Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar

Authors

  • Risa Anggita Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tapanui Selatan, Indonesia
  • Darliana Sormin Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tapanui Selatan, Indonesia
  • Jumaita Nopriani Lubis Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Tapanui Selatan, Indonesia
  • Jumaita Nopriani Lubis Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5384

Keywords:

kemampuan mengenal huruf, pohon pintar, anak usia dini

Abstract

Pengenalan awal huruf kepada anak-anak sangatlah penting karena memfasilitasi kemampuan mereka mengenali huruf, sehingga mempersiapkan mereka untuk memperoleh keterampilan membaca dan menulis. Terdapat korelasi positif antara mahirnya kemampuan pengenalan huruf pada anak dengan kemampuan membacanya. Tujuan utama penelitian ini adalah menggunakan teknologi pohon pintar dan media digital interaktif untuk mengevaluasi keterampilan generasi muda dalam pengenalan huruf. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian tindakan kelas yang mengikuti paradigma Kemmis dan Taggart. Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi merupakan proses berurutan dalam pendekatan tersebut di atas. Dua puluh anak, dengan rentang usia lima hingga enam tahun, digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan informasi mencakup pencatatan terperinci dan observasi metodis. Penelitian ini menggunakan strategi metode campuran, yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam pengumpulan dan analisis data. Studi menunjukkan bahwa keterampilan pengenalan huruf anak meningkat drastis setelah terpapar media pohon pintar. Fokus penelitian ini adalah pada peningkatan keterampilan pengenalan huruf anak melalui metode pengajaran yang lebih menarik dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Risa Anggita, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tapanui Selatan

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Darliana Sormin, Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tapanui Selatan

Pendidikan Agama Islam

Jumaita Nopriani Lubis, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Tapanui Selatan

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Jumaita Nopriani Lubis, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Anggraini, R., & Habibi, M. A. M. (2023). Pengaruh Media Stik Es Krim Alphabet Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B di PAUD Merpati Ampenan Tahun Ajaran. 8, 1415–1419. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1494

Astutik, J. N. W. (2020). Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar (Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education, 01(1), 34–44. https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/158

Darliana Sormin, Aziz, M., Rosmaimuna, Wahyuni, S., Yasrah, R., & Idawati. (2022). Early Children’s Cognitive Ability through the Alphabetgameat TK ABA I City Padangsidimpuan, Nort Sumatera Indonesia. Specialusis Ugdymas / Special Education, 1(43). http://www.sumc.lt/index.php/se/article/view/266

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Dewi, R., Musi, M. A., & Syahriah, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Bermain Plastisin. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(4). f https://ojs.unm.ac.id/EDUSTUDENT/article/view/27183

Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875

Etivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pendidikan pada anak usia dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–236. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6414

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313

Fitriyani, & Ismiati. (2022). Increasing the Ability To Introduce the Alphabeth. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 7(2), 1–10. http://jurnal.stkipan-nur.ac.id/index.php/jipa/article/view/227/160

Fulanatin, & Simatupang, N. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meremas Kertas Pada Anak Usia 3-4 Tahun. PAUD Teratai, 5(1), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14284

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Juni), 1–17. https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/159

Handayani, A., & Nurhafizah. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kantong Ajaib Di Taman Kanak-Kanak Sadar Bhakti Kecamatan Talamau. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 44–50. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/386

Harianja, A. L., Siregar, R., & Jumaita Nopriani Lubis. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159

Hariarja, J., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Mewarnai sebagai Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini. 7(4), 4837–4847. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5158

Julia, Wahira, & Surani. (2022). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf di TK Mardi Santosa Sumedang Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 95–103. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/161/142https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/161/142

Karmeliya Firdaus, M., & Ayu Puteri Hadayani, D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 53. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35719

Karoma, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun. 1(1), 60–66. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED/article/view/501

Khadijah, A., & Rahmadani, R. A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di RA Amanah Amaliyah. JURNAL RAUDHAH, 9(1). https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/161/142

Kusumawardani, C. T. (2019). Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pop-Up Kelompok B Tk Negeri Pembina Jagoi Babang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(8), 88–95. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/14986 http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/14986

Lubis, J. N. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas X Sma Negeri 8 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 67. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.793

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1373/958

Maswati, & Syariany, L. (2022). Efforts to increase the ability to recognize letters through the letters card game method in ra ddi lome pinrang district. 5(1). https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/athfal/article/view/2200https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/athfal/article/view/2200

Muhlison, O. (2014). GURU PROFESIONAL (Sebuah Karakteristik Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Darul ’Ilmi, 02(02), 46–60. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI/article/viewFile/415/387

Nurhaedah, Herman, & Zainuddin, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Kecil b dan d Melalui Mencetak Huruf Menggunakan Pasir Pada Anak Kelompok A Di TK Nurul Yaqin Uloe. Profesi Kependidikan, 2(1), 213–224. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/28801

Pratiwi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2020). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Perumahan Guru Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 89–97. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.22256

Rosiana, D. (2021). Pengaruh Permainan Pohon Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Usia 5-6 Tahun Di Tk Pembina Jekan. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 17(1), 44–54. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPH/article/view/3326https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPH/article/view/3326

Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

Siregar, R. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di Tk Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi, 2(1). https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/22https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/22

Sukma, I., Bahrun, Rahmi, Amalia, D., & Nessa, R. (2022). Pengembangan Media Papan Pintar Untuk Pengenalan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD), 7(1), 40–50. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1–5. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1487

Suwarni, A., Machmud, H., Hewi, L., Anhusadar, L. O., & Erdiyanti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Pohon Huruf dengan Metode Demonstrasi pada Anak Usia Dini. DINIYAH Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23–30. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/diniyah/article/view/4529

Wahyuni, S. (2020). Asesmen Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Teknik Penilaian Penugasan (Unjuk Kerja) di TK Al-Fadillah Kelompok (B) Usia 5-6 Tahun Sleman DIY. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 80. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9062

Downloads

Published

25-10-2023

How to Cite

Anggita, R., Sormin, D., Lubis, J. N., & Nopriani Lubis, J. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5919–5930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5384

Issue

Section

Articles