Author
Nurul Idhayani(1), Nurlina Nurlina(2), Risnajayanti Risnajayanti(3), Sitti Salma(4), Halima Halima(5), Bahera Bahera(6),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(4)
Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(5)
Pendidikan Agama Islam, STIT Al-Azhar Diniyah Muara Bungo Jambi, Indonesia(6) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 270KB]
Published : 2023-12-29
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1476 times PDF Downloaded: 402 timesAbstract
Pentingnya inovasi dalam pembelajaran anak usia dini menekankan perlunya pendekatan responsif terhadap kekayaan budaya dan nilai lokal. Pendekatan kearifan lokal muncul sebagai paradigma menjanjikan, menciptakan ruang untuk inovasi berdampak positif pada manajemen pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, menganalisis, dan menawarkan solusi inovasi pembelajaran melalui pendekatan kearifan lokal dalam konteks manajemen. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, melalui pengumpulan data-data pustaka yang berasal dari artikel, jurnal, buku elektronik, dan data dokumen relevan yang berkaitan dengan fokus kajian. Proses analisis data dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif terhadap materi yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran inovatif dengan kearifan lokal menciptakan lingkungan belajar menarik dan mendukung perkembangan anak dengan memperkaya pengalaman nilai-nilai dan tradisi lokal. Kegiatan inovatif melibatkan metode pembelajaran, manajemen kreatif, pengembangan materi, dan pemberdayaan komunitas lokal.
Keywords
References
Afrianingsih, A., Salsabillah, A. P., Hidayah, F. N., Farida, N., Junaidi, M. H., Sa’adah, I., Musdalifah, A., & Astuti, I. P. (2021). Kegiatan Pembelajaran TK Bumi Ukir Berbasis Kearifan Lokal Budaya Di Jepara. Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 8(1), 62–68. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/tumbuhkembang/article/view/13771
Anggreni, M. A., Sumantri, S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2022). Kompetensi Guru dalam Penerapan Budaya pada Lembaga PAUD di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3160–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1585
Angrainy, A., Fitria, H., & Fitiani, Y. (2020). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 154–159. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.15
Aries, A. M. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila Tema Kearifan Lokal dengan Kontekstualisasi Permainan Tradisional. Jurnal Sinektik, 5(2), 136–146. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/8177
Devina, F., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Kosasih, A., & Nugraha, R. A. (2023). Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal : Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6259–6272. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984
Erviana, Y., Imam, V., & Faisal, A. (2022). Kearifan Lokal Lereng Sindoro-Sumbing dalam Membangun Profil Pancasila Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6909–6923. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3501
Fajriati, R., & Na’imah. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal (Local Wisdom) Pada Usia Kanak-kanak Awal. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 156–160. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/956
Fitria, N., Putra, A., & Gusti, R. (2021). Layanan Belajar Inovatif Berbasis Kebudayaan Lokal Melalui Permainan Tradisional Pada Satuan PAUD Di DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 142–150. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/17348
Hadi, M. Y., Meirani, R. K., & Minatullah. (2022). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Kesenian Ojhung Dan Singo Ulung Dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1–12. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3329/1872
Hadiansyah, A., Fidesrinur, & Firmiana, M. E. (2015). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendirian Lembaga PAUD. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 3(1), 55–68. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/197/0
Harun, Jaedun, A., Sudaryanti, & Manaf, A. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa PAUD. UNY Press.
Hasnawati, S. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak. Al-Ishlah:Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 149–158. https://ejurnal.stitaziziyah.ac.id/index.php/ejam/article/view/21
Hidayanto, N. E., Hariyanto, H., & Jayawardana, H. B. . (2023). Strategi Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 246–253. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1226
Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40
Kadek, N., Rahmadani, A., Tasuah, N., Aen, R. A., Alianda, D., & Cahyaningrum, D. E. (2023). Implementasi Pengenalan Budaya Lokal di Sentra Seni pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5359–5368. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4272
Komariah, A., & Adriantoni. (2023). Manajemen Kelas: Keterampilan Guru Profesional. PT Refika Aditama.
Kurniawati, N., Adawiyah, A., & Munsi, M. F. (2021). Memadukan Inovasi dan Kearifan Lokal dalam Pengajaran Literasi pada Anak Usia Dini: Pendampingan Gerakan Literasi. Journal Of Empowerment, 2(1), 125–138.
Lestariningrum, A., Lailiyah, N., Ridwan, Forijati, Wijaya, I. P., Wulansari, W., Iswantiningtyas, V., Utomo, H. B., Yulianto, D., & Dwiyanti, L. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini (Cetakan Pertama). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 66–73. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755
Mimin, E. (2023). Pentingnya Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok dalam Kurikulum PAUD guna Menghasilkan Siswa Berkepribadian Unggul. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4500–4512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3984
Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pendekatan In House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Penelitian PAUDIA, 2(1), 1–13. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/367
Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781
Nurlina, Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing melalui Program Pembelajaran Berbasis Pendidikan Islam. 7(5), 6052–6064. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4660
Pandia, W. S. S., Hendriati, A., & Widyawati, Y. (2022). Menilik Lebih Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Peran Orang Tua, Guru dan Institusi. PT Kanisius.
Pornpimon, C., Wallapha, A., & Prayuth, C. (2014). Strategy Challenges the Local Wisdom Applications Sustainability in Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(Iceepsy 2013), 626–634. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 5(1), 1–19. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/3725
Rahmawati, Nurlina, Lilianti, Usman, Risnajayanti, Salma, & Amaliah. (2022). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802
Rokayah, R., & Rochman, C. (2019). Local Wisdom Based on the Social Science Literacy in Elementary Education. 253(Aes 2018), 149–151. https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.35
Rozaki, M. M., & Apriani, A. (2021). Penguatan Nilai Luhur Budaya Melalui Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Di SD N 1 Trirenggo. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian, 372–382. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/164/45
Rozalena, & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155
Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2021). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 5(2), 1209–1220. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/811
Sani, A. N. H., Putri, A. S., & Sukiman. (2022). Inovasi Kurikulum Anak Usia Dini: Pekan Budaya Sebagai Penanaman Nilai Kearifan Lokal Innovation of Early Children Curriculum: Culture Week As a Civilization of Local Wisdom Value. Inovasi Kurikulum Anak Usia Dini: Pekan Budaya Sebagai Penanaman Nilai Kearifan Lokal Innovation of Early Children Curriculum: Culture Week As a Civilization of Local Wisdom Value, 5(1), 38–46.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316
Soraya, D., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial Dan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 76. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20409
Sularso. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 73–79. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/4728
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Susanti, S. M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. 5(2), 1987–1996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.594
Wahis, A. (2023). Pendidikan Inklusif (Mewujudkan Keadilan, Kesetaraan dalam Lingkungan Multikultural). ILJ: Islamic Learning Journal, 1(3), 696–711. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilj/article/view/1041
Watini, S., Romdhonah, R., Suhayati, Y., Nurfaidah, N., Sutarsih, E., Sofiah, E., & HS, W. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Kolaboratif, Holistik, Integratif, Kreatif dan Inovatif Di Kecamatan Sukaresmi. ADIMAS: Adi Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 121–133. https://adi-journal.org/index.php/adimas/article/view/884
We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660
Wiyani, N. A. (2022). Manajemen Pembelajaran Paud Berbasis Kearifan Lokal Dalam Perspektif Filosofi Merdeka Belajar. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2), 123. https://doi.org/10.18592/jea.v8i2.7171
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia).
Refbacks
- There are currently no refbacks.