Pengembangan Modul Literasi Lingkungan melalui Program Sekolah di Sekolah Dasar

Author


Pitalis Mawardi(1), Ihsan Nurhakim(2Mail), Ivan Veriansyah(3),
Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia(1)
Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia(2)
Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 354KB]

Published : 2023-11-20

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 357 times PDF Downloaded: 266 times

Abstract


Kemajuan teknologi yang pesat di berbagai bidang memunculkan dampak pada lingkungan, baik yang secara positif maupun negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi karakteristik, efektivitas, dan efisiensi program dalam hal peningkatan pemahaman siswa terhadap literasi lingkungan yang diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah. Metodologi model penelitian dan pengembangan (R&D) 4-D yang digunakan adalah salah satu yang dikembangkan Thiagarajan. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 39 Sungai Raya, serta instrumen pengumpulan data berupa observasi dan angket yang divalidasi oleh staf akademik, desain, bahasa, dan dokumentasi. Hasil analisis ahli materi menunjukkan bahwa lingkungan literasi yang dikembangkan telah berhasil menghilangkan kriteria tertentu dalam bidang substansi, pendidikan, bahasa, dan desain. Efisiensi modul diukur menggunakan uji-t dan N-Gain (selisih skor sebelum dan sesudah tes). Hasil percobaan menunjukkan hasil belajar meningkat sebesar 0,512% selama percobaan, dan hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan.


Keywords


pengembangan literasi lingkungan; program sekolah; sekolah dasar

References


Adlika, N. M. (2020). Analisis Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 45. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1979

Al Idrus, S. W., & Rahmawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Awal Literasi Lingkungan Mahasiswa dalam Pembelajaran Kimia Lingkungan. ANWARUL, 1(1), 242–253. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.222

Amini, R., & Munandar, A. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Berbasis Outdoor Terhadap Penguasaan Konsep Pendidikan Lingkungan Bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 14–21.

Anggereini, E. (2017). Pengembangan E- Modul Pembelajaran Lingkungan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai Perilaku Pro Environmental dengan Aplikasi 3D Pageflip Profesional untuk Siswa SMA Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Hidup Berkelanjutan (Sustainable Environment). BIODIK, 3(2), 81–91. https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5499

Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era DigitalUntuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP, 1(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27

Asrizal, Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2018). The development of integrated science instructional materials to improve students’ digital literacy in scientific approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 442–450. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.13613

Desnita, D., Fadilah, N., & Budi, E. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan “Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung” untuk Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 97. https://doi.org/10.21009/1.02213

Hamdani, H., Yanto, D. T. P., & Maulana, R. (2019). Validitas Modul Tutorial Gambar Teknik dan Listrik dengan Autocad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 83–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.491

Hanafi, Y., Aprilia, N., Nurusman, A. A., Purwanto, A., Nadiroh, N., & Budi, S. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Literasi Lingkungan Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP, 5(2), 174–180. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/604

Kaya, V., & Elster, D. (2019). A Critical Consideration of Environmental Literacy: Concepts, Contexts, and Competencies. Sustainability, 11(6), 1581. https://doi.org/10.3390/su11061581

Kurniati, A., Dike, D., & Parida, L. (2021). Pengembangan Literasi Lingkungan untuk Membangun Sekolah Sehat dan Hijau di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 2(2), 223–230. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.243

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA Di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://jom.untidar.ac.id/index.php/ijnse/article/view/255

Locke, S., Russo, R., & Montoya, C. (2013). Environmental education and eco-literacy as tools of education for sustainable development. Journal of Sustainability Education, 4(January), 10.

Maesaroh, S., Bahagia, B., & Kamalludin, K. (2021). Strategi Menumbuhkan Literasi Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 1998–2007. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1048

Marlina, R., Hardigaluh, B., & Yokhebed, M. (2015). Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Potensi Lokal Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 94. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.569

Maslamah, A., Agustina, N., & Nurozi, A. (2020). Pelatihan Literasi Lingkungan dan Pengolahan Sampah Plastik untuk Kerajinan di SDN Krawitan Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 2(1), 381–390. https://doi.org/10.20885/tullab.vol2.iss1.art14

McBeth, W., & Volk, T. (2009). The national environmental literacy project: A baseline study of middle grade students in the United States. Journal of Environmental Education, 41(1), 55–67. https://doi.org/10.1080/00958960903210031

NAAEE. (2011). Developing a Framework for Assessing Environmental Literacy: Executive Summary Development Team. In North American Association for Environmental Education. http://www.naaee.net/framework

Nasution. (2016). Analisis Literasi Lingkungan Siswa Sma Kelas X Di Samboja Dalam Pembelajaran Biologi. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia,.

Nugraha*, F., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 15–35. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744

Patriana, W. R. (2020). New Enviromental Paradigma (Nep) Dalam Mengukur Kesiapan Berperilaku Ramah Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Di Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i1.1941

Patrisiana, P., Dike, D., & Wibowo, D. C. (2020). Pelaksanaan Literasi Lingkungan Di Sd Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 195–208. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i2.939

Riyadi, S., & Qamar, K. (2020). Efektivitas E-Modul Analisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 31–40. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554

Sariani, N., Muryani, C., & Rindarjono, M. G. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Peduli Lingkungan Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS Bina Utama Pontianak. Jurnal GeoEco, 3(1), 40–46. https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8996

Setyowati, R & Parmin, A. W. (2013). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/2031

Setyowati, R., Parmin, P., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Modul Ipa Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa Smk N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(245–253). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/2031

Singleton, J. (2017). Environmental Literacy And Sustainability Values: A Content Analysis Of Environmental Education Standards. Eco-Thinking, 1(1). https://journals.lib.sfu.ca/index.php/journal/article/view/984

Sugiyanto, S., Kartika, I., & Purwanto, J. (2012). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat dengan Tema Teknologi Biogas. Jurnal Kependidikan, 42(1), 54–60. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2232

Sukmawan, S., & Nurmansyah, M. A. (2012). Etika Lingkungan Dalam Folklor Masyarakat Desa Tengger. Literasi, 2(1), 88–95. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LIT/article/view/6081

Syofriani, S., Syofyan, E., & Marwan, M. (2018). The Effect of Tutorial Video Use and Prerequisite Skills on Studentsr MYOB Accounting Performance. MYOB Accounting Performance. In PICEEBA, 57, 636–641. https://doi.org/10.2991/piceeba-18.2018.16

Syofyan, H., Rosyid, A., Amir, T. L., & Elvianasti, M. (2020). Application of Value Approaches in Science Learning for Elementary School Teacher Education Students. International Journal of Advanced Science and Technology, 25(5), 8978–8981. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/18743

Thomson, J. (2013). Analysis of The NEP Resul. https://www.waikatoregion.govt.nz/services/publications/tr201311

Utami, I. B. (2015). Implementasi Pendekatansaintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas Ii Sdn Prembulan, Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).

Wulandari, Y. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049


Refbacks

  • There are currently no refbacks.