Author
Pitalis Mawardi(1), Ihsan Nurhakim(2), Ivan Veriansyah(3),
Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia(1)
Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia(2)
Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-11-20
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 538 times PDF Downloaded: 308 timesAbstract
Kemajuan teknologi yang pesat di berbagai bidang memunculkan dampak pada lingkungan, baik yang secara positif maupun negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi karakteristik, efektivitas, dan efisiensi program dalam hal peningkatan pemahaman siswa terhadap literasi lingkungan yang diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah. Metodologi model penelitian dan pengembangan (R&D) 4-D yang digunakan adalah salah satu yang dikembangkan Thiagarajan. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 39 Sungai Raya, serta instrumen pengumpulan data berupa observasi dan angket yang divalidasi oleh staf akademik, desain, bahasa, dan dokumentasi. Hasil analisis ahli materi menunjukkan bahwa lingkungan literasi yang dikembangkan telah berhasil menghilangkan kriteria tertentu dalam bidang substansi, pendidikan, bahasa, dan desain. Efisiensi modul diukur menggunakan uji-t dan N-Gain (selisih skor sebelum dan sesudah tes). Hasil percobaan menunjukkan hasil belajar meningkat sebesar 0,512% selama percobaan, dan hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan.
Keywords
References
Adlika, N. M. (2020). Analisis Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 45. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1979
Al Idrus, S. W., & Rahmawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Awal Literasi Lingkungan Mahasiswa dalam Pembelajaran Kimia Lingkungan. ANWARUL, 1(1), 242–253. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.222
Amini, R., & Munandar, A. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Berbasis Outdoor Terhadap Penguasaan Konsep Pendidikan Lingkungan Bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 14–21.
Anggereini, E. (2017). Pengembangan E- Modul Pembelajaran Lingkungan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai Perilaku Pro Environmental dengan Aplikasi 3D Pageflip Profesional untuk Siswa SMA Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Hidup Berkelanjutan (Sustainable Environment). BIODIK, 3(2), 81–91. https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5499
Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era DigitalUntuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP, 1(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27
Asrizal, Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2018). The development of integrated science instructional materials to improve students’ digital literacy in scientific approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 442–450. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.13613
Desnita, D., Fadilah, N., & Budi, E. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan “Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung” untuk Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 97. https://doi.org/10.21009/1.02213
Hamdani, H., Yanto, D. T. P., & Maulana, R. (2019). Validitas Modul Tutorial Gambar Teknik dan Listrik dengan Autocad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 83–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.491
Hanafi, Y., Aprilia, N., Nurusman, A. A., Purwanto, A., Nadiroh, N., & Budi, S. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Literasi Lingkungan Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP, 5(2), 174–180. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/604
Kaya, V., & Elster, D. (2019). A Critical Consideration of Environmental Literacy: Concepts, Contexts, and Competencies. Sustainability, 11(6), 1581. https://doi.org/10.3390/su11061581
Kurniati, A., Dike, D., & Parida, L. (2021). Pengembangan Literasi Lingkungan untuk Membangun Sekolah Sehat dan Hijau di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 2(2), 223–230. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.243
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA Di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://jom.untidar.ac.id/index.php/ijnse/article/view/255
Locke, S., Russo, R., & Montoya, C. (2013). Environmental education and eco-literacy as tools of education for sustainable development. Journal of Sustainability Education, 4(January), 10.
Maesaroh, S., Bahagia, B., & Kamalludin, K. (2021). Strategi Menumbuhkan Literasi Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 1998–2007. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1048
Marlina, R., Hardigaluh, B., & Yokhebed, M. (2015). Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Potensi Lokal Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 94. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.569
Maslamah, A., Agustina, N., & Nurozi, A. (2020). Pelatihan Literasi Lingkungan dan Pengolahan Sampah Plastik untuk Kerajinan di SDN Krawitan Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 2(1), 381–390. https://doi.org/10.20885/tullab.vol2.iss1.art14
McBeth, W., & Volk, T. (2009). The national environmental literacy project: A baseline study of middle grade students in the United States. Journal of Environmental Education, 41(1), 55–67. https://doi.org/10.1080/00958960903210031
NAAEE. (2011). Developing a Framework for Assessing Environmental Literacy: Executive Summary Development Team. In North American Association for Environmental Education. http://www.naaee.net/framework
Nasution. (2016). Analisis Literasi Lingkungan Siswa Sma Kelas X Di Samboja Dalam Pembelajaran Biologi. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia,.
Nugraha*, F., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 15–35. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744
Patriana, W. R. (2020). New Enviromental Paradigma (Nep) Dalam Mengukur Kesiapan Berperilaku Ramah Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Di Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i1.1941
Patrisiana, P., Dike, D., & Wibowo, D. C. (2020). Pelaksanaan Literasi Lingkungan Di Sd Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 195–208. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i2.939
Riyadi, S., & Qamar, K. (2020). Efektivitas E-Modul Analisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 31–40. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554
Sariani, N., Muryani, C., & Rindarjono, M. G. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Peduli Lingkungan Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS Bina Utama Pontianak. Jurnal GeoEco, 3(1), 40–46. https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8996
Setyowati, R & Parmin, A. W. (2013). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/2031
Setyowati, R., Parmin, P., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Modul Ipa Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa Smk N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(245–253). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/2031
Singleton, J. (2017). Environmental Literacy And Sustainability Values: A Content Analysis Of Environmental Education Standards. Eco-Thinking, 1(1). https://journals.lib.sfu.ca/index.php/journal/article/view/984
Sugiyanto, S., Kartika, I., & Purwanto, J. (2012). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat dengan Tema Teknologi Biogas. Jurnal Kependidikan, 42(1), 54–60. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2232
Sukmawan, S., & Nurmansyah, M. A. (2012). Etika Lingkungan Dalam Folklor Masyarakat Desa Tengger. Literasi, 2(1), 88–95. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LIT/article/view/6081
Syofriani, S., Syofyan, E., & Marwan, M. (2018). The Effect of Tutorial Video Use and Prerequisite Skills on Studentsr MYOB Accounting Performance. MYOB Accounting Performance. In PICEEBA, 57, 636–641. https://doi.org/10.2991/piceeba-18.2018.16
Syofyan, H., Rosyid, A., Amir, T. L., & Elvianasti, M. (2020). Application of Value Approaches in Science Learning for Elementary School Teacher Education Students. International Journal of Advanced Science and Technology, 25(5), 8978–8981. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/18743
Thomson, J. (2013). Analysis of The NEP Resul. https://www.waikatoregion.govt.nz/services/publications/tr201311
Utami, I. B. (2015). Implementasi Pendekatansaintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas Ii Sdn Prembulan, Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).
Wulandari, Y. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049
Refbacks
- There are currently no refbacks.