- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Video Cooking Class Berbasis Daun Kelor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5511Keywords:
Anak Usia Dini, Cooking Class, Daun Kelor, Keterampilan Proses Sains, Video PembelajaranAbstract
Pengembangan kognitif anak diarahkan pada beberapa pengembangan salah satunya sains. Saat observasi ke lapangan peneliti menemukan permasalahan rendahnya keterampilan proses sains anak, ini dikarenakan keterbatasan media untuk menstimulasi keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran cooking class berbasis daun kelor untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak usia dini. Metodologi penelitian ini hasil modifikasi model pengembangan dari Borg and Gall, Gall dengan 9 tahapan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan angket respon guru. Berdasarkan hasil penelitian berupa uji validasi media mendapatkan nilai persentase sembilan puluh enam persen dengan kriteria kelayakan sangat valid. Hasil angket respon guru menunjukkan persentase tujuh puluh satu persen dengan kriteria praktis. Hasil analisis data menunjukkan pengembangan video pembelajaran cooking class berbasis daun kelor efektif untuk meningkatkan meningkatkan keterampilan proses sains anak secara signifikan.
Downloads
References
Agustina, W., Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Steam Dengan Cooking Class. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 17(2). https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/8362
Babys, I. S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Kegiatan Cooking Class Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Permata Sentani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13922–13929. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4807
Charlesworth, R. (2015). Math and science for young children. Cengage Learning.
Dini, J. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2081
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133–140. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/254
Firmawati, A. N., Amini, S., & Khotimah, N. (2023). Penerapan Kegiatan Cooking Class terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 785–792. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/267
Gross, C. M. (2012). Science concepts young children learn through water play. Dimensions of Early Childhood, 40(2), 3–11.
Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/95
Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan penggunaan media video dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/4408
Jarpe-Ratner, E., Folkens, S., Sharma, S., Daro, D., & Edens, N. K. (2016). An experiential cooking and nutrition education program increases cooking self-efficacy and vegetable consumption in children in grades 3–8. Journal of Nutrition Education and Behavior, 48(10), 697–705. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2016.07.021
Jumaisah, J. (2022). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Melalui Cooking Class Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. PERISKOP: Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(1). https://periskop.ipbcirebon.ac.id/index.php/jp/article/view/37
Juniyanasari, L. P., Pudjawan, K., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Cooking Class Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/5883
Karlina, L., Haryono, S. E., & Anggraini, H. (2021). Pengembangan Kegiatan Cooking Class Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 56–62. https://journal.actual-insight.com/index.php/lucerna/article/view/562https://journal.actual-insight.com/index.php/lucerna/article/view/562
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102–119. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/3155
Kurniawaty, L. (2017). Peningkatan Pengetahuan Tentang Makanan Sehat Melalui Kegiatan Bermain Cooking Class. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/955
M. D. Gall, Joyce P.Gall, W. R. B. (2015). Applying Educational Research: How To Read, Do, and use research to solve problems of practice (seventh edition). Pearson Education, Inc.
Maharani, N., Istiyati, S., & Palupi, W. (2019). Kegiatan Cooking Class Sebagai Upaya Pembiasaan Mengonsumsi Makanan Sehat Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 7(3), 338–351. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/37614
Mahyuddin, N., Syukur, Y., & Hidayati, A. (2016). Efektivitas penggunaan video camera dalam pembelajaran dan implikasinya terhadap pelayanan anak usia dini (usia 4-6 tahun) di kota Padangnenny Mahyuddin. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 45–60. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3290
Nurqolbi, R. I., Riyanto, A. A., & Lestari, R. H. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 189–196. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/3200
Palupi, P. D. (2017). Pengembangan media video animasi pendidikan seks bagi anak usia dini guna mencegah kekerasan seksual pada anak di TK Tunas Rimba Purwokerto. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(7), 712–722. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/8412
Purwati, P. (2019). Evaluasi Daun Kelor (Moringa oleifora) Sebagai Pangan Fungsional. Jurnal Abdimas Mahakam, 3(2), 129. https://journal.uwgm.ac.id/index.php/abdimasmahakam/article/view/504
Rakimahwati, R. (2017). Interactive Game Influences Based on Inquiry Learning Model Towards The Ability of Reading in Kindergarten in Padang. International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017), 37–40. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icece-17/25889728
Rasid, J., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Kajian tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 82–91. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2041/0
Roza, M. M. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1703
Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970
Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/7315
Yaswinda, Y., Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi untuk Meningkatkan Kogntif Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 100–109. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3326
Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh video pembelajaran terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok b di taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1), 96–105. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/11309
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489