Author
Syafdaningsih Syafdaningsih(1), Hasmalena Hasmalena(2), Rukiyah Rukiyah(3), Sofnidar Sofnidar(4), Lia Dwi Ayu Pagarwati(5), Rina Rahayu Siregar(6), Dara Zulaiha(7), Della Stevany(8), Maryati Indah Safitri(9),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(3)
Pendidikan Matematika, Universitas Jambi, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(6)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(7)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(8)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(9) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 374KB]
Published : 2023-12-02
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 460 times PDF Downloaded: 307 timesAbstract
Aktivitas fisik yang melibatkan anak bergerak aktif melalui permainan outdoor seperti mini outbound masih jarang disediakan di Lembaga Taman Kanak-kanak. Selain karena faktor tempat, faktor biaya juga menjadi penyebab sulitnya menyediakan fasilitas permainan outbound meskipun dengan versi sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perspektif guru Taman Kanak-kanak terhadap kegiatan outbound dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Indralaya, Palembang yang berjumlah 25 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Angket yang digunakan untuk memperoleh data di susun menggunakan skala likert. Data penelitian di analisis menggunakan analisis proporsi dan analisis mode. Hasil penelitian menunjukan interpretasi perspektif guru terhadap kegiatan outbound sangat penting diterapkan di Lembaga sebagai salah satu alternatif permainan outdoor yang dapat menstimulasi perkembengan kognitif anak. Kemampuan berpikir kritis, kemampuan penalaran, dan kemampuan menganalisa anak dapat terasah melalui permainan outbound, serta kemampuan kolaborasi anak dalam bekerja sama dapat berkembang.
Keywords
References
Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 453–459. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10745
Akin, Y. (2015). Pengaruh Permainan Outbound (Data Processing, Hands dan Star) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 7(1), 44–54. https://ejournal.upi.edu/index.php/JKO/article/view/16289
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinngi. Modul Belajar Mandiri (pp. 65–80).
Assa, A. F., Rumambi, F. ., & Wibisono, C. (2021). Teaching strategy of ecosystems in Jakarta for elementary school students. Utopía y Praxis Latinoamericana, 26(3), 129–139. https://doi.org/10.5281/zenodo.4969718
Azwarna, F. M. (2019). Pembelajaran Seni Melalui Media Jerami Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1389–1396. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.374
Barida, M. (2018). Model Experiential Learning dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 153–161. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i2.409
Baysal, E. A., Ocak, İ., & Öztürk, K. (2022). Attitudes of Secondary School Students towards Outdoor Games: A Scale Development Study. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(1), 115–130. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.01.11
Cahyani, G. R., Tegeh, I. M., & Magta, M. (2020). Pengaruh Metode Outbond terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelompok B Gugus I Kecamatan Sawan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.23887/paud.v8i1.23419
Handini, M. C., & Hasanah, L. N. (2017). The Enhancement Adversity Quotient Through Outbound Play Activities. Atlantic, 58, 336–342. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.58
Haryono, S. E., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2020). Penerapan Kegiatan Outbound untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak TK B di TK ABBA 8 Kepanjen. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 5(1), 44–47. https://doi.org/10.33366/japi.v5i1.1795
Hasanah, U., & Tangse, M. (2022). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
Karunia, A., Manurung, R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807–1814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1030
Maesaroh, M., & Sriyanto, S. (2022). Outdoor Learning With Outbond Variations 21st Century Social Studies Learning Alternative. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 283–287. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.391
Mufid, A., Fatimah, S., Aeeni, N., & Asfahani, A. (2022). Peningkatan Perkembangan Kecerdasan Naturalistik Anak melalui Metode Outbound. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Developmen, 2(2), 57–65. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v2i02.1501
Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Pramono, P., Nurhasan, N., & Widyah Kusnanik, N. (2017). Analysis of Learning Process in Early Childhood Age 4-5 Years Old. Atlantis Press, 128(January). https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.39
Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGIA, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40
Sando, O. J., Kleppe, R., & Sandseter, E. B. H. (2021). Risky Play and Children’s Well-Being, Involvement and Physical Activity. Child Indicators Research, 14(4), 1435–1451. https://doi.org/10.1007/s12187-021-09804-5
Sari, N. N., Muali, C., Rozi, F., Ernawati, Y., & M, S. (2022). To Improve of The Children’s Natural Intelligence with Nature Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2518
Sari, Y., & Sutarto, J. (2018). Outbond as the Basis of Multiple Intelligences Learning Activity. Catharsis, 7(2), 311–318. https://doi.org/10.15294/catharsis.v7i2.24483
Septiari, N. W., Poerwati, C. E., & Lestari, P. I. (2023). Implementasi Kegiatan Outbound Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Pada Kelompok B1 di TK Widya Kumara Darmasaba. PRATAMA WIDYA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 8(2), 171–183. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.2956
Setiadi, M. A., & Agustin, M. (2020). Persepsi Guru Tk Terhadap Kegiatan Outbond Dalam Memepengaruhi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 344–353. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p
Setiyadi, R., Kuswendi, U., & Ristiana, M. G. (2020). Penyuluhan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Tahapan Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Kepada Guru-Guru di Kabupaten Purwakarta. Abdimas Siliwangi, 3(1), 186–198. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3584
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Utami, N., Saputro, B. A., & Nugroho, A. A. (2022). Peran Guru Abad 21 Dalam Penerapan Permainan Berlari. Majalah Lontar, 34(2), 99–117. https://doi.org/10.26877/ltr.v34i2.13139
Yıldırım, G., & Akamca, G. Ö. (2017). The effect of outdoor learning activities on the development of preschool children. South African Journal of Education, 37(2), 1–10. https://doi.org/10.15700/saje.v37n2a1378
Yulianingsih, W., Naqiyah, N., Hariyati, N., & Ulul Nabilah, S. (2019). Outbound Program Based Local Wisdom for Students in Pesantren Schools. Atlantis Press, 382(Icet), 129–133. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.31
Yuniarni, D. (2019). Peran Guru Paud Dalam Meminimalisir Dampak Gadget Pada Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 1–6. https://doi.org/10.24853/yby.3.1.1-6
Zaenab, S. (2019). Outbound Learning in the Development of Emotional Social Aspect of another Age in PAUD Dompu Regency. Atlantis Press, 285(Icet), 119–123. https://doi.org/10.2991/icet-18.2018.23
Refbacks
- There are currently no refbacks.