Stimulasi Kemampuan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Authors

  • Laylaa Fitriyani A’la Illiyyin Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Lisnawati Ruhaena Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5381

Keywords:

aktivitas stimulasi, kemampuan Bahasa Inggris, anak usia dini

Abstract

Mengenalkan Bahasa Inggris anak usia dini membutuhkan sebuah stimulasi yang dapat dilakukan di sekolah dan di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas stimulasi kemampuan Bahasa Inggris anak usia dini di sekolah X Yogyakarta dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian 6 guru kelas dan 1 kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas stimulasi di sekolah X Yogyakarta menggunakan metode demonstrasi melalui instruksi Bahasa Inggris sederhana. Contoh instruksi yang disampaikan: “open your hand, pray before/after study/eatingâ€, “take off your shoes on the shelfâ€. Kemampuan yang dicapai oleh anak setelah diberikan aktivitas stimulasi, anak mampu menyimak dan memahami makna instruksi yang disampaikan guru serta anak mulai berani mencoba berdialog menggunakan Bahasa Inggris. Kemampuan Bahasa Inggris anak dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi motivasi dalam diri anak dan faktor eksternal meliputi guru, karyawan sekolah, orangtua dan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, R., & Nugroho, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca dengan Materi Pokok Membaca Teks Cerita Pendek Melalui Penerapan Metode Resitasi. Journal of Education Action Research, 2(4), 421–426.

Arianti, A., Nurnaningsih, & Pratiwi, U. V. (2020, March). Habit Formation Berkomunikasi Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7608

Arumsari, D. A., Arifin Bustomi, & Rusnalasari, D. Z. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4(2), 82–170. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v4i2.3575

Asholahudin. (2020). Kompetensi Bahasa Inggris. Jurnal Horizon Pedagogia, 72–76. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jhp/article/view/10427

Dinihari, Y., Nazelliana, D., & Purwanti. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Java Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9 no.1. https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2396

EF English Proficiency Index. (2022). Daftar Peringkat Terbesar Berdasarkan Kemampuan Bahasa Inggris di Negara dan Wilayah Terbesar Dunia. 2022.

Ghasemi, B., & Hashemi, M. (2011). Foreign Language Learning During Chilhood. Procedia: Social and Behavior Sciences, 872–876. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.160

Harismi, & Asni. (2023, March). 10 Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Dengan Mudah . Https://www.Sehatq.Com/Artikel/Sejak-Usia-Berapa-Anak-Boleh-Belajar-Bahasa-Inggris-Ini-Penjelasannya

Jannah, M., Bte Abdul, N., & Hamid, S. M. (2021). The Implementation of Demonstration Method to Improve Student’s Speaking Skils in Procedure Text Article Info Abstract. Procedure Text. English Language Teaching Methodology, 1(1).

Karmila, M., Pusari, R. W., & Dewi S., A. C. (2018). Analisis Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini Pada Aspek Semantik di Semarang Multinational School. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v6i2.2109

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bangsa .

Kemendikbud. (2020). Modul 2 Perkembangan Anak Usia Dini. http://simdiklat.gtkpaud.kemdikbud.go.id/upload/modul_materi/3__Modul_Diklat_Dasar_2020_Perkembangan_Anak_Usia_Dini.pdf

Khaironi, & Mulianah. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Kristina, M., Sari, R. N., Pringsewu, S., & Pringsewu, S. (2021). Pengaruh Edukasi Stimulasi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JDER Journal of Dehasen Education Review, 2, 1–5.

Liyana, U. (2018). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle di TK Mutiara Bangsaku Labuhan Ratu Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/6586

Mendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Wordpress .

Muamar, Muh. Asri Hente, & Muhammad Arid. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Siswa Semester Empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Di Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal Unismuhpalu, 2124–2133. https://doi.org/10.56338/jks.v2i1.641

Mujiati. (2020). Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Menggunakan Permainan Kotak Pintar Melalui Media Bagan lepasan Pada Kelompok A Raudhatul Athfal Darussa’adah Palangka Raya [Intitut Agama Islam Negeri Palangka Raya].

Na’imah. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Nurhidayah, I., Gilar Gunani, R., Ramdhanie, G. G., Hidayati, N., Keperawatan, F., & Padjadjaran, U. (2020). Deteksi dan Stimulasi Perkembangan Sosial pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 3(2). https://doi.org/10.26594/jika.1.2.2020

Pentiyas, E., Sasmiati, & Gian, F. A. (2019). Penerapan Program Bilingual dan Penguasaan Bahasa Asing Pada Anak Usia Dini Bilingual Program Implementation and Children Bilingual Skill.

Poerwandari, K. (2017). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. https://lib.ui.ac.id/detail?id=120369

Purwasih, W., & Sahnan, A. (2021). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Verbal Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 85–100. https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i2.3634

Putra, A. Y., Yudiemawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. In Nursing News (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.33366/nn.v3i1.828

Putri, O. S. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/56239

Qadafi, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak di Sangkhom Islam Wittaya School saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 422. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.591

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Rahwati, S., & Windarsih, C. A. (2021). Implementasi Metode Phonics Dalam Pengenalan Bahasa Inggris dan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. 4(1), 2714–4107. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/6309

Rijanti, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bercerita Denan Peta Pikiran. 3(2).

Risman Iye, A. Yusdianti Tenriawali, Susiati, Azwan, & Darwin Buton. (2020). Makna dan Fungsi Emosi Mahasiswa Kota Baubau Dalam Ranah Demonstrasi. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i1.4

Ruhaena, L. (2008). Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Pada Anak Prasekolah. Jurnal Penelitian Humaniora, 9(2), 192–206. http://hdl.handle.net/11617/601

Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/892

Silawati, E. (2018). Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10334

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sugiyono, Ed.). Alfabeta.

Susfenti Marlia, E. N. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jsga/article/view/5858

Downloads

Published

27-05-2024

How to Cite

Illiyyin, L. F. A., & Ruhaena, L. (2024). Stimulasi Kemampuan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 343–352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5381

Issue

Section

Articles