- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Stimulasi Kemampuan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5381Keywords:
aktivitas stimulasi, kemampuan Bahasa Inggris, anak usia diniAbstract
Mengenalkan Bahasa Inggris anak usia dini membutuhkan sebuah stimulasi yang dapat dilakukan di sekolah dan di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas stimulasi kemampuan Bahasa Inggris anak usia dini di sekolah X Yogyakarta dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian 6 guru kelas dan 1 kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas stimulasi di sekolah X Yogyakarta menggunakan metode demonstrasi melalui instruksi Bahasa Inggris sederhana. Contoh instruksi yang disampaikan: “open your hand, pray before/after study/eatingâ€, “take off your shoes on the shelfâ€. Kemampuan yang dicapai oleh anak setelah diberikan aktivitas stimulasi, anak mampu menyimak dan memahami makna instruksi yang disampaikan guru serta anak mulai berani mencoba berdialog menggunakan Bahasa Inggris. Kemampuan Bahasa Inggris anak dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi motivasi dalam diri anak dan faktor eksternal meliputi guru, karyawan sekolah, orangtua dan keluarga.
Downloads
References
Adi, R., & Nugroho, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca dengan Materi Pokok Membaca Teks Cerita Pendek Melalui Penerapan Metode Resitasi. Journal of Education Action Research, 2(4), 421–426.
Arianti, A., Nurnaningsih, & Pratiwi, U. V. (2020, March). Habit Formation Berkomunikasi Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7608
Arumsari, D. A., Arifin Bustomi, & Rusnalasari, D. Z. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4(2), 82–170. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v4i2.3575
Asholahudin. (2020). Kompetensi Bahasa Inggris. Jurnal Horizon Pedagogia, 72–76. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jhp/article/view/10427
Dinihari, Y., Nazelliana, D., & Purwanti. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Java Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9 no.1. https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2396
EF English Proficiency Index. (2022). Daftar Peringkat Terbesar Berdasarkan Kemampuan Bahasa Inggris di Negara dan Wilayah Terbesar Dunia. 2022.
Ghasemi, B., & Hashemi, M. (2011). Foreign Language Learning During Chilhood. Procedia: Social and Behavior Sciences, 872–876. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.160
Harismi, & Asni. (2023, March). 10 Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Dengan Mudah . Https://www.Sehatq.Com/Artikel/Sejak-Usia-Berapa-Anak-Boleh-Belajar-Bahasa-Inggris-Ini-Penjelasannya
Jannah, M., Bte Abdul, N., & Hamid, S. M. (2021). The Implementation of Demonstration Method to Improve Student’s Speaking Skils in Procedure Text Article Info Abstract. Procedure Text. English Language Teaching Methodology, 1(1).
Karmila, M., Pusari, R. W., & Dewi S., A. C. (2018). Analisis Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini Pada Aspek Semantik di Semarang Multinational School. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v6i2.2109
KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bangsa .
Kemendikbud. (2020). Modul 2 Perkembangan Anak Usia Dini. http://simdiklat.gtkpaud.kemdikbud.go.id/upload/modul_materi/3__Modul_Diklat_Dasar_2020_Perkembangan_Anak_Usia_Dini.pdf
Khaironi, & Mulianah. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Kristina, M., Sari, R. N., Pringsewu, S., & Pringsewu, S. (2021). Pengaruh Edukasi Stimulasi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JDER Journal of Dehasen Education Review, 2, 1–5.
Liyana, U. (2018). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle di TK Mutiara Bangsaku Labuhan Ratu Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/6586
Mendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Wordpress .
Muamar, Muh. Asri Hente, & Muhammad Arid. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Siswa Semester Empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Di Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal Unismuhpalu, 2124–2133. https://doi.org/10.56338/jks.v2i1.641
Mujiati. (2020). Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Menggunakan Permainan Kotak Pintar Melalui Media Bagan lepasan Pada Kelompok A Raudhatul Athfal Darussa’adah Palangka Raya [Intitut Agama Islam Negeri Palangka Raya].
Na’imah. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916
Nurhidayah, I., Gilar Gunani, R., Ramdhanie, G. G., Hidayati, N., Keperawatan, F., & Padjadjaran, U. (2020). Deteksi dan Stimulasi Perkembangan Sosial pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 3(2). https://doi.org/10.26594/jika.1.2.2020
Pentiyas, E., Sasmiati, & Gian, F. A. (2019). Penerapan Program Bilingual dan Penguasaan Bahasa Asing Pada Anak Usia Dini Bilingual Program Implementation and Children Bilingual Skill.
Poerwandari, K. (2017). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. https://lib.ui.ac.id/detail?id=120369
Purwasih, W., & Sahnan, A. (2021). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Verbal Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 85–100. https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i2.3634
Putra, A. Y., Yudiemawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. In Nursing News (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.33366/nn.v3i1.828
Putri, O. S. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/56239
Qadafi, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak di Sangkhom Islam Wittaya School saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 422. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.591
Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423
Rahwati, S., & Windarsih, C. A. (2021). Implementasi Metode Phonics Dalam Pengenalan Bahasa Inggris dan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. 4(1), 2714–4107. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/6309
Rijanti, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bercerita Denan Peta Pikiran. 3(2).
Risman Iye, A. Yusdianti Tenriawali, Susiati, Azwan, & Darwin Buton. (2020). Makna dan Fungsi Emosi Mahasiswa Kota Baubau Dalam Ranah Demonstrasi. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i1.4
Ruhaena, L. (2008). Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Pada Anak Prasekolah. Jurnal Penelitian Humaniora, 9(2), 192–206. http://hdl.handle.net/11617/601
Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/892
Silawati, E. (2018). Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10334
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sugiyono, Ed.). Alfabeta.
Susfenti Marlia, E. N. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jsga/article/view/5858