Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak

Authors

  • Nenni Khairani Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Rosmaimuna Siregar Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Jumaita Nopriani Lubis Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5383

Keywords:

perkembangan bahasa, bermain peran, anak usia dini

Abstract

Fondasi dari bakat seorang anak adalah bahasa, oleh karena itu penting bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan bahasanya sejak dini. Mengajari anak kecil keterampilan komunikasi verbal, nonverbal, dan isi yang benar memerlukan penggunaan aktivitas bermain peran secara ekstensif. Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan teknik bermain peran untuk menguji beberapa elemen pemerolehan bahasa pada anak usia dini. Dua puluh anak dari kelompok B digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data meliputi pencatatan dan observasi kejadian. Pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam analisis data digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan data, 85,10 persen anak mempunyai ruang untuk berkembang dalam keterampilan linguistiknya. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik bermain peran dapat membantu pertumbuhan linguistik anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nenni Khairani, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Rosmaimuna Siregar, Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Pendidikan Agama Islam

Jumaita Nopriani Lubis, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Aisyah, I. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/140

Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 105. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. In Rineka Cipta. Rineka cipta.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Azwinar, A. (2012). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak. Pesona PAUD., 1(2), 3–13. https://media.neliti.com/media/publications/159290-ID-peningkatan-perkembangan-bahasa-anak-mel.pdf

Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875

Etivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pendidikan pada anak usia dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–236.

Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe …. EDUCHILD (Journal of Early Childhood …, 2(2), 68–79. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1319%0Ahttps://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/download/1319/815

Falah, A. (2015). Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 01 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, 3, 171–195. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1449

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Juni), 1–17. https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/159

Harianja, A. L., Siregar, R., & Jumaita Nopriani Lubis. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159

Harianja, J., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4837–4847. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5158

Hayati, N., & Putro, Z. (2021). Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Tarbawi (Vol. 13, Issue 2). https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/590

Indihadi, D., Mulyana, E. H., & Puspitasari, T. (2022). Bagaimana Implementasi Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Bahasa Ekspresif di TK Mawar Sidamulih? Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3545–3548. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3493

Indriani Harianja, S., & Achmad, J. N. (2020). Efektivitas Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Utile: Jurnal Kependidikan, 2(1), 165–174. https://doi.org/10.37150/jut.v2i1.296

Ketut Seri Arini, N., Wayan Murtini, N., Made Hartawan, I., & Mpu Kuturan Singaraja, S. (2021). Implementasi Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Di Tk Dharma Kumara Di Desa Munduktemu Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Nawa Sena: Jurnal PGPAUD, 1(2), 61–70.

Lili, M., & Rivda, Y. (2020a). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Pendidikan Tambusa, 4(1), 502. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.490

Lili, M., & Rivda, Y. (2020b). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 502. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/490

Lubis, J. N. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas X Sma Negeri 8 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 67. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.793

Muliyana, & Eka Wardhana, K. (2022). Meningkatan Kemampuan Berbahasa dengan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 53–62. https://www.amesbostonhotel.com/pengertian-anak-usia-

Musi, M. A., & Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4418

Nopiana, & Celina, S. M. (2022). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa melalui Metode Bermain Peran pada Kelompok B di TK Nurul Iman Danau Induk Jabung Lampung Timur. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 25–36. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.692

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/jpk/article/view/7

Nurhidaya, N., Firmansyah, A., & Hasdin, H. (2012). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Jual Beli di kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 161–174. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4115

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Permendikbud. (2014). Tentang Standar Nasional PAUD.

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176

Srihayati, H. (2016). Penerapan Metode Bermain Perandalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasaanak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika 1-4 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3686

Susanti, N., & Isthifa Kemal. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B Dengan Menerapkan Metode Bermain Peran Di PAUD IT Sunnah Banda Aceh. METAMORFOSA, 4(1), 48–62. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/142

Wahidah, F. A. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 44–62. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/10940/pdf

Yuliantin, S. (2019). Permainan dan Bermain di PAUD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, II(2), 200–2012. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/84

Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509

Downloads

Published

25-10-2023

How to Cite

Khairani, N., Siregar, R., & Nopriani Lubis, J. (2023). Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5942–5952. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5383

Issue

Section

Articles