Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 6-7 Tahun

Author


Yasir Mubarok(1Mail), Dadang Sudana(2), Zamzam Nurhuda(3),
Linguistik, Universitas Pendidikan Indonesia; Sastra Indonesia, Universitas Pamulang, Indonesia(1)
Linguistik, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Sastra Indonesia, Universitas Pamulang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 468KB]

Published : 2023-12-16

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 488 times PDF Downloaded: 1322 times

Abstract


Evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran membaca oleh pendidik memerlukan pengkajian ulang. Proses pembelajaran yang ditandai dengan dominannya teknik ceramah dan ketergantungan pada papan tulis sebagai perangkat pengajaran utama menyebabkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak penggunaan media gambar terhadap keterampilan membaca siswa usia 6 dan 7 tahun. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 33 anak usia 6-7 tahun yang terdaftar di SD Mater Dei Pamulang, Tangerang, Banten. Strategi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media visual berpotensi meningkatkan kemampuan membaca siswa di SD Mater Dei Pamulang. Pemanfaatan media visual memungkinkan anak memperoleh pengalaman yang menyenangkan dan baru.

Keywords


media gambar; kemampuan membaca; siswa.

References


Adam, G., Sum, T. A., & Hadia, K. (2023). Media Pembelajaran dalam Mengembangkan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 48–60. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/1946

Agustini, R. (2020). Peningkatan Prestasi Matematika Siswa Menggunakan Katanguntar dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SDIT IQRA’1. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 46–56. http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i1.2805

Alimah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Anggota Keluarga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas I SDI Alfattah Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 25–33. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7299

Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49–57. http://dx.doi.org/10.30659/j.7.1.49-57

Aryadillah, & Fitriansyah, F. (2017). Teknologi Media Pembelajaran. Tim Herya Media.

Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231–246. https://10.21154/cendekia.v14i2.610

Dhieni, N., & Fridani, L. (2017). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. https://core.ac.uk/download/pdf/198234596.pdf

Fatimah, S., Herawati, N., & Purwanti, E. (2019). Pengenalan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Menggunakan Media Gambar Pada Usia 5-6 Tahun di Raudlatul Athfal Darul Isitiqomah 2 Karang Anyar. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–68. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/109

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 181–188. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571

Fitriansyah, F. (2019). Analisis Isi Buku Teks Teknologi Media Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(2), 207–212. https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.6250

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346

Hidayati, R. N. (2021). Implementasi Model Assure dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Nurul Hidayah. PARAMUROBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 131–148. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1829

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. JIPMat, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Juanda, J., & Azis, A. (2023). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 4 Tahun 3 Bulan di Makassar Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1465. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4113

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kadir, D. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 melalui media gambar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2), 93–102. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.2.93-102.2019

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Khosibah, S. A., & Dimyati. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. http://10.31004/obsesi.v5i2.1015

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676–685. http://10.31004/obsesi.v5i1.683

Kurnia, R. (2017). Pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Laboratorium FKIP Universitas Riau. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 91–99. http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4486

Mardison, S. (2017). Perkembangan bahasa anak usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI). Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2), 635–643. https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.432

Maronta, Y., Sutarto, J., & Isdaryanti, B. (2023). Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1142–1161. http://10.31004/obsesi.v7i1.4152http://10.31004/obsesi.v7i1.4152

Meha, N., & Hengelina, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Bimba Aiueo Unit Alinda Bekasi Utara. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.24853/yby.1.1.21-26

Mindaudah, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal dengan Bantuan Media Gambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Usia Sekolah Dasar di MI Muhammadiyah I Jombang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1670–1677. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.143

Nurbaya, S. (2022). Upaya Peningkatan Minat Baca Permulaan Siswa Kelas I SDN Mojorejo 02 Batu dengan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 216–236. http://dx.doi.org/10.56983/jgps.v1i4.814

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Sari, L. P. E., Ardana, I. K., & Putra, D. B. K. T. N. G. R. S. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A1. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/paud.v4i1.7361

Sukrin, S. (2021). Tahapan Kemampuan Pengembangan Kognitif Berbahasa Anak Usia Dini (4-5 Tahun). EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.637

Suratiyah, S. (2019). Kemampuan Membaca Kata melalui Metode Praktik Langsung dengan Kartu Huruf. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(1), 35–41. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3026

Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/goldenage.2019.43-02

Udju, A. A. H., Hawali, R. F., Amseke, F. V., Radja, P. L., & Lobo, R. (2022). Penggunaan Media Gambar dan Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6723–6731. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2532

Utama, A., & Rosalina, D. (2023). Pengaruh pengguna media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar.

Widat, F., Amir, A., Hambali, H., Istiqamah, N., & Litfiyati, L. (2022). Pengenalan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini melalui Media Permainan Kartu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2573–2582. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2028

Yusmiono, B. A. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Di Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2016/2017. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2148

Wahyuni, S., Ananda, R., & Marta, R. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 192-203. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.455


Refbacks

  • There are currently no refbacks.