Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Karakter Anak Usia Dini

Author


Ghidza Farhana(1Mail), Nur Cholimah(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 588KB]

Published : 2024-05-04

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 66 times PDF Downloaded: 8 times

Abstract


Penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila masih dilakukan secara terbatas, terdapat kesenjangan dalam pemahaman guru dalam melaksanakan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya peningakatan karakter anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yaitu anak kelompok B, satu kepala sekolah, dan enam guru kelas kelompok B serta modul proyek penguatan profil pelajar pancasila. Teknik analisis model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila dapat meningkatkan dimensi karakter profil pelajar pancasila pada peserta didik terutama beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, bergotong royong, dan kreatif.


Keywords


anak usia dini; karakter; proyek penguatan profil pelajar pancasila

References


Aditomo, A. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf

Annisa, F., Karmelia, M., & Maulia, S. T. (2023). Penerapan Pembelajaran Inovatif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa. Journal on Education, 05(04), 13748–13757. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2386

Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Journal of Psychology and Child Development, 3(2), 69–79. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v3i2.3241

Aryani, N., & Rahayu, S. (2023). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PAUD untuk Memfasilitasi Profil Pelajar Pancasila. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 7(1), 50–60. http:/journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/3273

Aulia, D., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122–133. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923

Budiharti, R., & Aristiyaningsih, L. (2016). Syntax construct validity of project based learning ofglobal warming material. Prosiding ICTTE FKIP UNS 2015, 1(1), 897–903. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ictte/article/view/8479

Cahyaningrum, D. E., & Diana. (2023). Proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai implementasi kurikulum merdeka di lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Daga, A. T. (2022). Penguatan Peran Guru dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary Scholl Educarion Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 1–24. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9120

Farida, S. I., Tajuddien, R., & Dumarya Manik, C. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Murid MTs. Baitis Salmah Ciputat dalam Menciptakan Generasi Sumber Daya Manusia yang Unggul. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(2), 91–105. https://doi.org/10.33753/ijse.v3i2.84

Fitroh, S. F., Oktavianingsih, E., & Mahbubah, N. A. (2023). Efektivitas Ronggosukowati Educorner sebagai Media Pembelajaran Stimulasi Pengetahuan Anak Tentang Batik pada Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka di PAUD. 7(2), 1676–1685. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3865

Hamzah, R. A. (2023). Pendampingan Kepala Sekolah Dan Guru SD Pada Lokakarya Kurikulum 2 Projek Penguatan “Profil Pelajar Pancasila” Tahun Kedua Di Kabupaten Soppeng. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v2i1.17830

Hidayanto, N. E., Hariyanto, & H.B.A, J. (2023). Strategi Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 246–253. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1226.

Hsin, C. T., & Wu, H. K. (2023). Implementing a Project-Based Learning Module in Urban and Indigenous Areas to Promote Young Children’s Scientific Practices. Research in Science Education, 53(1), 37–57. https://doi.org/10.1007/s11165-022-10043-z

Idayanti, S. (2023). Analisis kesesuaian P5P2RA dengan prinsip pelaksanaan dan dampaknya terhadap perilaku peserta didik. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(1), 48–66. https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.228

Indrianti, M. W. R., Rulviana, V., & Budyartati, S. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Penanaman Nilai Karakter Siswa Kelas IV SDN 4 Kedung Banteng Kabupaten Ponorogo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1177–1189. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID%0AImplementasi

Kardiyem, Arsyad, M., & Mukoyimah, S. (2023). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka : Kajian Filsafat Pendidikan Barat dan Timur Serta Realitasnya. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 291–302. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.57668

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Mimin, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dengan Kurikulum PAUD : Strategi Mewujudkan Siswa PAUD Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age, 7(01), 93–104. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18336

Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila DItinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5, 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324.

Nasution, F. A. (2023). Metode penelitian kualitatif. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. CV. Harfa Creative. http://repository.uinsu.ac.id/19091/

Nurdyansyah, F., Muflihati, I., Muliani Dwi Ujianti, R., Novita, M., Kusumo, H., Mujiono, & Charles Ryan, J. (2022). Indonesian Character Building Strategy: Planning the Pancasila Student Profile Strengthening Project in Kurikulum Merdeka. KnE Social Sciences, 2022(1), 362–369. https://doi.org/10.18502/kss.v7i19.12456

Rahayu, W. A., Setiawati, M., & Ikhwan. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ): Kearifan Lokal Di SMP Negeri 4 Kubung Kabupaten Solok. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5), 337–346. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.2083

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basiceduasicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan Merancang Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Sdn 6 Peusangan Selatan Melalui in House Training Sekolah Penggerak. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574–1580. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6878

Rizal, M., Najmuddin, Iqbal, M., & Zahriyanti. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 6924–6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415

Sholihah, I. M., Muhammad, F., & Fauziati, E. (2023). Merdeka Belajar dalam Perspektif Eksistensialisme Jean Paul Sartre. Jurnal Pendidikan, 32(1), 11–18. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3238

Sofiasyari, I., Atmaja, H., & Suhandini, P. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 734–743. https://proceeding.unnes.ac.id

Sudira, P. (2020). Paradigma baru pembelajaran vokasional era revolusi industri 4.0 membangun SDM digital among kreativitas dagang inovasi. UNY Press.

Sunanda, R., Wardiah, D., & Pratama, A. (2023). Analisis Perubahan Dampak Pandemi Covid-19 dalam Proses Mewujudkan Karakter pada Pelajar Pancasila. Journal on Education, 06(01), 4157–4168. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3339.

Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Junal TEKNODIK, 25(2), 155–168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatakan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Wahyudi, A. E., Sunarni, & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pacasila di Sekolah Dasar. 8(2), 179–190. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8532

Wati, R., & Alhudawi, U. (2023). Profil pelajar pancasila dalam mengembangkan kreativitas pembelajaran PPkn. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.37755/jspk.v12i1.796

Widiyani, K. (2023). Implementasi Kebhinekaan Tunggal Ika dan Sila-Sila Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 150–158. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.223

Yuliani, W. (2020). Metode Penelitian Deskriptif dalam Prespektif Bimbingan Konseling. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v4i1p44-51.1709


Refbacks

  • There are currently no refbacks.