- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Model Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Prakarya Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5349Keywords:
hasil belajar, quantum teaching, seni budaya dan prakaryaAbstract
Kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran SBdP SD mendorong perlunya penerapan model pembelajaran inovatif guna meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk meningkatkan hasil belajar SBdP melalui penerapan model quantum teaching dengan media konkret. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas III yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan serta satu guru kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum teaching dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar SBdP pada kelas III. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I = 77,77, siklus II = 88,88%, dan siklus III = 94,44%. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model quantum teaching dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran SBdP.
Downloads
References
Alharis, Z., Zufriady, & Lazim, N. (2021). Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas IV A SD Swasta Cendana Rumbai. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(3), 663–674. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i3.8023
Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 372–379. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363
Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/17449871209272
Choirudin, C., Anwar, M. S., Azizah, I. N., Wawan, W., & Wahyudi, A. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kaligrafi dengan Pendekatan Guided Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(1), 52. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.6738
Darmayanti, R., Nguyen, T., & Serpe, A. (2023). Gema Cow-Pu: Development of Mathematical Crossword Puzzle Learning Media on Geometry Material on Middle School Students’ Critical Thinking Ability. Assyfa Learning Journal, 1(1), 37–48. https://www.journal.assyfa.com/alj/article/view/1
DePorter, B. (2014). Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di ruang-ruang kelas). Penerbit Kaifa.
Dewi, S. E. K., Septikasari, R., & Sulistyowati, S. (2020). Pendampingan Pembuatan Karya Seni Berupa Kolase, Montase dan Mozaik pada Anak Kelas Tinggi Pendidikan Dasar. Jurnal Indonesia Mengabdi, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.30599/jimi.v2i1.942
Fa’ani, A. M., Sutopo, & Aryuna, D. R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Melalui Model Quantum Learning pada Siswa Kelas VIII-H SMPN 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika SOLUSI, 3(1), 70–79. https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v3i1.37694
Fauza, M. R., Inganah, S., Darmayanti, R., Prasetyo, B. A. M., & Lony, A. (2022). Problem Solving Ability: Strategy Analysis of Working Backwards Based on Polya Steps for Middle School Students YALC Pasuruan. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 353–363. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13338
Fauzi, A. M., & Noviartati, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3). https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26066
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Inganah, S., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2023). Problems, Solutions, and Expectations: 6C Integration of 21 st Century Education into Learning Mathematics. JEMS (Journal of Mathematics and Science Education), 11(1), 220–238. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14646
Jayanti, E. F., Choirudin, & Anwar, M. S. (2023). Application of the Mind Mapping Learning Model to Improve Understanding of Mathematics Concepts in Building Space Materials. Delta-Phi : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43–56. https://www.journal.assyfa.com/index.php/dpjpm/article/view/55
Johar, R., & Latifah, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar: untuk Menjadi Guru yang Profesional. Syiah Kuala University Press.
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1), 214–219. https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.193
Lestari, P., & Hudaya, A. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 5(1), 45–60. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387
Made, N., Suryaningsih, A., Cahaya, I. M. E., & Endah, C. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Steam terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1887–1896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4299
McNiff, J. (1992). Action Reaseach Principles. Routledge.
Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods Sourcebook (3rd Edition). In SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1177/239700221402800402
Mingliang, Z., & Simos, T. E. (2021). A new improved economical finite difference method for problems in quantum chemistry. Journal of Mathematical Chemistry, 59(7). https://doi.org/10.1007/s10910-021-01252-4
Missa, H., & Boy Baunsele, A. (2021). Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Katolik Sint Aloysius Niki-Niki Kabupaten Timor Tengah Selatan. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 93–104. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2011
Muhammad, I., Darmayanti, R., & Arif, V. R. (2023). Discovery Learning Research in Mathematics Learning. Delta-Phi : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 72– 84. https://www.journal.assyfa.com/index.php/dpjpm/article/view/77
Muslikah, & Rusnilawati. (2022). Penerapan Model Quantum Learning dengan Media Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Anak Disgrafia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6537–6548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3327
Mustajib, H. N., Mukhadis, A., & Purwanto, E. E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Pada Program Studi Teknik Kendaraan Ringan Berdasarkan Persepsi Guru Dan Siswa Di Smk. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 110–118. https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p110
Mustakim, A., Wawan, Choirudin, Ngaliyah, J., & Darmayanti, R. (2023). Quantum Teaching Model: Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. PTK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 10–18. https://www.journal.assyfa.com/jptk/article/view/54
Nahar, S., Suhendri, Zailani, & Hardivizon. (2022). Improving Students ’ Collaboration Thinking Implementation of the Quantum Teaching Model Skill Under. International Journal of Instruction, 15(3), 451–464. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15325a
Öğrenme, K., İlköğretim, Y., Sınıf, Ö., Fen Başarısı, K., Ve Tutumlarına, E., İncelenmesi, M., Bahaddin, A., & Ay, Y. (2014). An Investigation the Effect of Quantum Learning Approach on Primary School 7th Grade Students’ Science Achievement, Retention and Attitude. Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education, 5(2), 11–23. http://ijrte.inased.org/makale_indir/145
Purba, T. N. (2021). Implementasi Metode Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 45–54. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.45-54
Rachman, R. I., Ismaimuza, D., & Jaeng, M. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII. Aksioma, 4. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax/article/view/127
Rahmah, K., Inganah, S., Darmayanti, R., Sugianto, R., & Ningsih, E. F. (2022). Analysis of Mathematics Problem Solving Ability of Junior High School Students Based on APOS Theory Viewed from the Type of Kolb Learning Style. INdoMATH: Indonesia Mathematics Education, 5(2), 109–122. http://dx.doi.org/10.30738/indomath.v5i2.25
Ramadhani, M. I., & Ayriza, Y. (2019). The effectiveness of quantum teaching learning model on improving the critical thinking skills and the social science concept understanding of the elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.11291 https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.11291
Rohimah, D. F., Suprapta, B., & Agung, D. A. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Tipe TANDUR terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, 4(9), 1229–1236. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Santiago, P. V. (2023). Didactic Engineering Supporting the Use of Gamification Applied to the Teaching of Arithmetic Operations. Delta-Phi : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 57–71. http://www.journal.com/index.php/dpjpm
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796
Sekaryanti, R., Cholily, Y. M., Darmayanti, R., Rahma, K., Prasetyo, B., & Maryanto, A. (2022). Analysis of Written Mathematics Communication Skills in Solving Solo Taxonomy Assisted Problems. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 395–403. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13707
Sidauruk, R. (2020). Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia melalui metode Demonstrasi. Jurnal Global Edukasi, 4(2), 131–136. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE%0APENDAHULUAN
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764
Silki, N., Witono, A. H., & Affandi, L. H. (2021). Karakteristik Keefektifan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar (Literature Review). Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 85–89. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/79
Sugianto, R., Cholily, Y. M., Darmayanti, R., Rahmah, K., & Hasanah, N. (2022). Development of Rainbow Mathematics Card in TGT Learning Model for Increasing Mathematics Communication Ability. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 221–234. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano
Suryanti, W., & Yunianta, T. N. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Getasan. JMP Online, 2(1), 148–159. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/16521
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Tafonao, T. (2018). Penerapan Motode Pengajaran Efektif Application Of Effective Teaching Methods BY. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 2541–0261. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.73
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Utomo, D., Amaliyah, T., Darmayanti, R., Usmiyatun, U., & Choirudin, C. (2023). Students’ Intuitive Thinking Process in Solving Geometry Tasks from the Van Hiele Level. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 7(1), 139–149. https://doi.org/10.31764/jtam.v7i1.11528
Wati, S. N. Q., & Utami, R. D. (2022). Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Quantum Teaching. Jurnal Basicedu, 6(3), 4539–4548. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2871
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.
Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96–102. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369
Wu, B., Chen, H., & Luo, Z. (2021). Board games for quantum computers. Science China Information Sciences, 64(2). xhttps://doi.org/10.1007/s11432-020-3038-
Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar biologi siswa sms islam terpadu al-fityan gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3455
Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261
Yusuf, A., & Nurhidayatullah, N. (2019). Pengembangan Model Bimbingan Belajar Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(2), 99. https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i2.459
Zahrina, H. A. (2019). Penggunaan Model Direct Instruction terhadap Hasil Belajar SBdP pada Materi Montase di Kelas IV SD Negeri Pamulang Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 211–222. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v6i1.13053