Author
Masyunita Siregar(1), Tumewa Pangaribuan(2), Asih Nur Ismiatun(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jambi, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jambi, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jambi, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 277KB]
Published : 2023-12-23
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 559 times PDF Downloaded: 277 timesAbstract
Perkembangan motorik halus anak adalah salah satu bagian penting dalam perkembangan setiap individu. Sehingga dibutuhkan kegiatan untuk stimulasi perkembangan motorik halus. Namun, guru-guru masih kesulitan dalam menentukan kegiatan yang seusai dengan kegiatan sehari-hari atau sesuai dengan practical life skill. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru tentang buku panduan stimulasi motorik halus berbasis practical life skill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner terbuka melalui google form disebar pada 20 guru PAUD yang dipilih melalui random sampling. Teknik analisis data dengan miles and hubermen terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada buku panduan berbasis practical life skills untuk mengembangkan motorik halus anak. Guru memerlukan buku panduan motorik halus yang sistematis dan terstruktur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD.
Keywords
References
Agustin Ningrum, M., & Mahendra R. K. Wardhani, A. (2021). Pengembangan Buku Panduan Anti-Bullying untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 131–142. https://doi.org/10.14421/jga.2021.63-03
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Ayuni, Y. R. P., Komalasari, D., Ningrum, M. A., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan Buku Panduan Konsep Pola untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 155–172. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.155-172
Badriyah, A. U., & Fidesrinur, F. (2023). Strategi Guru Menstimulasi Motorik Halus Melalui Kegiatan Practical Life Anak 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i2.1816
Cholimah, N., Budi Maryatun, I., Christianti, M., & Sapti Cahyaningrum, E. (2020). Pengembangan buku panduan pembelajaran taman lalu lintas di taman kanak-kanak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 63–71. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.27634
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327
Dewi, N. P. C. P. (2022). Analisis Buku Panduan Guru Fase A Kelas I Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 131. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i2.2475
Fadyah, J., & Permanik, I. (2022). Pengaruh Practical Life Montessori Terhadap Sikap Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amanah Baleendah - Bandung. Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 1(2), 98–107. https://doi.org/10.54801/piaudku.v1i2.144
Fitria, A. W., Tamara, A., Basrah, E. N., Istiqamah, I., & Herman, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Menyendok pada Practical-Life Montessori terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1242–1249. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4457
Ismail, K. K. A., & Suparno, S. (2023). Pengembangan Buku Panduan Guru Pembimbing Khusus Berbasis Asesmen di TK Inklusif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2862–2874. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4516
Johnson, K. R. (2022). Practical Life Works Targeting School-Specific Skills. In University of Wisconsin (Issue 8.5.2017).
Kamil, N., & Asriyani, S. (2023). Analisis Penerapan Metode Montessori Pada Aspek Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life. Jurnal Buah Hati, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i1.2098
Lasaiba, D. (2016). Pola Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkar Kampus IAIN Ambon. Jurnal Fikratuna, 8(2), 79–104.
Lestariningrum, A., Andyastuti, E., Lailiyah, N., Wijaya, I. P., Yatmin, Y., & Karisma, D. Y. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Berbasis Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 719–729. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3994
Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PT. Indeks.
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
North, L. (2022). Effects of Practical Life Activities and Normalization in the 3–6-year-old Classroom. Sophia, the St. Catherine University, 1–48. https://sophia.stkate.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1476&context=maed
Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Campustaka.
Panzilion, P., Padila, P., & Andri, J. (2021). Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Guru. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 85–94. https://doi.org/10.31539/joting.v3i1.2115
Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota,Tahun 2015). Pendidikan Usia Dini, 9(2), 181–200. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091.11
Sciences, H. (2016). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–23. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1633
Strooband, K. F. B., Rosnay, M. de, Okely, A. D., & Veldman, S. L. C. (2020). Systematic Review and Meta-Analyses: Motor Skill Interventions to Improve Fine Motor Development in Children Aged Birth to 6 Years. Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics, 41(4), 319–331. https://doi.org/10.1097/DBP.0000000000000779
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep DasarPendidikan Anak Usia Dini (B. Sarwiji (ed.); Cetakan ke). PT Indeks.
Suryana, D. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Grup.
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
Vatansever, A. G., & Ahmetoğlu, E. (2019). A Way To Teach Practical Life Skills in Special Education : Montessori Pedagogy. European Journal of Special Education Research, 5(2), 1–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.3544457
Widayanti, M. D., & Abidin, M. Z. (2020). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek Untuk Guru TK. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 164. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7222
Wijayanti, T., Syamsuddin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Practical Life Activity Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 440. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.31774
Winata, W., Susanto, A., Suryadi, A., Satriana, M., & Rohaeni, S. (2021). Model Pengasuhan Anak Usia 3-4 Tahun Berbasis Practical Life di Homeschooling Tunggal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 680–692. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1492
Refbacks
- There are currently no refbacks.