Author
Jasiah Jasiah(1), Mayasari Mayasari(2), Paulus Haniko(3), Eny Munisah(4), Ela Pebriani(5), Berta Apriza(6), I Putu Agus Dharma Hita(7),
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia(1)
Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Raharja, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Agama Kristen Lentera Bangsa Manado, Indonesia(3)
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia(6)
Pendidikan Jasmani, Universitas Triatma Mulya, Indonesia(7)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-12-25
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 426 times PDF Downloaded: 322 timesAbstract
Motivasi merupakan salah satu faktor utama dalam menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media pembelajaran kartu bergambar dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Dalam metode studi literatur, kami menyelidiki literatur yang relevan dengan topik ini dan mengidentifikasi temuan-temuan kunci. Hasilnya mengungkapkan bahwa media pembelajaran kartu bergambar memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Desain yang menarik, unsur interaktif, dan keterlibatan anak merupakan faktor penting. Faktor individu dan variasi dalam penggunaan media juga berdampak signifikan. Kerjasama antara orang tua dan pendidik menjadi penting, serta perlu ada evaluasi dan pengembangan berkelanjutan. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang cara meningkatkan motivasi belajar anak usia dini melalui media pembelajaran kartu bergambar.
Keywords
References
Abdullah, D., Dewi, K. A. K., Sembiring, D., Nursyamsi, S. Y., & Hita, I. P. A. D. (2023). Analysis Of Online Learning Media On Pjok Learning Outcomes. Journal on Research and Review of Educational Innovation, 1(2), 64–69. https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/JRREI/article/view/799
Anggraeni, D., & Na’imah. (2022). Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553–2563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2103
Arikunto, S. (2003). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Dewi, N. K. A. T., Astra, I. K. B., Or, M., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Sikap Pasang Pencak Silat Dengan Kartu Bergambar Untuk Siswa Kelas Xi Ips Sma Laboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11359
Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515
Hita, I. P. A. D., Lestari, N. A. P., Dewi, M. S. A., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Media Kartu Bergambar: Apakah Berpengaruh Terhadap Peningkatan Keterampilan Anak Sekolah Dasar Dalam Bermain Bola Basket? Jurnal Marathon, 2(1), 16–23. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/marathon/article/view/66267
Indryani, D. D. I. R. (2019). Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Quality Assurance Pada Paud Di Mataram. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 110–121. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1168https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1168
Iswatiningrum, & Sutapa, P. (2022). Pengaruh Senam Si Buyung dan Senam Irama Ceria Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3369–3380. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2373
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Migang, Y. W., & Manuntung, A. (2021). Pencegahan Stunting Pada Balita dengan Membuat Raport Gizi Sebagai Screening pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (JPKM), 2(1), 29–37. https://doi.org/10.37905/jpkm.v1i2.10436
Mudianti, N. P. N. N., Astra, I. K. B., Or, M., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/14819
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2911
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika ISSN 26158132 (Cetak) ISSN 26157667 (Online), 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211
Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253
Prathami, I. A. M. I., Astra, I. K. B., Or, M., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Kuda-Kuda Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/14791
Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis web pada mata kuliah Belajar Pembelajaran I terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 25–36.
Purwanto, D., & Baan, A. B. (2022). Pengaruh Aktivitas Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5669–5678. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3158
Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh permainan tradisional karetan terhadap pembelajaran motorik kasar atletik lompat jauh. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i1.3478
Rasiban, L. M. (2013). Penerapan Student Centered Learning (Scl) Melalui Metode Mnemonik Dengan Teknik Asosiasi Pada Mata Kuliah Kanji Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 180. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.290
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3830
Sari, P. (2019). Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57. https://www.ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/7
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, S. (2015). Pengaruh Latihan Sirkuit terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani dan Ketepatan Membidik Panahan pada Anak Usia Dini. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 185–199. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.2.185-199
Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044
Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 322–328. http://dx.doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468
Trisnaningsih, S. I., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Lari Zig-Zag Berbantuan Kursi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Sila Dharma Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 100–109. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18764
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Wati, R. E. (2019). Kedisiplinan Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0.
Winarno. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani (Issue Januari). UM Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.