Pengembangkan Kecakapan Finansial melalui Buku Literasi OJK pada Siswa TK

Author


Nurlela Nurlela(1Mail), Muhammad Fuad(2), Brastoro Brastoro(3), Farahdiba Fauzana Arfa(4), Fatin Hamama(5), Sigit Widiyarto(6),
Manajemen, STIE Tunas Nusantara Jakarta, Indonesia(1)
Ilmu Administrsi Bisnis, IBI Kwik Kian Gie, Indonesia(2)
Ilmu Administrsi Bisnis, IBI Kwik Kian Gie, Indonesia(3)
SMAN 1 Tajurhalang Kabupaten Bogor, Indonesia(4)
SMPN 1 Tajurhalang Kabupaten Bogor, Indonesia(5)
Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 498KB]  Language: id
Published : 2023-11-20
Copyright (c) 2023 Nurlela Nurlela, Muhammad Fuad, Brastoro Brastoro, Farahdiba Fauzana Arfa, Fatin Hamama, Sigit Widiyarto

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 52 times PDF Downloaded: 22 times

Abstract


Pendidikan kecakapan literasi keuangan masih memerlukan penguatan dan kerjasama antar pemerintah dan masyarakat. Hal ini perlu dilakukan, agar siswa taman kanak-kanak akan lebih sadar akan kecakapan keuangan, jika sejak dini diperkenalkan di bangku sekolah serta dibantu oleh orang tua di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk   mengetahui bagaimana cara memperkenalkan literasi keuangan melalui buku literasi pada siswa TK dan untuk mengetahui tahapan belajar literasi keuangan  pada siswa TK. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan adalah siswa TK B TK sebanyak 32 siswa. Tahapan penelitian menggunakan tahapan prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Peneliti menggunakan buku cerita gambar yang diterbitkan oleh OJK ( Otoritas Jasa Keuangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mempunyai nilai rata-rata yang lebih baik sebelum digunakan buku bergambar literasi keuangan. Para guru dan orang tua dapat memberikan pengalaman nyata dalam kecakapan literasi keuangan, seperti gemar menabung dan memilah kebutuhan dan keinginan.


Keywords


buku bergambar; literasi keuangan; siswa tk

References


Anne Gracia, R., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467

Brown, R. D. (2018). Neuroscience of Mathematical Cognitive Development. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-76409-2

Grohmann, A., Klühs, T., & Menkhoff, L. (2018). Does financial literacy improve financial inclusion? Cross country evidence. World Development, 111, 84–96. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.06.020

Hanifah, A., Maswanto, M., Mutmainah, M., Riyanti, R., Hamdan, M., & Robiah, R. (2022). Pentingnya Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di TK Islam Melati, Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Haryanti, P., Rodliyah, I., Laili, C. N., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 136–145. https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/6584

Hendarsono, D. (2020). Manajemen pelayanan keamanan masyarakat berbasis IT guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat: Program Panic Button on hand polres Malang kota. Jurnal Sosiologi Dialektika, 15(2), 108–117. https://doi.org/10.20473/jsd.v15i2.2020.108-117

Illeris, K. (2018). Learning, Development and Education. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315620565

Iradianty, A., & Badar, M. (2023). Dongeng Literasi Keuangan Anak Usia Dini Kepada Siswa Siswi TK Telkomschools Buahbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i1.495

Jayaraman, J. D., Jambunathan, S., & Adesanya, R. (2022). Preparedness of early childhood teachers to teach financial literacy: evidence from the US. Education 3-13, 50(8), 1121-1136. https://doi.org/10.1080/03004279.2021.1939399

Jumaevich, K. K., & Mengliboevna, B. D. (2021). Family Cooperation Technology in the Formation of the Concepts of Entrepreneurship and Savings in Primary School Students. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 7069–7076. https://www.annalsofrscb.ro/index.php/journal/article/view/2223

Kovács, L., & Terták, E. (2019). Financial literacy theory and evidence. Verlag Dashöfer.

Kuchciak, I., & Warwas, I. (2021). Designing a Roadmap for Human Resource Management in the Banking 4.0. Journal of Risk and Financial Management, 14(12), 615. https://doi.org/10.3390/jrfm14120615

Latifa, G. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Hidup Rukun Di Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. IAIN Negeri Batusangkar.

Lusardi, A., Mitchell, O. S., & Curto, V. (2010). Financial Literacy among the Young. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 358–380. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01173.x

Mandell, L. (2009). Starting Younger: Evidence Supporting the Effectiveness of Personal Financial Education for Pre-High School Students. NTC Research Foundation

Mangkuwinata, D. S., Safrina, E., & Haryani, H. (2023). Sosialisasi tentang Pengelolaan Keuangan Sejak Dini Melalui Pembelajaran Karakter Gemar Menabung pada Anak-Anak di Desa Lhok Krek Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Aceh Journal of Community Engagement (AJCE), 2(1), 33–37. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/ajce/article/view/2155

Marniasih, D. (2019). Analisis Perilaku Menabung Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar Negeri Ngulanan 1 Dander Kelas III. IKIP PGRI Bojonegoro.

Meidiyustiani, R. (2023). Persuasi Literasi Keuangan Untuk Anak Usia Dini Pada TK Dian Ekawanti Jakarta. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 4(1), 31–36. https://doi.org/10.32736/abdimastek/v4i1.1729

Nabila, A., Devi, A., & Indriya, I. (2021). Konseptualisasi Peran Strategis pada Pendidikan Literasi Keuangan Syariah Anak Melalui Pendekatan Systematic Review di TK RA Al-Mu’min Gunung Putri. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 79–95. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.481

Ningrum, P. W., Sari, N. D. P., Wasitaningsih, C., & Astuti, E. (2022). Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di SDIT Al Muttaqin. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 351–361. https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7468

Pamungkas, A. D. (2022). Analisis Literasi Keuangan Pada Siswa SMP Driewanti Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 171–177. https://doi.org/10.5281/zenodo.5823583

Pamungkas, A. D., & Alifah, S. (2021). Pengenalan Literasi Keuangan di SMA/K Driewanti Bekasi. SNPPM-3 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3, 313–318.

Pudjianto, S. Y., Utami, D., Hanum, A. N. A., Iriansyah, A., & Yuniarsih, R. (2022). Literasi Investasi Keuangan bagi Kaum Muda Kota Pontianak. Prosiding Semnaskom-Unram, 20–33. https://proceeding.unram.ac.id/index.php/semnaskom/article/view/172

Raut, R. K. (2020). Past behaviour, financial literacy and investment decision-making process of individual investors. International Journal of Emerging Markets, 15(6), 1243–1263. https://doi.org/10.1108/IJOEM-07-2018-0379

Rosa, I., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh literasi keuangan, pendidikan keuangan di keluarga, teman sebaya, dan kontrol diri terhadap manajemen keuangan pribadi. Jurnal Manajemen, 12(2), 244–252. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/jurnalmanajemen/article/view/7468

Sonu, D., & Marri, A. R. (2018). The Hidden Curriculum in Financial Literacy: Economics, Standards, and the Teaching of Young Children.

Suiter, M., & Meszaros, B. (2005). Teaching about saving and investing in the elementary and middle school grades. Social Education, 69(2), 92–95. https://data.unicef.org/topic/early-childhood-development/overview/

Sukmadinata. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media Group.

Swigonski, N. L., James, B., Wynns, W., & Casavan, K. (2021). Physical, mental, and financial stress impacts of COVID-19 on early childhood educators. Early Childhood Education Journal, 49(5), 799-806. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01223-z

Ulfah, M., Kuswanti, H., & Thoharudin, M. (2021). Pendidikan Literasi Keuangan Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA dan SMK Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 194–204. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3155

Ullah, S., & Yusheng, K. (2020). Financial socialization, childhood experiences and financial well-being: The mediating role of locus of control. Frontiers in Psychology, 11, 2162.

Vernia, D. M., & Widiyarto, S. (2023). Pengenalan Dasar Kewirausahaan melalui Entrepreneurship for Kids (Studi Kasus pada TK Al-Amanah). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2557-2566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4220

Waqiah, S. (2019). Analisis Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Pada PelakuPasar Komunitas Perempua Jember (Study Kasus Komunitas Pasar Kita). Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/20478

Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663


Refbacks

  • There are currently no refbacks.