Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Author


Rani Santika(1Mail), Febrina Dafit(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 703KB]

Published : 2023-11-28

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 979 times PDF Downloaded: 1171 times

Abstract


Kurikulum Merdeka pada saat ini melakukan program profil pelajar Pancasila sebagai wujud Pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi profil pelajar Pancasila di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode inquiry naturalistic pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas 1, dan kepala sekolah. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah. Dari keenam ini persentasi dimensi kelima bernalar kritis paling rendah yaitu 61,60% dan paling tinggi adalah dimensi gotong royong dengan persentase 84,60%. Implementasi Profil Pelajar Pancasila kurang optimal antara lain terbatasnya waktu yang diinformasikan oleh pendidik, terbatasnya waktu, substansi pelajaran yang sedikit, terbatasnya Ilmu Teknologi.


Keywords


profil pelajar Pancasila; sekolah, dasar; pendidikan karakter

References


Aditya, L. K., Kartika, N. P., & Yuli Irfanto, W. (2022). Problematika Peran Guru Dalam Membentuk Profil Belajar Pancasila Pada Era Digital Kelas Iv Mi Miftahul Ulum Sidowungu Gresik. EL-MIAZ: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 58. https://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/el-miaz/article/view/19

Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179

Alanur, S. N., Nawing, K., Septiwiharti, D., Syuaib, D., & Jamaludin, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 107. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i2.15281

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Eriani, E. D., Susanti, M.Si., D. R., & Dr. Meilinda, M.Pd. (2023). Hubungan Penerapan Bhinneka Tunggal Ika dan Nilai - Nilai Pancasila dengan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 25–37. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.131

Fakhruddin, P. R. A. (2017). Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Jalanan Di Kota Semarang Melalui Program Pendidikan Nonformal. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2945

Faqihuddin, A. (2021). Building Character in Islamic Education Perspective Membangun Karakter dalam Perspektif Islam. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 12(2), 372–382. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1504

Faturrahman, F., Setiawan, F., Astuti, W. D., & Khasanah, K. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Tsaqofah, 2(4), 466–474. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469

Febriyanti, R. A., Putri, M. H. S., Husnia, F., Rusminati, S. H., & Rosidah, C. T. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), 190–197. http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1271

Karmelita, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Pelajar Pancasila SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 186–196. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.674

Khoirillah, F., Cahyono, T., Dewi Maslakah, Saraswati, R., & Lestariningrum, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Projek Profil Pelajar Pancasila di SDN Banjaran 3 Kota Kediri. SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 1026–1034. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2405

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116

Mukminin, E., Dwijayanti, I., Nyoman, N. A., & Espiyati, E. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Karakter Iman dan Taqwa Melalui Pembiasaan di SD Negeri Gayamsari 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4647–4653. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2327

Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246

Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361–372. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105

Najibuddiin, A., Sutrisno, S., & Sunarto, S. (2022). Strategi Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Literasi Sekolah Di Ma Al Islamiyah Uteran Geger Madiun. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 53–66. https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp53-66

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Ramadhan, F., Puspitasari, D., & Yanto, T. (2023). Perencanaan Stratejik Pendidikan Melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 38 Bandung. Al Afkar: Journal for Islamic Studies, 6(2), 353–365. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.559.Educational

Rodhiyana, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.58569/jies.v1i2.575

Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 56. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/view/1113

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Suriyati, C. ., & Lubis, M. D. A. . (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7710-7716. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996.https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996.

Wati, R., & Alhudawi, U. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Ppkn. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 12(1), 14–23. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jg/article/view/796


Refbacks

  • There are currently no refbacks.