Pengaruh Media Audiovisual terhadap Kemampuan Pengukuran pada Anak Usia Dini

Author


Malpaleni Satriana(1Mail), Febry Maghfirah(2), Sopia Sopia(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 430KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 278 times PDF Downloaded: 162 times

Abstract


Pengukuran adalah kemampuan matematika yang menyertakan angka untuk mengetahui ukuran suatu benda, sehingga benda tersebut dapat dibandingan dengan benda yang berbeda ataupun sejenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap kemampuan pengukuran anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen menggunakan desain one grup pre-test ang post-test dengan sampel sebanyak 18 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik menggunakan uji Liliefors, Levene dan Paired Sampel T test. Berdasarkan hasil perhitungan kemampuan pengukuran anak sebelum diberi perlakuan adalah 48,8 % masih ditingkat belum berkembang, kemudian setelah diberi perlakuan meningkat hingga 38,7 % menjadi 87,5% dan sudah ditingkat berkembang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audiovisual memberikan pengaruh terhadap kemampuan pengukuran anak usia 5-6 tahun.


Keywords


media audiovisual; kemampuan pengukuran; anak usia dini

References


Aprilianti, L., & Widayati, S. (2021). Pengembangan media kereta pintar untuk mengenal konsep lambang huruf anak usia 4-5 tahun. Jurnal Lentera Anak, 2(02). https://ejournal.unisnu.ac.id/jla/article/view/2544

Cahyaningtyas, A. S. (2020). Pembelajaran menggunakan augment reality untuk anak usia dini di indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20–37. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Grasindo.

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Fadillah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Ar-Ruzz Media.

Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarkan matematika pada anak usia dini. Muadalah, 1(2). https://doi.org/10.18592/jsga.v1i2.675

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Fleer, M. (2018). Digital animation: New conditions for children’s development in play‐based setting. British Journal of Educational Technology, 49(5), 943–958. https://doi.org/10.1111/bjet.12637

Johnston, K., Highfield, K., & Hadley, F. (2018). Supporting young children as digital citizens: The importance of shared understandings of technology to support integration in play‐based learning. British Journal of Educational Technology, 49(5), 896–910. https://doi.org/10.1111/bjet.12664

Kristanto, W. (2020). Pengembangan Film Pendek Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini Di Tk. Maarif Nu. Hasanudin, Surabaya. Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24383

Lee, S., & Choi, Y. (2022). The Effect of E-books on Young EFL Leaners’ Vocabulary Acquisition and Parents’ Perceptions of E-books. Korean Journal of English Language and Linguistics, 22, 593–617. https://doi.org/10.15738/kjell.22..202206.593

Madoi, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Outbound Di Tk Al-Fatah Kabupaten Takalar. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27135

Maghfirah, F., Satriana, M., Sagita, A. D. N., Haryani, W., Jafar, F. S., Yindayati, Y., & Norhafifah, N. (2022). Media Digital Menstimulasi Keterampilan Numerasi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6027–6034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3370

Mantilla, A., & Edwards, S. (2019). Digital technology use by and with young children: A systematic review for the Statement on Young Children and Digital Technologies. Australasian Journal of Early Childhood, 44(2), 182–195. https://doi.org/10.1177/1836939119832744

Ndijuye, L. G., & Benguye, N. D. (2023). Home environment, early reading, and math: A longitudinal study on the mediating role of family SES in transition from pre-primary to grade one. International Journal of Educational Development, 98, 102751. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102751

Nugraheni, N. (2017). Pendampingan Pembuatan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif, 8(1), 120–126.

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., & Widyastuti, T. (2021). Penerapan media audio visual berbasis video pembelajaran pada siswa kelas iv di sdn cengklong 3. Pandawa, 3(2), 396–418. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1272

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., & Kaunang, F. J. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Principles, N. (2000). Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics.

Pudjiati, S. R. R., & Masykouri, A. (2011). Mengasah kecerdasan di usia 0-2 tahun. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat

Purba, F. A. B., & Sumarsih, S. (2022). English vocabulary acquisition of seven years old children at primary school. REGISTER: Journal of English Language Teaching of FBS-Unimed, 11(2). https://doi.org/10.24114/reg.v11i2.35835

Putri, Y. F. (2021). Peningkatan Aspek Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Media Audio Visual. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 96–111. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.8967

Ramli, M. (2012). Media dan teknologi pembelajaran. Antasari Press.

Rifmasari, Y., Zein, R., & Anggraini, V. (2022). The Effect Of Audio Visual Media On The Ability To Count Of Kindergarten. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2777–2784. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1665

Saefurohman, S., Maryanti, R., Azizah, N. N., Al Husaeni, D. F., Wulandary, V., & Irawan, A. R. (2021). Efforts to increasing numeracy literacy of elementary school students through quiziz learning media. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/ajsee.v3i1.38570

Saputra, M. R., Wardhana, K. E., Effendy, R., Muthmainnah, R., & Anastasya, T. A. (2021). Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(3), 167–182. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.126

Sari, V. I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik (Media Pembelajaran dan Media Audio Visual). Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/349159/pengembangan-bahan-ajar-tematik-media-pembelajaran-dan-media-audio-visual

Satriana, M., Haryani, W., Jafar, F. S., Maghfirah, F., Sagita, A. D. N., & Sopia, F. A. S. (2022). Media Pembelajaran Digital dalam Menstimulasi Keterampilan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 408–414. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.51579

Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Ombak.

Ten Braak, D., Lenes, R., Purpura, D. J., Schmitt, S. A., & Størksen, I. (2022). Why do early mathematics skills predict later mathematics and reading achievement? The role of executive function. Journal of Experimental Child Psychology, 214, 105306. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105306

Ulfah, M., & Felicia, L. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council Of Teachers Of Mathematics (NCTM) Pada Anak. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 127–143. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5642

Undheim, M. (2022). Children and teachers engaging together with digital technology in early childhood education and care institutions: a literature review. European Early Childhood Education Research Journal, 30 (3), 472–489. https://doi.org/10.1080/1350293X.2021.1971730

Verbruggen, S., Depaepe, F., & Torbeyns, J. (2021). Effectiveness of educational technology in early mathematics education: A systematic literature review. International Journal of Child-Computer Interaction, 27, 100220. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2020.100220

Vidal-Hall, C., Flewitt, R., & Wyse, D. (2020). Early childhood practitioner beliefs about digital media: integrating technology into a child-centred classroom environment. European Early Childhood Education Research Journal, 28(2), 167–181. https://doi.org/10.1080/1350293X.2020.1735727

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D. P. Y., Muttaqin, M., & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.