Pemahaman Orangtua Tentang Belajar Merdeka Anak Usia Dini Di Kabupaten Aceh Barat

Author


Evi Rahmiyati(1Mail), Gracia Mandira(2), Khoiriyah Khoiriyah(3), Irma Anggraini(4),
Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Syiah Kuala, Indonesia(1)
PG-PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala, Indonesia(2)
PG-PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala, Indonesia(3)
Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 528KB]

Published : 2024-05-15

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 25 times PDF Downloaded: 7 times

Abstract


Belajar merdeka atau merdeka belajar merupakan istilah yang baru dikenal oleh orangtua dalam lingkup pendidikan anak usia dini di Kabupaten Aceh Barat. Selama ini yang menjadi harapan orangtua saat menitipkan anak di lembaga PAUD adalah anak mampu membaca, menulis dan berhitung. Sementara itu merdeka belajar bagi anak usia dini disebut juga dengan merdeka bermain yang mana stimulasi perkembangan anak adalah melalui bermain yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pemahaman orangtua tentang belajar merdeka anak usia dini di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan instrumen berupa skala modifikasi likert yang ditujukan kepada orangtua yang memiliki anak usia dini pada lembaga PAUD di Kabupaten Aceh Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman orangtua di kabupaten Aceh Barat tentang belajar merdeka anak usia dini berada pada kategori sedang meliputi pemahaman akan informasi kurikulum merdeka, konsep merdeka belajar di PAUD dan keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini. Sementara pada aspek pemahaman orangtua terhadap pembelajaran anak usia dini masih dalam kategori rendah.


Keywords


Kata Kunci: pemahaman orangtua; belajar merdeka; anak usia dini

References


Afifah, S.N. & Chasanatun, F. (2023). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Lijterasi Dini Pada TK di Kecamatan Kartohajro Kota Madiun. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 226-242. https://doi.org/10.21154/wisdom.v4i2.7481

Budiwaluyo, H. & Muhid, A. (2021). Manfaat Bermain Papercraft dalam Meningkatkan Kreativitas Berfikir Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76-93. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.6889

Christiani, M. (2023). Permainan Literasi untuk Anak-anak. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 11-22. https://doi.org/10.21831/jpa.v12i1.61137

Dahlan R, M. & Murad, M. (2023). Keberanian Mengemukakan Pendapat dan Pemahaman Siswa. Journal on Education, 6(1), 775-786. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2992

Dewi, T.K., Latifa, B. & Yaswinda. (2023). Analisis CIPP: Perlibatan Keluarga dan Guru pada PAUD Taman Kanak-Kanak. Mujrhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 179-189. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.175

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020, Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, Jakarta.

Hana, P. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Idrawati, E., Diana & Setiawan, D. (2022). Pemahaman Orangtua tentang Konsep Merdeka Belajar di PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood, 4(2), 441-450. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1685

Jannah, R. & dkk. (2022). Peran Keluarga dalam Pendampingan Proses Pembelajaran Anak pada Masa Pandemi Covid-19. An Nisa’, 15(1), 38-49. http://dx.doi.org/10.30863/annisa.v15i1.3546

Khoiriyah & Mandira, G. Parenting Patterns For Early Childhood. Ilmi Journal, 12(1), 169-174. https://www.unimel.edu.my/journal/index.php/JILMI/article/view/1232

Kinati, D.A. & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi Partisipasi Orangtua Siswa dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 256-264. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39710/34613

Latif, M.A., Munafiah, N. & Rachmawati, Y.D. (2022). Merdeka Belajar Anak Usia Dini dalam Mengembangkan Kognitif Anak: Sebuah Kajian Fenomenologi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 61-68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16988

Lestiyani, P. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6 (3), 365. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2913

Marzuki, G.A. & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1 (4), 53-62. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.809

Miyarso, E. (2019). Perancangan Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulia, P.S. & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (3), 3663-3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628

Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65-72. https://doi.org/10.35878/tintaemas/v1.i1.390

Nopiyanti, H.R. & Husin, A. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak pada Kelompok Bermain. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.15294/jnece.v5i1.46635

Nursarofah, N. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 38-51. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.2492

Prameswati, T.W. (2020). Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Proseding SeminarNasional Penalaran dan Penelitian Nusantara, vol 1. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn

Pusitaningtyas, S. (2016). Pengaruh Komunikasi Orangtua dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Proceeding of ICECRS, 1, 935-942. http://dx.doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.632

Rahmadeni, F. (2022). Urgensi Pengenalan Konsep Literasi Numerasi pada Anak Usia Dini. Academic Journal of Matjh, 4(1), 79-92. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v4i1.4626

Sari, L.P. & Ain, S.Q. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 75-81. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59341

Sari, R.D., Ismaya, E.A. & Masfuah, S. (2021). Pentingnya Ikut Serta Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 378-387. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38572

Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 5(1), 70-81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043

Sriandila, R., Suryana, D. & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826-1840. http://jonedu.org/index.php/joe

Wahdani, F.R.R & Burhanuddin, H. (2020). Pendidikan Keluarga di Era Merdeka Belajar. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.36840/alaufa.v2i1.271

Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840-5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202

Widyastuti, S. (2022). Merdeka Belajar Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yenita, A. & Syofriend, Y. (2021). Perspektif Orangtua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Kelurahan Puhun Pintu Kabun Kecamatan Mandadiangin Koto Salayan Kota Bukit Tinggi. Jurnal Cikal Cendekia, 2(1), 24-34. https://doi.org/10.31316/jcc.v2i1.1665


Refbacks

  • There are currently no refbacks.