Abstract
Kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran SBdP SD mendorong perlunya penerapan model pembelajaran inovatif guna meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk meningkatkan hasil belajar SBdP melalui penerapan model quantum teaching dengan media konkret. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas III yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan serta satu guru kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum teaching dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar SBdP pada kelas III. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I = 77,77, siklus II = 88,88%, dan siklus III = 94,44%. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model quantum teaching dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran SBdP.