Author
Naila Ridho Fuadah(1), Lisnawati Ruhaena(2),
Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 414KB]
Published : 2024-05-27
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 351 times PDF Downloaded: 178 timesAbstract
Membaca permulaan masih menjadi perhatian khusus terutama di Indonesia. Dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini masih didapati banyak variasi metode yang digunakan oleh guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana aktivitas stimulasi yang dilakukan oleh guru dalam mengembangakan kemampuan membaca permulaan di salah satu sekolah di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi. Tahapan penelitian yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memberikan stimulasi membaca menggunakan beberapa metode yang bervariasi yaitu dengan game, lagu, dan bercerita. Media yang digunakan dalam memberikan stimulasi yaitu flashcard dan buku bacaan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan diantaranya (1) peran guru dalam penataan kelas dan penggunaan metode stimulasi yang menyenangkan, serta mengulang-ulang pengenalan huruf (2) peran keluarga dalam mengulang dan membiasakan pengenalan huruf di sekolah seperti membacakan buku cerita sebelum tidur, (3) peran teman sebaya yang sudah lebih mengenal huruf. Implikasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis anak usia dini, perlu stimulasi yang menyenangkan.
Keywords
References
Agustika, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Center Desa JatitengahKecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalenka. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.31949/ra.v1i1.2595
Aisyah, N., Rasiman, & Dwijayanti, I. (2022). Pengembangan APE Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Menyusun Balok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9449
Aisyah, N., Ridwan, R., Huda, H., Faisol, W., & Muawanah, H. (2022). Effectiveness of Flash Card Media To Improve Early Childhood Hijaiyah Letter Recognition. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3537–3545. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2097
Aisyah, S., Yarmi, G., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393
Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakteristik Regulasi Anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan , 18(2), 132–146. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.363
Altani, A., Protopapas, A., Katopodi, K., & Georgiou, G. K. (2020). From individual word recognition to word list and text reading fluency. Journal of Educational Psychology, 112(1), 22–39. https://doi.org/10.1037/edu0000359
Amatiran, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Menggunakan media gambar kartu huruf di Paud Mekar Sari Liman. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 94–105. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.91
Baroody, A. E., & Diamond, K. E. (2016). Associations among preschool children’s classroom literacy environment, interest and engagement in literacy activities, and early reading skills. Journal of Early Childhood Research, 14(2), 146–162. https://doi.org/10.1177/1476718X14529280
Chairilsyah, D. (2020). The Teaching Of Reading The Qur’an In Early Childhood. Raudhatul Athfal : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/6800
Chandra, C., Rahman, R., Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848
Durkin, K., Lipsey, M. W., Farran, D. C., & Wiesen, S. E. (2022). Effects of a statewide pre-kindergarten program on children’s achievement and behavior through sixth grade. Developmental Psychology, 58(3), 470–484. https://doi.org/10.1037/dev0001301
Eti Hardiyanti, W., & Tuasikal Salam Mori, J. (2021). Kesiapan Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini di Era New Normal. Student Journal of Early Childhood Education, 1(1), 2021.
Fahitah, I., & Watini, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 105–117. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i01.7603
Filtri, H., Novitasari, Y., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., Lancang Kuning, U., & Inggris, B. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Media Pembelajaran Bernilai Ekonomis Berbasis Recycle System untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 813–819. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.296
Hamilton, L. G., Hayiou-Thomas, M. E., Hulme, C., & Snowling, M. J. (2016). The Home Literacy Environment as a Predictor of the Early Literacy Development of Children at Family-Risk of Dyslexia. Scientific Studies of Reading, 20(5), 401–419. https://doi.org/10.1080/10888438.2016.1213266
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Huberman, A., & Miles, M. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781412986274
Izzah, L., Nurhayati Adhani, D., & Fadjryana Fitroh, S. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel Untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di Wonorejo Glagah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 2407–4454. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/8856
Jeti, L. J., & Manan, M. (2022). Coastal parents Perceptions of the Implementation of Early Childhood Education in Buton Islands. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2656–2664. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2240
Julianingsih, D., & Isnaini, I. D. (2022). Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.110
Junika, D., Wulandari, R., & Fahmi. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 02(2), 223–226. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/771
Kurnia, S. Y., Apriliya, S., & Hidayat, S. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 9(2), 317–326. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/53160
Mahardika, E. K., Darwiyati, D., Waluyo, S., & Hafa, M. F. (2022). Evaluasi Metode Pembelajaran Melalui Permainan di Taman Kanak Kanak Kota Blitar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2745–2752. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1083
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Maronta, Y., Sutarto, J., & Isdaryanti, B. (2023). Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1142–1161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4152
Masra Tangse, U. H. (2022). Literasi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pentingnya LingkunganTerhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 6(1), 38–47. https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/76
Moedt, K., & Holmes, R. M. (2020). The effects of purposeful play after shared storybook readings on kindergarten children’s reading comprehension, creativity, and language skills and abilities. Early Child Development and Care, 190(6), 839–854. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1496914
Nadia Oktafiana, & Kasiyati. (2022). Efektivitas Media Binder Suku Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Belajar di SD Negeri 12 Pisang. Juppenkhu : Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119124
Nahdi, K., Djalilah, S. R., Suhartiwi, S., Yunitasari, D., & Lutfi, S. (2020). Perempuan sebagai sekolah pertama: koordinasi pembelajaran dari rumah era tatanan normal baru. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 1. https://doi.org/10.29210/3003608000
Nasem, Eka Dinata, N., Kurniasih, Nurjanah, & Lestary Alammy, L. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 1–14. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/317
Noviandari, A., & Gularso, D. (2022). Budaya Membaca Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sokaraja Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2880
Oktaviani, E., & Setiyono, I. E. (2022). Permainan Edukatif Smart Book sebagai Media Stimulasi Motorik Halus Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 335–342. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.387
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47. https://doi.org/10.22146/jpsi.6942
Ruhaena, L., & Moordiningsih, M. (2019). Multisensory Model: Implementation and Contribution of Home Early literacy Stimulation. Jurnal Psikologi, 46(2), 17. https://doi.org/10.22146/jpsi.39593
Setyaningsih, U., & Indrawati. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340
Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1264
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) . Alfabeta.
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 95–105. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/326
Syahreni Yenti, Dadan Suryana, & Nenny Mahyuddin. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak melalui Buku Cerita di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11469
Widiastuti, Y. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Media Manajemen Pendidikan, 5(2). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/13503
Widiyanti, D., & Darmiyanti, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Flash Card. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 16–29. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v4i2.265
Yeni Lestari, N. G. A. M. (2018). Stimulasi Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 3(2). https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/731
Yulia, D., & Suhardini, A. D. (2021). Pengembangan Metode B3 (Bernyanyi, Bercerita, & Bermain) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKQ X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i1.156
Yulia, R., Eliza, D., Kunci, K., Literasi, :, Pengembangan, ;, Berbahasa, L., Anak, ;, & Dini, U. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, V(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8437
Refbacks
- There are currently no refbacks.