Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19

Author


Laode Anhusadar(1Mail), Islamiyah Islamiyah(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia(1)
Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Mandala Waluya Kendari, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 619KB]

Published : 2020-07-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 29961 times PDF Downloaded: 12346 times

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman orang tua terhadap pentingnya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, untuk mengetahui bentuk-bentuk penerapan perilaku hidup bersih dan hidup sehat dan untuk mengetahui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak yang sedang menempuh jenjang Pendidikan Anak Usia Dini di Kendari yaitu KB Sultan Qaimuddin Kendari dan KB Nurul Maghfirah Kendari. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Temuan dalam penelitian ini adalahsebanyak 100% responden orang tua melihat sangat penting penerapan perilaku hidup bersih dan sehat selama pandemic covid 19 ini. Sebanyak 98% atau 50 responden sudah mengetahui program perilaku hidup bersih dan sehat sedangkan 2% atau 1 responden belum mengetahui program perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di lingkungan keluarga di tengah pandemi ini sangat baik.


Keywords


pola asuh; perilaku hidup; bersih dan sehat; anak usia dini

References


Andalusia Neneng Permatasari, Dinar Nur Inten, Wiliani, K. N. W. (2021). Keintiman Komunikasi Keluarga saat Social Distancing Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 346359. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577

Apriliana Kuntoro Astuti. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 264. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p264-272

Berliana, N. (2016). Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Endurance, 1(2), 7580. https://doi.org/10.22216/jen.v1i2.984

Erik Sulistiana, R. S. I. (2013). Studi Tentang Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia 3 4 Tahun. Embrio, Jurnal Kebidanan, 2(1), 3639. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Fitroh, S. F., & Oktavianingsih, E. (2020). Peran Parenting dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu terhadap Stunting di Bangkalan Madura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 610619. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.415

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.446

Hana Ika Safitri; Harun. (2021). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542

Heny Wulandari. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan , Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini. Shautut Tarbiyah, 30(1), 6985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/str.v20i1.35

Joni. (2015). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah. Jurnal Paud Tambusai, 1(6), 4248. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.54

Kemenkes. (2020). Panduan pelayanan kesehatan balita pada masa tanggap darurat COVID-19. Kemenkes.

Kemenkes RI. (2013). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes.

Kemenkes RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes.

La Ode Anhusadar. (2016). Kreativitas Pendidikan Di Lembaga PAUD. Al-Tadib, 9(1), 7693.

Laode Anhusadar. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 4458. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Mardhiati, R. (2013). Pesan Kesehatan : Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, 368.

Moerad, S. K., Susilowati, E., Savitri, E. D., Rai, N. G. M., Windiani, W., Suarmini, N. W., Widyastuti, T. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini - Pos PAUD Terpadu Melati Kelurahan Medokan Ayu - Rungkut Surabaya. Sewagati, 3(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v3i3.6016

Notoadmodjo S. (2010). Promosi kesehatan teori dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoadmojo S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi, D. S., Widiastuti, A. A., & Rahardjo, M. M. (2018). Persepsi Orangtua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Lingkungan RW 01 Dukuh krajan Kota Salatiga. Satya Widya, 34(1), 3949. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p39-49

Soetjiningsih. (2002). Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto.

Syahreni E. (2011). Mengembangkan Perilaku Sehat Pada Anak Usia 2-4 Tahun. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Wahyuni Erna Irawati. (2011). Gambaran Karakteristik Keluarga Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Tatanan Rumah Tangga Di Desa Karangasem Wilayah Kerja Puskesmas Tanon Ii Sragen. Gaster : Jurnal Kesehatan, 8(2), 25. Retrieved from http://jurnal.stikes-aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/25

Zulfa Husni Khumayra; Madya Sulisno. (2012). Perbedaan Pengetahuan Dan Sikap Perilaku Hidup Bersih. Jurnal Nursing Studies, 1(1), 197204.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.