- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Internisasi Nilai Pendidikan Spritual Post natal pada Bayi Perspektif Teori Neurosains
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5437Keywords:
nilai pendidikan spiritual, pendidikan post natal, teori neurosainsAbstract
Penanaman nilai-nilai spiritual penting dilakukan sedini mungkin oleh orang tua. Hal tersebut akan memengaruhi sikap dan kepribadiannya kelak. Internalisasi nilai spitual merupakan usaha mencegah degradasi moral pada anak. Penelitian ini bertujuan mengelaborasi konsep internalisasi nilai pendidikan spiritual post natal pada bayi perspektif teori neurosains. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Objek yang menjadi fokus adalah internalisasi pendidikan spiritual post natal yang dielaborasikan dengan teori neurosains sebagai model. Hasil penelitian menyatakan bahwa teori neurosains adalah teori yang mencoba memaksimalkan fungsi otak yang didalamnya terdapat sel-sel neuron. Pada bayi indera yang sudah berfungsi secara optimal adalah indera pendengaran. Dengan rangsang berupa adzan pada indera pendengaran dapat menambah kerumitan jaringan sel syaraf pada bayi. Semakin rumit dan kompleks, maka kemampuan berpikirnya pun semakin optimal. Adapun memahami ilmu mengenai teori neurosains ini sangat berguna dalam perkembangan pribadi termasuk dalam penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual pada bayi.
Downloads
References
Arif, S. (2018). Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 131. https://doi.org/10.32528/tarlim.v1i2.1708
Awhinarto, A., & Suyadi, S. (2020). Otak Karakter Dalam Pendidikan Islam: Analisis Kritis Pendidikan Karakter Islam Berbasis Neurosains. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29693
Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-01
Barbey, A. K. (2018). Network Neuroscience Theory of Human Intelligence. Trends in Cognitive Sciences, 22(1), 8–20. https://doi.org/10.1016/j.tics.2017.10.001
Basri, H., & Arifin, Z. (2021). Otonomi Pendidikan Islam: Tantangan Dan Harapan. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 136. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v7i2.13315
Cardoza, M. P. (2011). Neuroscience and Simulation: An Evolving Theory of Brain-Based Education. Clinical Simulation in Nursing, 7(6), e205–e208. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2011.08.004
Ching, F. N. Y., So, W. W. M., Lo, S. K., & Wong, S. W. H. (2020). Preservice teachers’ neuroscience literacy and perceptions of neuroscience in education: Implications for teacher education. Trends in Neuroscience and Education, 21, 100144. https://doi.org/10.1016/j.tine.2020.100144
Djafar, A. B. (2021). Pendidikan Islam pada Masa Bayi (Telaah Hadis tentang Azan bagi Bayi Baru Lahir). Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 10(2), 121. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10.i2.309
Fadkhulil Imad Haikal Huda. (2022). Pembentukan Karakter Religius Berbasis Neurosains: Konstruksi Upaya Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 491–502. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11138
Feiler, J. B., & Stabio, M. E. (2018). Three pillars of educational neuroscience from three decades of literature. Trends in Neuroscience and Education, 13, 17–25. https://doi.org/10.1016/j.tine.2018.11.001
Fitroh, S. F. (2019). Peran Orang Tua Dalam Kegiatan Parenting Guna Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Di Sekolah.
Hanafi, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Anak Melalui Pemberian ASI dalam al-Qur’an. Mutawatir, 2(1), 27. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2012.2.1.27-45
Leddy, S., & O’Neil, S. (2022). Learning To See: Generating Decolonial Literacy through Contemporary Identity-Based Indigenous Art. https://doi.org/10.26209/IJEA23N9
Magee, G. (2021). Education Reduces Recidivism. Technium Social Sciences Journal, 16, 175–182. https://doi.org/10.47577/tssj.v16i1.2668
Mardiah, M., Sabda, S., & Cahyadi, A. (2022). Analisis Relevansi Neurosains dengan Pembelajaran dan Kesehatan Spiritual. Journal on Education, 4(4), 1489–1510. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2197
MartÃn-Loeches, M. (2015). Neuroscience and education: We already reached the tipping point. PsicologÃa Educativa, 21(2), 67–70. https://doi.org/10.1016/j.pse.2015.09.001
Matsumoto, Y., Ishimoto, Y., & Takizawa, Y. (2020). Examination of the effectiveness of Neuroscience-Informed Child Education (NICE) within Japanese school settings. Children and Youth Services Review, 118, 105405. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105405
Munji, M. N., & Mukhlasin, A. (2023). Nilai-nilai Pendidikan (Studi Hadits Nomor 5107 Tentang Adzan Di Telinga Bayi Yang Baru Lahir Dalam Kitab Sunan Abu Dawud). Al-Munqid : Jurnal Kajian Keislaman, 11(2), 105–119. https://doi.org/10.52802/al-munqidz.v11i2.624
Nainggolan, M. M., & Naibaho, L. (2022). The Integration of Kohlberg Moral Development Theory with Education Character. Technium Social Sciences Journal, 31, 203–212. https://doi.org/10.47577/tssj.v31i1.6417
Nasir, S. M., & Tangngareng, T. (2022). Problematika Pembinaan Karakter Anak. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 24(1), 28–46. https://doi.org/10.24252/jumdpi.v24i1.27632
Ningrum, M. A., Niya, L. D. C., & Hamidah, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Halang Rintang pada Anak Usia Dini. Jurnal Obses: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5133–5142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4868
NurJannah, N., & Suyadi, S. (2022). Akal dan Qalb dalam Perspektif Al Quran dan Neurosains. Manazhim, 4(1), 53–65. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i1.1617
Pratiwi, P. A. C. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbaris. 3.
Prayitno, H. J., Markhamah, Nasucha, Y., Huda, M., Ratih, K., Ubaidullah, Rohmadi, M., Boeriswati, E., & Thambu, N. (2022). Prophetic educational values in the Indonesian language textbook: Pillars of positive politeness and character education. Heliyon, 8(8), e10016. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10016
Privitera, A. J. (2021). A scoping review of research on neuroscience training for teachers. Trends in Neuroscience and Education, 24, 100157. https://doi.org/10.1016/j.tine.2021.100157
Puspitasari, I., & Hidayatulloh, M. K. (2020). Penanaman Nilai Moral- Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Fabel dalam Surat Al-Fiil. Wacana, 12(1), 36–49. https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.166
Qudsyi, H. (n.d.). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak. Buletin Psikologi.
Rafdhi, F., & Fahrudin, A. (2020). Information Technology Theology Paradigm In Islamic Education Management. Technium: Romanian Journal of Applied Sciences and Technology, 2(7), 354–371. https://doi.org/10.47577/technium.v2i7
Rahman, F., & Wahyuningtyas, A. (2023). Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dalam Membangun Karakter Siswa di Era Digitalisasi. 05(02), 2354. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.891
Rahman, N., Suharyati, H., & Herfina, H. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 149–161. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.174
Riadi, S. (2021). Pendidikan Anak Pada Masa Pasca Lahir (Usia 0-2 Tahun) Persepektif Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 91–104. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i1.8
Rochmat, C. S., Huwaida, J., Maulaya, R. D., & Wibawa, B. A. (2023). Student Centered Learning in Debate-Based Learning Perspective Surah An-Nahl Verse 125. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(2), 255. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.318
Sa’diyah, K. (2019). Analisis Aspek-Aspek Perkembangan Bayi dan Urgensi Peran Orang Tua Terhadap Masalah-Masalah Bayi. Jurnal Kariman, 7(2), 315–328. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.113
Salman, M. (2022). Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Perspektif Q.S. Luqman Ayat 13-19. Aktualisa: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(11). https://doi.org/10.54459/aktualita.v12iII.439
Septianti, I., Habibi Muhammad, D., & Susandi, A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an dan Hadist. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 23–32. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.551
Shearer, C. B., & Karanian, J. M. (2017). The neuroscience of intelligence: Empirical support for the theory of multiple intelligences? Trends in Neuroscience and Education, 6, 211–223. https://doi.org/10.1016/j.tine.2017.02.002
Sholichah, A. S., & Ayuningrum, D. (2020). Pertumbuhan Anak Usia 0-3 Tahun: Kajian Tentang Kesehatan Balita Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 299–316. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.106
Sholichah, A. S., & Rifa’i, M. (2021). Isyarat Al-Qur’an dan Hadits Tentang Pendidikan Keimanan Anak Pra Aqil Baligh. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 183. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i1.7694
Sobar Rochmat, C., Sutoyo, Y., Ardiyanti, A., & Hilabi, A. (2022). Peran Bahasa Dan Korelasinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan: (Studi Analitis atas Falsafah Taaj al-Ma’had di TMI Al-Amien Prenduan). Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.54150/thawalib.v3i1.28
Sudirman, M. (2022). Strategi Pengembangan Jiwa Keagamaan Pada Tahap-tahap Pertumbuhan Anak. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(1), 57. https://doi.org/10.59638/ash.v6i1.237
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Penddikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Suniasih, N. W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Neurosains Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Model Inkuiri. Mimbar Ilmu, 24(3), 417. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.22542
Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2785
Vinayastri, A. (2015). Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini. 3.
Winda, E., & Apriana, N. (2022). Tujuan dan Materi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Prespektf Hadis. Jurnal Manthiq, 7(2), 230–244. http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v7i2.9918
Wiyono, D. F. W. (2022). The implication of Islamic Boarding School policy in developing the quality of Islamic religious education in East Java, Indonesia. Technium Social Sciences Journal, 35, 79–92. https://doi.org/10.47577/tssj.v35i1.7169
Yasin, A. F., Chakim, A., Susilawati, S., & Muhammad, S. H. (2023). Development of Islamic Religious Education Learning in Forming Moderate Muslims. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 22–36. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.227
Yildirim, S., & Atbaşi, Z. (2023). Effectiveness of the Family Education Program on Protection from Neglect and Abuse Offered to Families with Children with Disabilities. Ankara Üniversitesi Eğitim Bilimleri Fakültesi Özel Eğitim Dergisi, 24(1), 95–115. https://doi.org/10.21565/ozelegitimdergisi.893235
Zadina, J. N. (2015). The emerging role of educational neuroscience in education reform. PsicologÃa Educativa, 21(2), 71–77. https://doi.org/10.1016/j.pse.2015.08.005