Abstract


Berdasarkan observasi awal, guru kelas rendah di sekolah dasar menyusun perangkat pembelajaran ATP (Alur Tujan Pembelajaran), modul ajar dan penliaian untuk menunjang   proses pembelajaran. fungsi Perangkat pembelajaran untuk menjadikan proses mbelajaran terencana dan terarah.  Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru  alam   menyusun perangkat pembelajaran di ekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan naturalistic inqury. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu  wawancara,  observasi  dan  dokumentasi.   Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan  kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan guru di kelas rendah dalam menyusun  perangkat pembelajaran yang berupa ATP, modul ajar dan penliaian. dengan mengikuti secara keseluruhan tahapan dan komponen perangkat pembelajaran.

 

Keywords


perangkat pembelajaran, kurikulum merdeka, kelas rendah sekolah dasar