Internisasi Nilai Pendidikan Spritual Post natal pada Bayi Perspektif Teori Neurosains

Authors

  • Cecep Sobar Rochmat Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Putri Adinda Ayudiyanti Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Naily Alfiyatun Ni’mah Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Cela Petty Susanti Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Rosendah Dwi Maulaya Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Faprilisya Heldika Fani Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5437

Keywords:

nilai pendidikan spiritual, pendidikan post natal, teori neurosains

Abstract

Penanaman nilai-nilai spiritual penting dilakukan sedini mungkin oleh orang tua. Hal tersebut akan memengaruhi sikap dan kepribadiannya kelak. Internalisasi nilai spitual merupakan usaha mencegah degradasi moral pada anak. Penelitian ini bertujuan mengelaborasi konsep internalisasi nilai pendidikan spiritual post natal pada bayi perspektif teori neurosains. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Objek yang menjadi fokus adalah internalisasi pendidikan spiritual post natal yang dielaborasikan dengan teori neurosains sebagai model. Hasil penelitian menyatakan bahwa teori neurosains adalah teori yang mencoba memaksimalkan fungsi otak yang didalamnya terdapat sel-sel neuron. Pada bayi indera yang sudah berfungsi secara optimal adalah indera pendengaran. Dengan rangsang berupa adzan pada indera pendengaran dapat menambah kerumitan jaringan sel syaraf pada bayi. Semakin rumit dan kompleks, maka kemampuan berpikirnya pun semakin optimal. Adapun memahami ilmu mengenai teori neurosains ini sangat berguna dalam perkembangan pribadi termasuk dalam penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual pada bayi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, S. (2018). Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 131. https://doi.org/10.32528/tarlim.v1i2.1708

Awhinarto, A., & Suyadi, S. (2020). Otak Karakter Dalam Pendidikan Islam: Analisis Kritis Pendidikan Karakter Islam Berbasis Neurosains. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29693

Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-01

Barbey, A. K. (2018). Network Neuroscience Theory of Human Intelligence. Trends in Cognitive Sciences, 22(1), 8–20. https://doi.org/10.1016/j.tics.2017.10.001

Basri, H., & Arifin, Z. (2021). Otonomi Pendidikan Islam: Tantangan Dan Harapan. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 136. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v7i2.13315

Cardoza, M. P. (2011). Neuroscience and Simulation: An Evolving Theory of Brain-Based Education. Clinical Simulation in Nursing, 7(6), e205–e208. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2011.08.004

Ching, F. N. Y., So, W. W. M., Lo, S. K., & Wong, S. W. H. (2020). Preservice teachers’ neuroscience literacy and perceptions of neuroscience in education: Implications for teacher education. Trends in Neuroscience and Education, 21, 100144. https://doi.org/10.1016/j.tine.2020.100144

Djafar, A. B. (2021). Pendidikan Islam pada Masa Bayi (Telaah Hadis tentang Azan bagi Bayi Baru Lahir). Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 10(2), 121. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10.i2.309

Fadkhulil Imad Haikal Huda. (2022). Pembentukan Karakter Religius Berbasis Neurosains: Konstruksi Upaya Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 491–502. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11138

Feiler, J. B., & Stabio, M. E. (2018). Three pillars of educational neuroscience from three decades of literature. Trends in Neuroscience and Education, 13, 17–25. https://doi.org/10.1016/j.tine.2018.11.001

Fitroh, S. F. (2019). Peran Orang Tua Dalam Kegiatan Parenting Guna Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Di Sekolah.

Hanafi, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Anak Melalui Pemberian ASI dalam al-Qur’an. Mutawatir, 2(1), 27. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2012.2.1.27-45

Leddy, S., & O’Neil, S. (2022). Learning To See: Generating Decolonial Literacy through Contemporary Identity-Based Indigenous Art. https://doi.org/10.26209/IJEA23N9

Magee, G. (2021). Education Reduces Recidivism. Technium Social Sciences Journal, 16, 175–182. https://doi.org/10.47577/tssj.v16i1.2668

Mardiah, M., Sabda, S., & Cahyadi, A. (2022). Analisis Relevansi Neurosains dengan Pembelajaran dan Kesehatan Spiritual. Journal on Education, 4(4), 1489–1510. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2197

Martín-Loeches, M. (2015). Neuroscience and education: We already reached the tipping point. Psicología Educativa, 21(2), 67–70. https://doi.org/10.1016/j.pse.2015.09.001

Matsumoto, Y., Ishimoto, Y., & Takizawa, Y. (2020). Examination of the effectiveness of Neuroscience-Informed Child Education (NICE) within Japanese school settings. Children and Youth Services Review, 118, 105405. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105405

Munji, M. N., & Mukhlasin, A. (2023). Nilai-nilai Pendidikan (Studi Hadits Nomor 5107 Tentang Adzan Di Telinga Bayi Yang Baru Lahir Dalam Kitab Sunan Abu Dawud). Al-Munqid : Jurnal Kajian Keislaman, 11(2), 105–119. https://doi.org/10.52802/al-munqidz.v11i2.624

Nainggolan, M. M., & Naibaho, L. (2022). The Integration of Kohlberg Moral Development Theory with Education Character. Technium Social Sciences Journal, 31, 203–212. https://doi.org/10.47577/tssj.v31i1.6417

Nasir, S. M., & Tangngareng, T. (2022). Problematika Pembinaan Karakter Anak. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 24(1), 28–46. https://doi.org/10.24252/jumdpi.v24i1.27632

Ningrum, M. A., Niya, L. D. C., & Hamidah, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Halang Rintang pada Anak Usia Dini. Jurnal Obses: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5133–5142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4868

NurJannah, N., & Suyadi, S. (2022). Akal dan Qalb dalam Perspektif Al Quran dan Neurosains. Manazhim, 4(1), 53–65. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i1.1617

Pratiwi, P. A. C. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbaris. 3.

Prayitno, H. J., Markhamah, Nasucha, Y., Huda, M., Ratih, K., Ubaidullah, Rohmadi, M., Boeriswati, E., & Thambu, N. (2022). Prophetic educational values in the Indonesian language textbook: Pillars of positive politeness and character education. Heliyon, 8(8), e10016. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10016

Privitera, A. J. (2021). A scoping review of research on neuroscience training for teachers. Trends in Neuroscience and Education, 24, 100157. https://doi.org/10.1016/j.tine.2021.100157

Puspitasari, I., & Hidayatulloh, M. K. (2020). Penanaman Nilai Moral- Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Fabel dalam Surat Al-Fiil. Wacana, 12(1), 36–49. https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.166

Qudsyi, H. (n.d.). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak. Buletin Psikologi.

Rafdhi, F., & Fahrudin, A. (2020). Information Technology Theology Paradigm In Islamic Education Management. Technium: Romanian Journal of Applied Sciences and Technology, 2(7), 354–371. https://doi.org/10.47577/technium.v2i7

Rahman, F., & Wahyuningtyas, A. (2023). Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dalam Membangun Karakter Siswa di Era Digitalisasi. 05(02), 2354. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.891

Rahman, N., Suharyati, H., & Herfina, H. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 149–161. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.174

Riadi, S. (2021). Pendidikan Anak Pada Masa Pasca Lahir (Usia 0-2 Tahun) Persepektif Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 91–104. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i1.8

Rochmat, C. S., Huwaida, J., Maulaya, R. D., & Wibawa, B. A. (2023). Student Centered Learning in Debate-Based Learning Perspective Surah An-Nahl Verse 125. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(2), 255. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.318

Sa’diyah, K. (2019). Analisis Aspek-Aspek Perkembangan Bayi dan Urgensi Peran Orang Tua Terhadap Masalah-Masalah Bayi. Jurnal Kariman, 7(2), 315–328. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.113

Salman, M. (2022). Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Perspektif Q.S. Luqman Ayat 13-19. Aktualisa: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(11). https://doi.org/10.54459/aktualita.v12iII.439

Septianti, I., Habibi Muhammad, D., & Susandi, A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an dan Hadist. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 23–32. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.551

Shearer, C. B., & Karanian, J. M. (2017). The neuroscience of intelligence: Empirical support for the theory of multiple intelligences? Trends in Neuroscience and Education, 6, 211–223. https://doi.org/10.1016/j.tine.2017.02.002

Sholichah, A. S., & Ayuningrum, D. (2020). Pertumbuhan Anak Usia 0-3 Tahun: Kajian Tentang Kesehatan Balita Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 299–316. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.106

Sholichah, A. S., & Rifa’i, M. (2021). Isyarat Al-Qur’an dan Hadits Tentang Pendidikan Keimanan Anak Pra Aqil Baligh. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 183. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i1.7694

Sobar Rochmat, C., Sutoyo, Y., Ardiyanti, A., & Hilabi, A. (2022). Peran Bahasa Dan Korelasinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan: (Studi Analitis atas Falsafah Taaj al-Ma’had di TMI Al-Amien Prenduan). Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.54150/thawalib.v3i1.28

Sudirman, M. (2022). Strategi Pengembangan Jiwa Keagamaan Pada Tahap-tahap Pertumbuhan Anak. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(1), 57. https://doi.org/10.59638/ash.v6i1.237

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Penddikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suniasih, N. W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Neurosains Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Model Inkuiri. Mimbar Ilmu, 24(3), 417. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.22542

Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2785

Vinayastri, A. (2015). Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini. 3.

Winda, E., & Apriana, N. (2022). Tujuan dan Materi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Prespektf Hadis. Jurnal Manthiq, 7(2), 230–244. http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v7i2.9918

Wiyono, D. F. W. (2022). The implication of Islamic Boarding School policy in developing the quality of Islamic religious education in East Java, Indonesia. Technium Social Sciences Journal, 35, 79–92. https://doi.org/10.47577/tssj.v35i1.7169

Yasin, A. F., Chakim, A., Susilawati, S., & Muhammad, S. H. (2023). Development of Islamic Religious Education Learning in Forming Moderate Muslims. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 22–36. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.227

Yildirim, S., & Atbaşi, Z. (2023). Effectiveness of the Family Education Program on Protection from Neglect and Abuse Offered to Families with Children with Disabilities. Ankara Üniversitesi Eğitim Bilimleri Fakültesi Özel Eğitim Dergisi, 24(1), 95–115. https://doi.org/10.21565/ozelegitimdergisi.893235

Zadina, J. N. (2015). The emerging role of educational neuroscience in education reform. Psicología Educativa, 21(2), 71–77. https://doi.org/10.1016/j.pse.2015.08.005

Downloads

Published

06-06-2024

How to Cite

Rochmat, C. S., Ayudiyanti, P. A., Ni’mah, N. A., Susanti, C. P., Maulaya, R. D., & Fani, F. H. (2024). Internisasi Nilai Pendidikan Spritual Post natal pada Bayi Perspektif Teori Neurosains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 389–402. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5437

Issue

Section

Articles