Pengembangan E-Story Book untuk mengenalkan Toleransi pada Anak Usia Dini

Author


Elfrida Eriyani Afif(1Mail), Farid Ahmadi(2), Deni Setiawan(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 397KB]

Published : 2023-12-24

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 80 times PDF Downloaded: 44 times

Abstract


Pendekatan yang inovatif dan menarik pada era digital diperlukan untuk membantu anak-anak memahami pentingnya toleransi, penghormatan terhadap perbedaan, dan kemampuan berinteraksi positif dalam masyarakat yang beragam. Penelitian ini menggabungkan teknologi digital dan pendidikan untuk menciptakan media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan konten toleransi dengan cara yang menarik bagi anak-anak. Model pengembangannya memanfaatkan pendekatan ADDIE. Kepala sekolah dan guru menjadi subjek penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kebutuhan guru dan uji validasi ahli. Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pengembangan E-Story Book untuk mengenalkan toleransi pada anak usia dini dianggap sangat layak oleh ahli materi dan ahli media sehingga berpotensi untuk diimplementasikan pada anak usia dini.


Keywords


e-story book; teknologi digital; toleransi

References


lang=EN-US style='mso-bidi-font-family:"Times New Roman";color:black'>

style='mso-element:field-begin'>

style='mso-spacerun:yes'> ADDIN EN.REFLIST

field-separator'>Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Aryani, N., & Wilyanita, N. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran untuk Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Sejak Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4653-4660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2339

Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan media e-story book berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran dongeng sastra anak kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939-1954. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7827

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach.[Vol. 722). Springer.

Burhan, N. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Gadjah mada univerity press

Handasah, R. R., & Djarwo, C. F. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif digital flipbook bagi tenaga pendidik PAUD. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 78-82. https://almufi.com/index.php/AJPKM/article/view/113

Hardani, A. P., & Windiarti, R. (2016). The influence of ethnocentrism towards the character tolerance of the children 4-6 years old in TK Kuncup Melati Semarang. BELIA: Early Childhood Education Papers, 5(2), 66-69. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/16193

Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis kemampuan literasi digital guru PAUD pada masa pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759-3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657

Hasjiandito, A., Waluyo, E., Handayani, S. S. D., & Sulistio, B. (2023). Pengambangan aplikasi berbasis android sebagai upaya peningkatan kompetensi TPACK guru PAUD. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(2), 116-122. https://doi.org/10.32699/ppkm.v10i2.3738

Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., & Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran anak usia dini di era digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97-103. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063

Jeong, H. (2012). A comparison of the influence of electronic books and paper books on reading comprehension, eye fatigue, and perception. The Electronic Library, 30(3), 390-408. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/02640471211241663/full/html

Jianing, X. (2007). Storytelling in the EFL speaking classroom. The Internet TESL Journal, 13(11), 1-8. http://iteslj.org/Techniques/Jianing-Storytelling.html

Jones, T., & Brown, C. (2011). Reading engagement: A comparison between e-books and traditional print books in an elementary classroom. International journal of instruction, 4(2). https://eric.ed.gov/?id=ED522678

Julika, S., & Setiyawati, D. (2019). Kecerdasan emosional, stres akademik, dan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(1), 50-59. https://doi.org/10.22146/gamajop.47966

Khallil, Y. P. (2020). TA: Perancangan pop up book home safety sebagai media pengenalan keselamatan kerja di rumah In: Universitas Dinamika.

Korat, O. (2010). Reading electronic books as a support for vocabulary, story comprehension and word reading in kindergarten and first grade. Computers & Education, 55(1), 24-31. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.11.014

Korat, O., Tourgeman, M., & Segal-Drori, O. (2022). E-book reading in kindergarten and story comprehension support. Reading and Writing, 35(1), 155-175. https://link.springer.com/article/10.1007/s11145-021-10175-0

Krissandi, A. D. S., Febriyanto, B., Cahya, K. A., & Radityo, D. (2018). Sastra anak: Media pembelajaran bahasa anak. Bakul Buku Indonesia.

Lyla, R. W., Subandowo, M., & Sugito, S. (2022). Pengambangan media pembelajaran e-book untuk meningkatkan pengetahuan sains pada anak usia 4-5 tahun. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 385-391. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714

Maharani, D., & Hotami, M. (2017). Rendering video advertising dengan adobe after effects dan photoshop. Jurnal Manajemen Informatika Dan Teknik Komputer, 2(2), 105-111.

Metalin, A. M. I. P. A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan media pembelajaran Powerpoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49-54. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/42

Moody, A. K. (2010). Using electronic books in the classroom to enhance emergent literacy skills in young children. Journal of literacy and technology, 11(4), 22-52. https://people.cs.vt.edu/~shaffer/CS6604/Papers/Elearningin_Classrooms_Moody.pdf

Ngura, E. T. (2021). Media buku cerita bergambar. Jejak Pustaka.

Nurlaela, L. (2019). Pengembangan media pembelajaran busy book dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di play group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. UIN Raden Intan Lampung.

Pasaka, J. T., Julianto, I. N. L., & Artha, I. G. A. I. B. (2022). Perancangan storybook digital sebagai media pembelajaran anak berbentuk game edukasi. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(02), 214-226. https://doi.org/10.59997/amarasi.v3i02.1682

Persada, S. (2018). Setara institut: Intoleransi terhadap keyakinan meningkat. Tempo.co https://nasional.tempo.co/read/1118802/setara-institut-intoleransi-terhadap-keyakinan-meningkat

Phadung, M., Suksakulchai, S., & Kaewprapan, W. (2016). Interactive whole language e-story for early literacy development in ethnic minority children. Education and Information Technologies, 21, 249-263. https://link.springer.com/article/10.1007/s10639-014-9318-8

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan karakter anak usia dini: Keluarga, sekolah, dan komunitas?(Studi kualitatif tentang pembentukan karakter anak usia dini melalui keluarga, sekolah, dan komunitas). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Pratiwi, H. (2021). Permasalahan belajar dari rumah bagi guru lembaga pendidikan anak usia dini di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 130-144. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.1928

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media pembelajaran big book berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan karakter toleransi pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90-99. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Putra, M. L. (2017). Catatan Komnas HAM, kasus intoleransi meningkat setiap tahun. Kompas.com https://nasional.kompas.com/read/2017/01/05/18280081/catatan.komnas.ham.kasus.intoleransi.meningkat.setiap.tahun

Putri, Y., Diana, D., & Jati, S. N. (2020). Pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap pengetahuan pencegahan pelecehan seksual pada anak Kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Pontianak. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.29406/jepaud.v8i1.2183

Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis digital untuk meningkatkan kecakapan literasi digital anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115-133. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248-256. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3077

Setiawan, D., Fathurrahman, M., Sukarjo, S., & Hasanah, N. N. (2020). Media audio visual mapel PPKn materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai masyarakat untuk siswa kelas v. Lembaran Ilmu Kependidikan, 49(2), 55-61. https://doi.org/10.15294/lik.v49i2.27243

Shamir, A., Korat, O., & Barbi, N. (2008). The effects of CD-ROM storybook reading on low SES kindergarteners’ emergent literacy as a function of learning context. Computers & Education, 51(1), 354-367. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2007.05.010

Smeets, D. J., & Bus, A. G. (2012). Interactive electronic storybooks for kindergartners to promote vocabulary growth. Journal of experimental child psychology, 112(1), 36-55. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2011.12.003

Smeets, D. J. H., & Bus, A. a. G. (2012). Interactive electronic storybooks for kindergartners to promote vocabulary growth. Journal of experimental child psychology, 112(1), 36-55. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2011.12.003

Subiyantoro. (2020). Contoh baik toleransi. Itjen Kemendikbud https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/contoh-baik-toleransi

Syed Yasin, S. N., Mohd Abd Majid, H. A., Mohd Bahrin, U. F., Hamzah, S. S., & Eri, Z. D. (2020). Bilingual e-story book for hearing-impaired students (BeSH) toward sustainability learning. Charting the Sustainable Future of ASEAN in Science and Technology: Proceedings from the 3rd International Conference on the Future of ASEAN (ICoFA) 2019-Volume 2,

Wafa, M. H. (2022). Peningkatan toleransi beragama di Taman Kanak Kanak Assyafi'iyah Lamongan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(1), 91-95. https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i1.24277

font-family:"Book Antiqua",serif;mso-fareast-font-family:Calibri;mso-bidi-font-family:

"Times New Roman";color:black;mso-ansi-language:IN;mso-fareast-language:EN-US;

mso-bidi-language:AR-SA'>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.