- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Media Wayang Kertas terhadap Kemampuan Mendengar pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5672Keywords:
metode dongeng, wayang kertas, keterampilan menyimak anak usia diniAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini digambarkan sebagai upaya untuk pembinaan yang diberikan kepada anak sejak lahir hingga usia enam tahun. Pembinaan ini dicapai dengan memberikan stimulasi intelektual yang akan meningkatkan kecakapan fisik mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik kelompok B Pendidikan Anak Usia Dini dalam menyimak sambil diceritakan dongeng dengan menggunakan boneka kertas. Pendekatan penelitian eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menguji dampak penggunaan media boneka kertas sebagai terapi terhadap kemampuan mendengarkan anak usia dini. Penelitian ini menguji pengaruh penggunaan boneka kertas sebagai terapi terhadap keterampilan mendengarkan anak kecil. Setelah dilakukan pengujian dapat dikatakan bahwa di Cibiru, Universitas Pendidikan Indonesia, kemampuan mendengarkan siswa muda dapat ditingkatkan dengan penggunaan alat yang disebut boneka kertas. Kontribusi dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan pendengaran anak melalui dongeng dengan menggunakan media wayang kertas.
Downloads
References
Akmal, F. (2020). Hubungan antara Keterampilan Menyimak dengan Keterampilan Berbicara terhadap Peserta Didik Kelas I di MIN 9 Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. FIKRI AKMAL bab 1 dan 2.pdfhttp://repository.radenintan.ac.id/11170/1/SKRIPSI
Al-falah, Y. M., & Khadijah, I. (2022). Penggunaan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.59818/jpi.v2i1.188
Al Anwari, A. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dongeng Berbasis Whole Languange untuk Siswa Kelas III SD/MI. Primary Education Journal (PEJ), 4(2), 14–18. https://doi.org/10.30631/pej.v4i2.71
Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal of Education Research, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.15
Apryliana, A., & Purwati, K. (2020). Menstimulasi Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini Berbasis Media Dongeng. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(01). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i01.232
Azkiya, N. R., & Iswinarti. (2016). Pengaruh Mendengarkan Dongeng. Pengaruh Mendengarkan Dongeng Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Prasekolah, 04(02), 123–139. https://doi.org/10.22219/jipt.v4i2.3515
Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 75. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033
Chandra, C., Kharisma, A., & Fitryona, N. (2023). Desain Dongeng Imajinatif dalam Pembelajaran Oral Reading Fluency di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2568
Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588–600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994
Deprianti, D., Wigati, I., & ... (2022). Pengaruh Media Wayang Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Raudahtul Athfal Plus Fatahul Wardah Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 1(5), 1065–1074. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/237
Ermawati, E., Dessy Wardiah, & Aldora Pratama. (2023). Pengaruh Media Wayang Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas Iv Sdn 18 Muara Telang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 283–292. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1414
Fauzia, N., Fahri, F., Purwati, O., Kuswardani, R., & Darma, F. I. N. A. D. B. (2023). Pelatihan Teknik Dongeng Sebagai Metode Pengajaran Orang Tua Kepada Anak di TK RA Mentari. Jurnal Abdi Masyarakat, 3(2), 56–63. https://doi.org/10.22334/jam.v3i2.44
Febrilio, Y. E., & Koeswanti, H. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran WAKER (Wayang Kertas) Berbasis Model Apacin untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8704–8710. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3912
Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021
Hasanah, D., & Rakimahwati, R. (2020). Pengembangan Karakter Kemandirian Anak Usia 2 – 4 Tahun Di Kelompok Bermain. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 52. https://doi.org/10.24036/108861
Hasmira, H. (2023). Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3834–3839. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2097
Hisda, W. T., Yusnan, M., Firasti, F., Purwaningsih, T., & Aras, L. O. (2023). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Dongeng Dengan Penerapan Metode Demostrasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3019
Isnainia, & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 197–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.968
Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. In Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 2, pp. 62–68). University of Trunojoyo Madura. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8856
Jetia Moon, Y., & Nesi, A. (2020). Citra Perempuan dalam Dongeng-Dongeng Daerah NTT. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 20(1), 10. https://doi.org/10.24843/pjiib.2020.v20.i01.p02
Juniarto, I. G. (2017). Keefektifan Media Wayang Kertas terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Menyimak Cerita kelas V SD Negeri Mayonglor 01 Kabupaten Jepara [Universitas Negeri Semarang]. In Semarang. https://lib.unnes.ac.id/30086
Kaluge, P. (2020). Mendengar dengan Mata Berkatekese dalam Ecclesia Domestica. Jurnal Teologi, 9(2), 143–162. https://doi.org/10.24071/jt.v9i02.2521
Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.
Krisanti, R. Y., Suprihatien, S., & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 24. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.918
Laksita, A., Hastiana, D., & Lestari, S. (2023). Penanaman Karakter Tanggung Jawab pada Anak Usia Dini dengan Metode Dongeng. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7665–7673. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2306
Lestari, D., & Fatonah, K. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Siniar Dongeng Paman Gery Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4249–4263. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7513
Maria, D., & Siringoringo, L. (2020). Hubungan Pendidikan Paud Dengan Perkembangan Bicara Dan Bahasa Pada Anak Usia 36-60 Bulan Di Paud Kasih Ibu Jakarta Utara. 1(1), 27–34.
Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2020). Efektivitas Dongeng dalam Mengembangkan Karakter Antikorupsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 292. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45131
Nabil, N. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Pendekatan Psikologi Anak. Almarhalah, 1(2), 73–81. https://doi.org/10.38153/alm.v1i2.9
Nadia, H. (2015). Pengaruh Metode Mendongeng terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas II di SD Dharma Karya UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Tahun Pelajaran 2014/2015 [UIN Syarif Hidayatullah]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28859
Prasetyo, A. (2020). Dongeng Melatih Kemahiran Anak Menulis Dongeng Melalui Imajinasi. Educreative : Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(3), 331–337. https://doi.org/10.37530/edu.v5i3.46
Pratiwi, D., & Hidayati, D. (2023). Implementasi Virtual Journey sebagai Media Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 451–458. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2695
Puji Utami, W. T., Trisnani, N., & Marier, S. M. (2023). Workshop Menulis Dongeng Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital Guru SD. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 4(2), 576–587. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v4i2.287
R.J Ridyawati. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Media Vcdfilm Kartun. JPGSD, 1(1), 1–170. https://doi.org/https://eprints.uny.ac.id/23967/
Ramadhani, E., Kurniawati, D., Dayana, & Wijaya, H. (2020). Hambatan Dalam Aktifitas Mendengar Efektif (Studi Kasus pada Pimpinan Perusahaan di Kota Medan). Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1). https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.804
Ratnasari, F., Yulsyofriend, & Rakimahwati. (2020). Pengaruh metode token economy terhadap disiplin anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(2), 86–99. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index
Salsabila, T. M. (2022). Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik Kelas Va Sd Negeri 1 Kalirejo [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/28310
Santoso, A. P. A. (2023). Pencegahan Kenakalan Anak Melalui Dongeng. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 2(1), 13–15. https://doi.org/10.55426/pmc.v1i2.235
Sari, D. Y. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4436
Suciati, M., Mulyono, T., & Khotimah, K. (2020). Citraan Dalam Kumpulan Puisi Dongeng-Dongeng Yang Tak Utuh Karya Boy Candra Dan Implikasinya. Jurnal Skripta, 6(2). https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.911
Sumartini, L. P. A., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Metode Dongeng Interaktif Terhadap Karakter Anak Pada Taman Kanak-Kanak Kuncup Harapan Singaraja. Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.10978
Suwarti, T. S., Lestari, S., & Widiyanto, M. W. (2020). Pembelajaran Literasi Digital PAUD melalui Pelatihan Tutor Paud di Pos PAUD Dahlia Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan. Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 118. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.2.118-125
Syaifullah, S., Andriani, R., & Abbas, F. F. (2020). PAUD Teachers’ Speaking Skill in Teaching English in Tampan District. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 123–126. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.5053
Syofiani, S. (2020). Budaya Literasi Melalui Teks Dongeng Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Siswa Sd Islam Khaira Ummah. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 110–117. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.64
Thelessy, R. D., Palinussa, A. L., & Gaspersz, M. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 9–14. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p9-14
Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2022). Dongeng Si Amad Untuk Mempersiapkan Anak Kembali Ke Sekolah Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 33–40. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.41886
Trianggono, M. M. (2020). Stimulasi Perkembangan Kreativitas Mahasiswa PG PAUD Melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek Pengembangan Media. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 1–10. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4234
Wahyudi, M. (2020). Peningkatan Afeksi Anak Usia Dini melalui Dongeng dengan Alat Peraga. Jurnal Abdi Mas Adzkia, 1(1), 26. https://doi.org/10.30829/adzkia.v1i1.8494
Wahyuni, N. (2020). Keterampilan Menulis Dongeng Menggunakan Metode Drill. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.31539/literatur.v1i1.1539
Weniyanti, W. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Permainan Teks Dalam Keterampilan Mendengar Dan Berbicara Bahasa Mandarin. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2), 113–121. https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.815
Widiastuti, W. (2023). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Pelajaran Bahasa Indonesia. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(10), 2142–2152. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i10.633
Wijaya, E., Melly, N., & Susanti. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan dan Kepercayaan Siswa. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(02), 136–147. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia
Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216
Zulfitria, Z., Arif, Z., Abidah, A., & Arifah, A. (2020). Dongeng Dalam Membentuk Karakter Islami Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(2). https://doi.org/10.31000/rf.v17i2.3036
Zulfitria, Z., Dewi, H. I., & Khanza, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Dongeng Dalam Membentuk Karakter Siswa. Instruksional, 2(1), 56. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.56-63