Video Cooking Class Berbasis Daun Kelor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak

Authors

  • Dewi Martha Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang,
  • Farida Mayar Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5511

Keywords:

Anak Usia Dini, Cooking Class, Daun Kelor, Keterampilan Proses Sains, Video Pembelajaran

Abstract

Pengembangan kognitif anak diarahkan pada beberapa pengembangan salah satunya sains. Saat observasi ke lapangan peneliti menemukan permasalahan rendahnya keterampilan proses sains anak, ini dikarenakan keterbatasan media untuk menstimulasi keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran cooking class berbasis daun kelor untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak usia dini. Metodologi penelitian ini hasil modifikasi model pengembangan dari Borg and Gall, Gall dengan 9 tahapan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan angket respon guru. Berdasarkan hasil penelitian berupa uji validasi media mendapatkan nilai persentase sembilan puluh enam persen dengan kriteria kelayakan sangat valid. Hasil angket respon guru menunjukkan persentase tujuh puluh satu persen dengan kriteria praktis. Hasil analisis data menunjukkan pengembangan video pembelajaran cooking class berbasis daun kelor efektif untuk meningkatkan meningkatkan keterampilan proses sains anak secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, W., Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Steam Dengan Cooking Class. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 17(2). https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/8362

Babys, I. S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Kegiatan Cooking Class Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Permata Sentani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13922–13929. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4807

Charlesworth, R. (2015). Math and science for young children. Cengage Learning.

Dini, J. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2081

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133–140. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/254

Firmawati, A. N., Amini, S., & Khotimah, N. (2023). Penerapan Kegiatan Cooking Class terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 785–792. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/267

Gross, C. M. (2012). Science concepts young children learn through water play. Dimensions of Early Childhood, 40(2), 3–11.

Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/95

Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan penggunaan media video dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/4408

Jarpe-Ratner, E., Folkens, S., Sharma, S., Daro, D., & Edens, N. K. (2016). An experiential cooking and nutrition education program increases cooking self-efficacy and vegetable consumption in children in grades 3–8. Journal of Nutrition Education and Behavior, 48(10), 697–705. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2016.07.021

Jumaisah, J. (2022). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Melalui Cooking Class Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. PERISKOP: Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(1). https://periskop.ipbcirebon.ac.id/index.php/jp/article/view/37

Juniyanasari, L. P., Pudjawan, K., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Cooking Class Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/5883

Karlina, L., Haryono, S. E., & Anggraini, H. (2021). Pengembangan Kegiatan Cooking Class Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 56–62. https://journal.actual-insight.com/index.php/lucerna/article/view/562https://journal.actual-insight.com/index.php/lucerna/article/view/562

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102–119. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/3155

Kurniawaty, L. (2017). Peningkatan Pengetahuan Tentang Makanan Sehat Melalui Kegiatan Bermain Cooking Class. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/955

M. D. Gall, Joyce P.Gall, W. R. B. (2015). Applying Educational Research: How To Read, Do, and use research to solve problems of practice (seventh edition). Pearson Education, Inc.

Maharani, N., Istiyati, S., & Palupi, W. (2019). Kegiatan Cooking Class Sebagai Upaya Pembiasaan Mengonsumsi Makanan Sehat Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 7(3), 338–351. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/37614

Mahyuddin, N., Syukur, Y., & Hidayati, A. (2016). Efektivitas penggunaan video camera dalam pembelajaran dan implikasinya terhadap pelayanan anak usia dini (usia 4-6 tahun) di kota Padangnenny Mahyuddin. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 45–60. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3290

Nurqolbi, R. I., Riyanto, A. A., & Lestari, R. H. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 189–196. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/3200

Palupi, P. D. (2017). Pengembangan media video animasi pendidikan seks bagi anak usia dini guna mencegah kekerasan seksual pada anak di TK Tunas Rimba Purwokerto. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(7), 712–722. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/8412

Purwati, P. (2019). Evaluasi Daun Kelor (Moringa oleifora) Sebagai Pangan Fungsional. Jurnal Abdimas Mahakam, 3(2), 129. https://journal.uwgm.ac.id/index.php/abdimasmahakam/article/view/504

Rakimahwati, R. (2017). Interactive Game Influences Based on Inquiry Learning Model Towards The Ability of Reading in Kindergarten in Padang. International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017), 37–40. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icece-17/25889728

Rasid, J., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Kajian tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 82–91. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2041/0

Roza, M. M. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1703

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/7315

Yaswinda, Y., Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi untuk Meningkatkan Kogntif Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 100–109. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3326

Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh video pembelajaran terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok b di taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1), 96–105. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/11309

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Martha, D., & Mayar, F. (2023). Video Cooking Class Berbasis Daun Kelor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7953–7964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5511

Issue

Section

Articles