- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Video Permainan Kavaleri Snare Drum untuk Kecerdasan Musik Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5569Keywords:
video kavaleri, snare drum, anak usia diniAbstract
Salah satu kecerdasan yang perlu distimulasi adalah kecerdasan musik. Masalah yang terjadi dilapangan adalah kecerdasan musik anak sangat rendah. Salah satu tindakan untuk meningkatkan kecerdasan musik adalah dengan mengembangkan media cara bermain alat musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video permainan kavaleri snare drum untuk meningkatkan kecerdasan musik anak. Metodologi penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development ADDIE dari Branch dengan 5 tahapan penelitian. Subjek penelitian berjumlah 55 anak berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan angket respon guru. Â Berdasarkan hasil uji validasi materi, media dan instrument, video permainan kavaleri snare drum dikategorikan sangat valid. Berdasarkan perhitungan hasil uji N-Gain dan uji paired sample t-test video permainan kavaleri snare drum efektif dan berhasil untuk meningkatkan kecerdasan musik anak usia dini dalam kategori tinggi dan secara signifikan. Hasil video bisa digunakan sebagai media untuk mengajarkan cara memainkan alat drum band dalam rangka meningkatkanDownloads
References
Amelia, L., & Fitriani, F. (2020). Analisis Kemampuan Musikal Pada Anak Kelompok B Di Tk Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/44
Ardiansyah, A., & Alamsyah, M. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Multiple Intellegence Anak Usia Dini. Musawa: Journal For Gender Studies, 13(1), 106–133. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/msw/article/view/746
Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences In The Classroom 3rd Edition. Alexandria, Virginia Usa: Ascd.
Bilkis, L. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intellegences Pada Mata Pelajaran Pai Smkn 1 Makassar. Uin Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/10651
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The Addie Approach. Department Of Educational Psychology And Instructional Technology University Of Georgia.
Desvita Putri, R., & Yeni, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Perkusi Sederhana Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang. Universitas Negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/28589
Habibi, M. R. (2015). Pembelajaran Perkusi Pada Eksrakurikuler Marching Band Di Man 1 Medan. Grenek: Jurnal Seni Musik, 6(2), 81–95. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/grenek/article/view/10965
Herawati, H. (2016). Permainan Drum Band Dari Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Pada Usia Tk. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 1(1), 83–90. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/104
Herlina, I., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Peningkatan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Perkusi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(11). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6969
Jamalus, D. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kertiasih, N. K., & Budhayasa, I. P. (2017). Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika. Jst (Jurnal Sains Dan Teknologi), 6(2), 238–247. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST/article/view/10705
Khaira, M., & Yeni, I. (2021). Pengaruh Bermain Perkusi Bambu Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Di Raudhatul Athfal. Jurnal Family Education, 1(4), 47–54. https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/31
Lestari, D. (2019). Proses Pelatihan Marching Band Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Musik Di Mtsn 410 Tanete Kabupaten Bulukumba. Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/16325
Liu, C., And Elms, P. (2019). Animating Student Engagement: The Impacts Of Cartoon Instructional Videos On Learning Experience. Research In Learning Technology, 27, 1–31. https://doi.org/10.25304/rlt.v27.2124
Musbikin, I. (2009). Kehebatan Musik Klasik Untuk Mengasah Kecerdasan Anak. Power Books (Ihdina).
Patzig, H. C. (1983). A Description Of The Ten Southeastern Conference Marching Band Programs. Louisiana State University And Agricultural & Mechanical College.
Putri, R. D., & Yeni, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Perkusi Sederhana Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 31–42. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7725
Rahman, H. (2021). Musik Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Educhild (Journal Of Early Childhood Education), 1(1), 130–142. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1307/801https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1307/801
Rakimahwati, R., & Roza, D. (2020). Developing Of Interactive Game Based On Role Play Game To Improve The Reading Abilities. Journal Of Nonformal Education, 6(2), 193–201. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/25574
Rose Riana, E. (2019). Pengaruh Bermain Alat Musik Dol Terhadap Kecerdasan Musikal Anak 4-5 Tahun Di Paud Haqiqi Kota Bengkulu. Iain Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2778
Santosa, D. A. (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ikip Veteran, 26(1), 78. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/877
Santoso, A, S, & Chotibuddin, M. (2020). Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Cv Penerbit Qiara Media.
Sari, A. P., Hariyanti, D. P. D., & Purwadi, P. (2021). Analisis Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Dengan Bermain Alat Musik Angklung Di Kelompok B. Wawasan Pendidikan, 1(2), 225–233. https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/8839
Setyawati, T., Permanasari, A. T., & Yuniarti, T. C. E. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Serang-Banten). Jpks (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 2(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/2503https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/2503
Sheppard, P. (2007). Music Makes Your Child Smarter: Peran Musik Dalam Perkembangan Anak. Gramedia Pustaka Utama.
Smith, S. W. (2015). Conceptualizing Cognitive Skills Developed During Video Game Play: A Case Study In Teaching Composition. E-Learning And Digital Media, 5(2), 180–188. https://journals.sagepub.com/doi/10.2304/elea.2008.5.2.180
Solin, B. S., Masganti, S., & Arlina, A. (2019). Pengaruh Bermain Drum Band Dari Bahan Bekas Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Ummi Erni. Jurnal Raudhah, 7(1), 130–140. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/473
Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1413
Suwono, S. S. (2011). Pengembangan Permainan Instrumentalia Musik Perkusi Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. UIN Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/6861
Widjaja, J. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kepekaan Telinga Dalam Bermain Piano Klasik. Jurnal Dkv Adiwarna, 1(12), 9. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7272/0
Yani, H. P., Wiwinda, W., & Nirwana, E. S. (2023). Pengaruh Kegiatan Drum Band Untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal Pada Anak Usia Dini. Journal Of Elementary School (Joes), 6(1), 43–49. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/article/view/6041
Yeni, I. (2010). Pengantar Seni Musik Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.Sukabina Presss.
Yeni, I. (2015). Keefektifan Penggunaan Permainan Perkusi Sederhana Untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Jpp), 22(1), 76–81. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7725
Yosep, W. (2004). Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini (The Learning Of Creative Music In Early-Childhood Children). Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 5(1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/44