- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Media Kotak Huruf untuk Meningkatkan Resiliensi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5618Keywords:
resiliensi anal, media kotak huruf, anak usia diniAbstract
Masalah penelitian adalah sebagian anak belum memiliki daya juang atau resilensi, yang ditandai dengan kemampuan komunikasi dan kolaborasi, efikasi diri, self aware, empati, kemampuan memecahkan masalah yang masih perlu dikembangkan sebagai bekal menyongsong generasi emas. Selain itu beberapa  sekolah kurang memiliki kemampuan membuat media bermain bagi anak di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalkan desain kotak huruf sebagai upaya untuk mengidentifikasi resiliensi anak. Metode yang digunakan adalah mendesain media (design thinking) dengan tahapan empathize, define, ideate, prototype dan tes. Jumlah subyek sebanyak 12 guru dan 45 anak usia 4-5 tahun dari dua sekolah yang berbeda. Hasilnya menunjukkan bahwa guru-guru memerlukan pendampingan dalam merancang media bermain dan belajar anak (tahap empati); mendefinisikan kebutuhan (define), mengidentifikasi bahan yang digunakan yaitu bahan utama kardus dan karton (ide utama), prototype dilakukan dengan uji expert validity (valid) dengan perolehan nilai CVR = 1,00, dan melakukan tes terhadap media hasil desain yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan rerata skor resiliensi anak sebesar 3, 87 sebelum dan setelah menggunakan media kotak huruf.
Downloads
References
Agustina, S., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33
Anggraini F, G., Sofia, A., Meidina, P. (2018). Pengembangan Anak Usia Dini. Fkip Unila, 5(12), 2–12.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. PT.Rineka Cipta.
Asih, S., & Mawardi, I. (2021). Tingkat Kemampuan Pendidik PAUD Terhadap Penanaman Karakter Resiliensi dalam RPPM di Kecamatan Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 120–127. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.42872
Aunillah, F., Goretti Adiyanti, M., & Studi Magister Profesi Psikologi, P. (2015). Program Pengembangan Keterampilan Resiliensi untuk Meningkatkan Self-esteem pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 1(1), 48–63.
Bahtiar, B., Maimun, M., & Ibrahim, I. (2023). Analysis of Collaboration, Communication, Critical Thinking, and Creative Thinking Ability of Students in Solving Science Problems in Terms of Gender. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2), 379–400. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i2.29065
Bastian, B., Kuppens, P., De Roover, K. D., & Diener, E. (2014). Is valuing positive emotion associated with life satisfaction? Emotion, 14(4), 639–645. https://doi.org/10.1037/a0036466
Bastian, V. M. (2017). Konseling kelompok untuk meningkatkan resiliensi remaja perantauan tingkat smp.
Carden, J., Jones, R. J., & Passmore, J. (2022). Defining Self-Awareness in the Context of Adult Development: A Systematic Literature Review. Journal of Management Education, 46(1), 140–177. https://doi.org/10.1177/1052562921990065
Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97
Cohn, M. A., Fredrickson, B. L., Brown, S. L., Mikels, J. A., & Conway, A. M. (2009). Happiness Unpacked: Positive Emotions Increase Life Satisfaction by Building Resilience. Emotion, 9(3), 361–368. https://doi.org/10.1037/a0015952
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327
Dewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796
Dewi, S. L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan pada Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 313–319. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.346
Durrotunnisa, D. (2023). Students’ Life Satisfaction, Personality, Gratitude and Resilience of Students. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4966–4974. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4964
Durrotunnisa, D., Munifah, M., Silalahi, M. F., & Nurwahidin, M. (2022). Life satisfaction , kesyukuran , dan resiliensi siswa pasca pandemi. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(2), 364–371. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/181000
Durrotunnisa, Puswiartika, D., Gatot, I., & Nurhayati. (2020). The Effect of Resilience on E-Learning Psychological Readiness of College Students of Guidance and Counselling Program. Proceedings - 2020 6th International Conference on Education and Technology, ICET 2020, 214–217. https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276571
Editors, S., Meinel, C., & Leifer, L. (2012). Design Thinking Research Studying Co-Creation in Practice (Christoph Meinel & Larry Leifer (Ed.)). Springer. https://doi.org/10.1016/b978-0-7506-6998-6.50002-0
Franks, D., Barblett, L., & Kirk, G. (2023). Teachers’ Understanding of the Major Sources of Self-efficacy in Early Childhood. Early Childhood Education Journal, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01566-9
Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research An Introduction (Seventh Ed). Pearson education, Inc.
Guo, Y. (2018). Relationship between Social Support and Life Satisfaction of College Students: Resilience As a Mediator and Moderator. Ethics in Progress, 8(2), 28–43. https://doi.org/10.14746/eip.2017.2.3
Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.
Hendar, K. (2019). Keefektifan Konseling Kelompok Solution-Focused Brief Therapy Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik dan Self-Efficacy Siswa SMA Negeri 1 Ungaran. Universitas Negeri Semarang.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Hornor, G. (2017). Resilience. Journal of Pediatric Health Care, 31(3), 384–390. https://doi.org/10.1016/j.pedhc.2016.09.005
Iis, N. (2012). Pengembangan Empati Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Taman Kanak-Kanak Asyiyah Pariaman. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, 1(4), 1–11. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1667
Jaya, T. P., & Suharso. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 7(3), 30–35.
Karmeliya Firdaus, M., & Ayu Puteri Hadayani, D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 53. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35719
Krause, Pacey H., Dailey, T. M. (2009). Handbook of Parenting: Styles, Stresses, and Strategies. In New York.
Kurniastuti, I., & Azwar, S. (2014). Constructtion of Student Well-being Scale for 4-6th Graders. Jurnal Psikologi, 41(1), 1. https://doi.org/10.22146/jpsi.6954
Lubis, M., & Surtika Dewi, R. (2021). Resilience in Early Childhood. NAaturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1069–1077. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1589
Malhi, S. (2012). Resilience in children : A review of literature. The Undergraduate Journal of Psychology, 1(September), 24–28.
Manullang, J. (2019). MONTESSORI JURNAL PENDIDIKAN KRISTEN ANAK USIA DINI Membangun Resiliensi Anak Sekolah Minggu Melalui Permainan. 25–36.
Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
Masten, A. S., & Barnes, A. J. (2018). Resilience in children: Developmental perspectives. Children, 5(7), 1–16. https://doi.org/10.3390/children5070098
Müller-Roterberg, C. (2019). Christian Mueller-Roterberg Handbook of. Handbook of Design Thinking Tips & Tools for How to Design Thinking, November 2018. https://www.researchgate.net/publication/329310644_Handbook_of_Design_Thinking
Ningrum, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Mendampingi Anak dan Siswa Mengembangkan Resiliensi (Ketahanan) Pada Saat Belajar Dari Rumah. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 477–483. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.9254
Nurhayati, N. W., Parmajaya, I. P. G., & Purandina, I. P. Y. (2021). Penggunaan finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Negeri kecamatan pupuan. Jurnal PGPAUD, 1(1), 1–10. http://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/nawasena/article/view/1971/1527
Obradović, J. (2012). How can the study of physiological reactivity contribute to our understanding of adversity and resilience processes in development? Development and Psychopathology, 24(2), 371–387. https://doi.org/10.1017/S0954579412000053
Peyton, L. (2017). Consistency, communication and collaboration in early years services. Child Care in Practice, 23(2), 123–125. https://doi.org/10.1080/13575279.2017.1308103
Pratiwi, L. R. (2018). Terapi Realitas Sebagai Sarana Meningkatkan Resiliensi Pada Penyandang Tuna Daksa. Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(1), 10–17.
Pressman, A. (2019). Design Thinking: A Guide to Creative Problem Solving for Everyone. In Ebook (Vol. 86, Issue 6).
Purnama, A. A. (2019). Self-Instruction Training untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Sekolah Menengah Atas. 2(01), 127–142.
Purwanti, I., Suyanto, U. Y., Lailiayah, E. H., Isamiyah, N., Nishrina, N., & Presetyo, Y. (2022). Pemanfaatan Kardus Bekas Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas. Abadi: Jurnal Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(2), 35–38.
Putri, A. A. H. (2019). Treatment Resiliensi Berbasis Formulasi Gambar Untuk Meningkatkan Resiliensi Pada Remaja Dengan Orang Tua Bercerai.
Reyhing, Y., & Perren, S. (2021). Self-Efficacy in Early Childhood Education and Care: What Predicts Patterns of Stability and Change in Educator Self-Efficacy? Frontiers in Education, 6(April), 1–10. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.634275
Rezieka, D. G., Munastiwi, E., Na’imah, N., Munar, A., Aulia, A., & Bastian, A. B. F. M. (2022). Memfungsikan Jari Jemari melalui Kegiatan Mozaik sebagai Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4321–4334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2501
Sesso, Brancati, E. a. (2021). Measures of empathy in children and adolescents: A systematic review of questionnaires. World Journal of Psychiatry, 3206(10). https://www.researchgate.net/publication/355409257_Measures_of_empathy_in_children_and_adolescents_A_systematic_review_of_questionnaires#fullTextFileContent
Shiner, R. L., & Masten, A. S. (2012). Childhood personality as a harbinger of competence and resilience in adulthood. Development and Psychopathology, 24(2), 507–528. https://doi.org/10.1017/S0954579412000120
Suardi, E. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Bentuk Huruf (a, o, g, p, b, d) Melalui Media Angka 8 Tidur Pada Anak Berkesulitan Belajar di SD Negeri 15 Ulu Gadut. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 5(2), 38–53.
Sulistiono, A. (2020). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut. Psikologia, 5(January), 37–49. https://psikologia.umsida.ac.id/index.php/psikologia/index%0A
Suranata, K. S., Atmoko, A., & Hidayah, N. (2017). Validation of Psychological Resilience Youth Developement Module and Implication for Guidance and Counseling. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 57. https://doi.org/10.24127/gdn.v7i1.648
Sutri, W., & Zulminiati, Z. (2020). Teknik Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di Sentra Persiapan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2904–2912. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/790/708
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2017). 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Wahyudi, A., Setyowati, A., Partini, S., & S.U. (2020). Biblioterapi: Pengembangan Resiliensi Individu di Era Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan, 0(0), 1–7. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/73
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Wibowo, M. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Widyawati, Y., Otten, R., Kleemans, T., & Scholte, R. H. J. (2022). Parental Resilience and the Quality of Life of Children with Developmental Disabilities in Indonesia. International Journal of Disability, Development and Education, 69(6), 1946–1962. https://doi.org/10.1080/1034912X.2020.1834078
Wilson, J. T. (2016). Brightening the Mind: The Impact of Practicing Gratitude on Focus and Resilience in Learning. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 16(4), 1–13. https://doi.org/10.14434/josotl.v16i4.19998
Wulandari, Y. P., Anggraini, L. B., Care, P., & Ipb, L. (2020). Strategi Resiliensi Paud Alam Al Firdaus Di Masa Covid 19. Jurnal Resolusi Konflik, CSR Dan Pemberdayaan (CARE), 5(1), 52–62.
Yliverronen, V., Marjanen, P., & Seitamaa-Hakkarainen, P. (2018). Peer Collaboration of Six-Year Olds When Undertaking a Design Task. Design and Technology Education, 23(2), 1–23.
Youngblom, R., Houlihan, D., & Nolan, J. (2014). An Assessment of Resiliency and Life Satisfaction in High School-Aged Students in Belize. International Journal of Psychological Studies, 6(4). https://doi.org/10.5539/ijps.v6n4p115
Yulianto, D., & Awalia, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B Ra Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Pinus, 2(2), 118–123. https://media.neliti.com/media/publications/157909-ID-meningkatkan-kemampuan-motorik-halus-mel.pdf
Yunia, H., Wembrayarli, & Sumarsih. (2017). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membentuk Dengan Menggunakan Media Spons Di Paud Assalam Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 107–116.