of preschool social emotional inventory for preschoolers: A preliminary study. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 158–164. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.17798
Kilty, T. J., & Burrows, A. C. (2022). education sciences Integrated STEM and Partnerships : What to Do for More Effective Teams in Informal Settings.
Kızılaslan, A. (2019). The development of science process skills in visually impaired students: Analysis of the activities. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 90–96. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.17427
Lestyorini, R. D., & Noviyanto, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Berbasis Adobe Flash di Kelas V SD Negeri Kabupaten Indramayu. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 217. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34938
Mubarak, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Madrasah, 6(2), 24. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295
Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692
Shanmugam, K., & Balakrishnan, B. (2019). Motivation in information communication and technology-based science learning in tamil schools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 141–152. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16564
Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendagogik, 05(02), 11. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/392
Susanti, E. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo VI Surabaya melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.34289/285232
Tania, L., & Fadiawati, N. (2015). The development of interactivee-book based chemistry representations referred to the curriculum of 2013. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 164–169. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4186
Tusriyanto, T. (2020). Pengembangan Sekolah Ramah Anak Di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01), 12. https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2297
Twiningsih, A. T. (2022). Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah melalui Lima Prinsip Teknologi Pendidikan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4), 272–277. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.261
Voogt, J., & McKenney, S. (2017). TPACK in teacher education: are we preparing teachers to use technology for early literacy? Technology, Pedagogy and Education, 26(1), 69–83. https://doi.org/10.1080/1475939X.2016.1174730
Wullur, M. M., & Werang, B. R. (2020). Emotional exhaustion and organizational commitment: Primary school teachers’ perspective. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 912–919. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20727
Refbacks
- There are currently no refbacks.