Author
Laode Anhusadar(1), Islamiyah Islamiyah(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia(1)
Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Mandala Waluya Kendari, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2020-07-09
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 29961 times PDF Downloaded: 12346 timesAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman orang tua terhadap pentingnya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, untuk mengetahui bentuk-bentuk penerapan perilaku hidup bersih dan hidup sehat dan untuk mengetahui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak yang sedang menempuh jenjang Pendidikan Anak Usia Dini di Kendari yaitu KB Sultan Qaimuddin Kendari dan KB Nurul Maghfirah Kendari. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Temuan dalam penelitian ini adalahsebanyak 100% responden orang tua melihat sangat penting penerapan perilaku hidup bersih dan sehat selama pandemic covid 19 ini. Sebanyak 98% atau 50 responden sudah mengetahui program perilaku hidup bersih dan sehat sedangkan 2% atau 1 responden belum mengetahui program perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di lingkungan keluarga di tengah pandemi ini sangat baik.
Keywords
References
Andalusia Neneng Permatasari, Dinar Nur Inten, Wiliani, K. N. W. (2021). Keintiman Komunikasi Keluarga saat Social Distancing Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 346359. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577
Apriliana Kuntoro Astuti. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 264. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p264-272
Berliana, N. (2016). Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Endurance, 1(2), 7580. https://doi.org/10.22216/jen.v1i2.984
Erik Sulistiana, R. S. I. (2013). Studi Tentang Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia 3 4 Tahun. Embrio, Jurnal Kebidanan, 2(1), 3639. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fitroh, S. F., & Oktavianingsih, E. (2020). Peran Parenting dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu terhadap Stunting di Bangkalan Madura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 610619. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.415
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.446
Hana Ika Safitri; Harun. (2021). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542
Heny Wulandari. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan , Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini. Shautut Tarbiyah, 30(1), 6985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/str.v20i1.35
Joni. (2015). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah. Jurnal Paud Tambusai, 1(6), 4248. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.54
Kemenkes. (2020). Panduan pelayanan kesehatan balita pada masa tanggap darurat COVID-19. Kemenkes.
Kemenkes RI. (2013). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes.
Kemenkes RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes.
La Ode Anhusadar. (2016). Kreativitas Pendidikan Di Lembaga PAUD. Al-Tadib, 9(1), 7693.
Laode Anhusadar. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 4458. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609
Mardhiati, R. (2013). Pesan Kesehatan : Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, 368.
Moerad, S. K., Susilowati, E., Savitri, E. D., Rai, N. G. M., Windiani, W., Suarmini, N. W., Widyastuti, T. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini - Pos PAUD Terpadu Melati Kelurahan Medokan Ayu - Rungkut Surabaya. Sewagati, 3(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v3i3.6016
Notoadmodjo S. (2010). Promosi kesehatan teori dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoadmojo S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pratiwi, D. S., Widiastuti, A. A., & Rahardjo, M. M. (2018). Persepsi Orangtua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Lingkungan RW 01 Dukuh krajan Kota Salatiga. Satya Widya, 34(1), 3949. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p39-49
Soetjiningsih. (2002). Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto.
Syahreni E. (2011). Mengembangkan Perilaku Sehat Pada Anak Usia 2-4 Tahun. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.
Wahyuni Erna Irawati. (2011). Gambaran Karakteristik Keluarga Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Tatanan Rumah Tangga Di Desa Karangasem Wilayah Kerja Puskesmas Tanon Ii Sragen. Gaster : Jurnal Kesehatan, 8(2), 25. Retrieved from http://jurnal.stikes-aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/25
Zulfa Husni Khumayra; Madya Sulisno. (2012). Perbedaan Pengetahuan Dan Sikap Perilaku Hidup Bersih. Jurnal Nursing Studies, 1(1), 197204.
Refbacks
- There are currently no refbacks.