- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangkan Kecakapan Finansial melalui Buku Literasi OJK pada Siswa TK
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5376Keywords:
buku bergambar, literasi keuangan, siswa tkAbstract
Pendidikan kecakapan literasi keuangan masih memerlukan penguatan dan kerjasama antar pemerintah dan masyarakat. Hal ini perlu dilakukan, agar siswa taman kanak-kanak akan lebih sadar akan kecakapan keuangan, jika sejak dini diperkenalkan di bangku sekolah serta dibantu oleh orang tua di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui bagaimana cara memperkenalkan literasi keuangan melalui buku literasi pada siswa TK dan untuk mengetahui tahapan belajar literasi keuangan pada siswa TK. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan adalah siswa TK B TK sebanyak 32 siswa. Tahapan penelitian menggunakan tahapan prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Peneliti menggunakan buku cerita gambar yang diterbitkan oleh OJK ( Otoritas Jasa Keuangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mempunyai nilai rata-rata yang lebih baik sebelum digunakan buku bergambar literasi keuangan. Para guru dan orang tua dapat memberikan pengalaman nyata dalam kecakapan literasi keuangan, seperti gemar menabung dan memilah kebutuhan dan keinginan.
Downloads
References
Anne Gracia, R., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467
Brown, R. D. (2018). Neuroscience of Mathematical Cognitive Development. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-76409-2
Grohmann, A., Klühs, T., & Menkhoff, L. (2018). Does financial literacy improve financial inclusion? Cross country evidence. World Development, 111, 84–96. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.06.020
Hanifah, A., Maswanto, M., Mutmainah, M., Riyanti, R., Hamdan, M., & Robiah, R. (2022). Pentingnya Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di TK Islam Melati, Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Haryanti, P., Rodliyah, I., Laili, C. N., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 136–145. https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/6584
Hendarsono, D. (2020). Manajemen pelayanan keamanan masyarakat berbasis IT guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat: Program Panic Button on hand polres Malang kota. Jurnal Sosiologi Dialektika, 15(2), 108–117. https://doi.org/10.20473/jsd.v15i2.2020.108-117
Illeris, K. (2018). Learning, Development and Education. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315620565
Iradianty, A., & Badar, M. (2023). Dongeng Literasi Keuangan Anak Usia Dini Kepada Siswa Siswi TK Telkomschools Buahbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i1.495
Jayaraman, J. D., Jambunathan, S., & Adesanya, R. (2022). Preparedness of early childhood teachers to teach financial literacy: evidence from the US. Education 3-13, 50(8), 1121-1136. https://doi.org/10.1080/03004279.2021.1939399
Jumaevich, K. K., & Mengliboevna, B. D. (2021). Family Cooperation Technology in the Formation of the Concepts of Entrepreneurship and Savings in Primary School Students. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 7069–7076. https://www.annalsofrscb.ro/index.php/journal/article/view/2223
Kovács, L., & Terták, E. (2019). Financial literacy theory and evidence. Verlag Dashöfer.
Kuchciak, I., & Warwas, I. (2021). Designing a Roadmap for Human Resource Management in the Banking 4.0. Journal of Risk and Financial Management, 14(12), 615. https://doi.org/10.3390/jrfm14120615
Latifa, G. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Hidup Rukun Di Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. IAIN Negeri Batusangkar.
Lusardi, A., Mitchell, O. S., & Curto, V. (2010). Financial Literacy among the Young. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 358–380. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01173.x
Mandell, L. (2009). Starting Younger: Evidence Supporting the Effectiveness of Personal Financial Education for Pre-High School Students. NTC Research Foundation
Mangkuwinata, D. S., Safrina, E., & Haryani, H. (2023). Sosialisasi tentang Pengelolaan Keuangan Sejak Dini Melalui Pembelajaran Karakter Gemar Menabung pada Anak-Anak di Desa Lhok Krek Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Aceh Journal of Community Engagement (AJCE), 2(1), 33–37. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/ajce/article/view/2155
Marniasih, D. (2019). Analisis Perilaku Menabung Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar Negeri Ngulanan 1 Dander Kelas III. IKIP PGRI Bojonegoro.
Meidiyustiani, R. (2023). Persuasi Literasi Keuangan Untuk Anak Usia Dini Pada TK Dian Ekawanti Jakarta. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 4(1), 31–36. https://doi.org/10.32736/abdimastek/v4i1.1729
Nabila, A., Devi, A., & Indriya, I. (2021). Konseptualisasi Peran Strategis pada Pendidikan Literasi Keuangan Syariah Anak Melalui Pendekatan Systematic Review di TK RA Al-Mu’min Gunung Putri. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 79–95. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.481
Ningrum, P. W., Sari, N. D. P., Wasitaningsih, C., & Astuti, E. (2022). Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di SDIT Al Muttaqin. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 351–361. https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7468
Pamungkas, A. D. (2022). Analisis Literasi Keuangan Pada Siswa SMP Driewanti Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 171–177. https://doi.org/10.5281/zenodo.5823583
Pamungkas, A. D., & Alifah, S. (2021). Pengenalan Literasi Keuangan di SMA/K Driewanti Bekasi. SNPPM-3 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3, 313–318.
Pudjianto, S. Y., Utami, D., Hanum, A. N. A., Iriansyah, A., & Yuniarsih, R. (2022). Literasi Investasi Keuangan bagi Kaum Muda Kota Pontianak. Prosiding Semnaskom-Unram, 20–33. https://proceeding.unram.ac.id/index.php/semnaskom/article/view/172
Raut, R. K. (2020). Past behaviour, financial literacy and investment decision-making process of individual investors. International Journal of Emerging Markets, 15(6), 1243–1263. https://doi.org/10.1108/IJOEM-07-2018-0379
Rosa, I., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh literasi keuangan, pendidikan keuangan di keluarga, teman sebaya, dan kontrol diri terhadap manajemen keuangan pribadi. Jurnal Manajemen, 12(2), 244–252. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/jurnalmanajemen/article/view/7468
Sonu, D., & Marri, A. R. (2018). The Hidden Curriculum in Financial Literacy: Economics, Standards, and the Teaching of Young Children.
Suiter, M., & Meszaros, B. (2005). Teaching about saving and investing in the elementary and middle school grades. Social Education, 69(2), 92–95. https://data.unicef.org/topic/early-childhood-development/overview/
Sukmadinata. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media Group.
Swigonski, N. L., James, B., Wynns, W., & Casavan, K. (2021). Physical, mental, and financial stress impacts of COVID-19 on early childhood educators. Early Childhood Education Journal, 49(5), 799-806. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01223-z
Ulfah, M., Kuswanti, H., & Thoharudin, M. (2021). Pendidikan Literasi Keuangan Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA dan SMK Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 194–204. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3155
Ullah, S., & Yusheng, K. (2020). Financial socialization, childhood experiences and financial well-being: The mediating role of locus of control. Frontiers in Psychology, 11, 2162.
Vernia, D. M., & Widiyarto, S. (2023). Pengenalan Dasar Kewirausahaan melalui Entrepreneurship for Kids (Studi Kasus pada TK Al-Amanah). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2557-2566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4220
Waqiah, S. (2019). Analisis Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Pada PelakuPasar Komunitas Perempua Jember (Study Kasus Komunitas Pasar Kita). Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/20478
Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663