Buku Digital Berwawasan Lingkungan Sebagai Upaya Menumbuhkan Ekoliterasi Anak

Author


Linda Eka Pradita(1Mail), Umi Rachmawati(2), Muhammad Ulyan(3),
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tidar, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tidar, Indonesia(2)
Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 361KB]

Published : 2023-12-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 86 times PDF Downloaded: 69 times

Abstract


Ekoliterasi menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Keterlaksanaan pembelajaran ekoliterasi harus didukung dengan adanya media pembelajaran. Ketersediaan media pembelajaran yang relevan akan memberikan kemudahan dalam memahami materi dan motivasi belajar yang tidak hanya sekedar  berorientasi pada teks seperti media-media sebelumnya. Tujuan penelitian ini sebagai upaya untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Metode yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran yakni pengembangan R&D dengan model 4D, yaitu a) Define (Pendefinisian) berupa analisis awal untuk mengetahui kebutuhan; b) Design (Perancangan) berupa kesiapan naskah dan konten pembelajaran; c) Development (Pengembangan) berupa pengembangan media; c) Disseminate (Penyebaran) berupa mempublikasikan hasil pengembangan. Hasil penelitian berupa media pembelajaran yang digunakan tentunya terdapat relevansi dengan ekoliterasi siswa yakni media pembelajaran berbasis wawasan lingkungan untuk mendorong siswa menjadi individu yang peduli dan berbudaya terhadap lingkungan sehingga mampu meningkatkan ekoliterasi sekaligus memberikan penguatan profil pelajar pancasila sebagaimana yang terdapat dalam kurikulum merdeka.


Keywords


media pembelajaran; ekoliterasi anak; karakter anak

References


Adrian, M. M., Kanzunnudin, M., & Masfuah, S. (2021). Analisis Ekoliterasi Siswa Pada Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2601–2610. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1263

Adyana, I. K. S. (2020). Mewujudkan Profil Pelajar pancasila Melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra. In Seminar Pedalitra II. Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/2300

Asmani, J. M. (2016). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Atikah, C., Asmawati, L., & Ekawati, R. (2023). Buku Digital Berbasis Fonetik Melalui Apliaksi Book Creator untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4913–4924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4951https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4951

Auliyairrahman, Aa. ., Djazilan, S., Nafiah, & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Nilai Kejujuran Melalui Program Kantin kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939

Bearne, E. (2003). Rethinking Literacy: Communication Representation and Text. Wiley Online Library.

Bruyere, B. L. (2008). The Effect of Environmental Education on the Ecological Literacy of First-Year College Students. Jounal of Natural Resources and Life Sciene Education, 37(1), 20–26, 20–26. https://doi.org/10.2134/jnrlse2008.37120xhttps://doi.org/10.2134/jnrlse2008.37120x

Dewe, H. C. (2016). A Study of the Effect of an Educational Program Upon Language Development and Related Mental Functions in Young Children a Study of the Effect of an Educational Program. The Journal of Experimental Educatin, 11(2), 200–209. https://doi.org/10.1080/00220973.1942.11010271https://doi.org/10.1080/00220973.1942.11010271

Faizah, D. U., Suyandi, S., Anggraini, L., Waluyo, W., Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996

Lewinsohn, T. M., Attayde, J. L., Fonseca, C, R., Ganade, G., Jorge, L. R., Kollmann, J., … Weisser, W. (2015). Ecological Literacy and Beyond: Problem Based Learning for Future Professionals. AMBIO, 44(2), 154–162. https://doi.org/10.1007/s13280-014-0539-2https://doi.org/10.1007/s13280-014-0539-2

Mar’at. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mc. Bride, B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. . (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here? Ecosphere, 4(5), 1–20. https://doi.org/10.1007/s13280-014-0539-2https://doi.org/10.1007/s13280-014-0539-2

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. (2016). Salinan Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 21 Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Miles, M.B.Huberman, A.M, Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook (3rd ed.). USA: Sage Publications.

Mukminin, A. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib, 9(2), 227–252. https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16 https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16

Muthu, M. (2012). E-books: An Overview Information Studies. ProQuest, 18(4), 253–276.

Mutiah, A. (2014). Representasi Pendekatan Whole language dalam sajian Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbassi Teks. Dalam Prosiding Semnas Bahasa dan Sastra serta Pembelajaran. In Prosiding Semnas Bahasa dan Sastra serta Pembelajaran. Yogyakarta: Gress Publishing.

Nurjatisari, T., Sukmayadi, Y., & Nugraheni, T. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kemasan Pertunjukan Seni Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Obesesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4013–4024. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4836https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4836

Pertamasari, A. D., Najma Iftitah, K., Sugiarti, Y., & Anwas, E. O. M. (2022). Peningkatan Literasi Indonesia Melalui Buku Ekoliterasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10, 261–282. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p261--282

Prastiwi, L., Sigit, D. V., & Ristanto, R. H. (2019). Ecological Literacy, Environmental Awareness, academic Ability and Environmental Problem-Solving Skill at Adiwiyata School. Indonesian Journal of Science and Education, 3(2), 82–92. https://doi.org/10.31002/ijose.v3i2.1114https://doi.org/10.31002/ijose.v3i2.1114

Rahmawati, Y. (2018). Peranan Transformtive Learning dalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya dan Kompetensi Abad ke-21. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21009/JRPK.081.01

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–7. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Rondli, W. S., & Khoirinnida, Y. (2017). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Ecoliteracy: Upaya Rekonstruksi Kewarganegaraan Ekologis. In Prosiding Seminar Nasional (pp. 114–122). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/35941

Samrin. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Shautut Tarbiyah, 27(1), 77–98. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/shautut-tarbiyah/article/view/2895

Sengupta, M., Das, J., & Maji, P. K. (2010). Environmental Awareness and Environment Related Behaviour of Twelfth Grade Students in Kolkata: Effects of Stream and Gender. Anwesa, 5, 1–8. https://doi.org/10.12691/env-8-2-5https://doi.org/10.12691/env-8-2-5

Shofa, M. F., & Setyawan, M. H. Y. (2018). Litearcy Culture Strengthening Programs to Stimulate Reading Interest for Children at Early Age. Early Childood Research Journal, 1(1), 8–20. https://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj/article/view/6575

Sitorus, L., & Lasso, A. H. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembiasaan dan pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2206–2216. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/755

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriatna. (2017). Ecopedagogy. Bandung: PT. Rosdakarya Offset.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48 https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Suwandi, S. (2019). Pendidikan Literasi. Bandung: PT. Rosda Karya.

Thriagarajan, S., Sammel, D., & Somme, M. I. (1974). Other Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Tyas, D. N., Nurharini, A., Wulandari, D., & Isdaryanti, B. (2022). Analisis Kemampuan Ekoliterasi dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 213–226. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/11173

Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 2(1), 39–46. https://doi.org/10.54082/jupin.39 https://doi.org/10.54082/jupin.39

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.