- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5346Keywords:
kreativitas anak, pembelajaran berbasis steam, anak usia diniAbstract
Pembelajaran Abad ke-21 umumnya sudah berbasis keterampilan serta teknologi yang menjadi tantangan bagi dunia pendidikan di Indonesia terutama menyangkut kreativitas. Pendekatan STEAM dapat mendorong aspek perkembangan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak pada anak usia dini melalui implementasi pembelajaran berbasis STEAM. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas. Data diperoleh melalui observasi dan unjuk kerja. Tindakan yang dilakukan berupa pembelajaran berbasis STEAM. Kegiatan main dilakukan dengan kegiatan 5M sesuai tema, menggunakan alat dan bahan yang telah tersedia, menyusun, membentuk, merancang, mewarnai, membuat kerajinan tangan sesuai imajinasi anak, membilang banyak benda, mengklasifikasi benda, dan menyusun pola. Hasil tindakan diperoleh tujuh dari Sembilan orang anak mencapai kategori BSB dalam perkembangan kemampuan kreativitas yaitu anak dapat membuat suatu kerajinan tangan, menggambar, dan mewarnai sesuai imajinasi anak tanpa adanya bantuan dari guru.
Downloads
References
Anggraeni, D., & Hibana. (2021). Redesain Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Bercerita. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12196
Bantali, A. (2022). Psikologi Perkembangan (Konsep Pengembangan Kreativitas Anak). Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Carulla, C. V., & Adbo, K. (2020). A study of preschool children’s motive orientation during science activities. Review Of Science, Mathematics And Ict Education, 14(1), 47–67. https://doi.org/doi.org/10.26220/rev.3346
Fitri, D. A. N., & Suryana, D. (2022). Pembelajaran STEAM dalam Mengembangkan Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). https://doi.org/doi.org/1031004/jptam. v6i2.3755
Foti, P. E. (2021). Exploring kindergarten teachers’ views on STEAM education and educational robotics: Dilemmas, possibilities, limitations. Advances in Mobile Learning Educational Research, 1(2), 82–95. https://doi.org/10.25082/amler.2021.02.004
Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275–281. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3561
Hasibuan, R., Fitri, R., & Dewi, U. (2022). STEAM-Based Learning Media: Assisting in Developing Children’s Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6863–6876. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3560
Herlina, Nursakina, Herman, & Ilyas, S. N. (2020). Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan Ecoprint Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 506–512. https://doi.org/doi.org/10.23887/paud.v10i3.48845
Kaliampos, G. (2021). Early Childhood Special Science Education: setting the frame of a newly born and well-promising trend. Review Of Science, Mathematics And Ict Education, 15(2), 61–76. https://doi.org/doi.org/10.26220/rev.3795
Lukawati, Laely, K., & Indiati. (2023). Stimulasi Kreativitas Melalui Kegiatan Bermain dengan Media Tanah Liat Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad : Journal on Early Childhood, 2023(3), 352–358. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.519
Maarang, M., Khotimah, N., & Maria Lily, N. (2023). Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 309–320. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215
Marwiyah, M. (2022). Analisis Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Untuk Menanamkan Keterampilan 4c (Communication, Collaboration, Critical Thinking And Problem Solving, dan Creativity And Innovation) Pada Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Mastuinda, & Yaswinda. (2023). Pengembangan E-book Cerita Bergambar Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 8–16. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.59794
Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52–68. https://doi.org/10.53515/cji.2021.2.1.52-68
Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665
Mengmeng, Z., Xiantong, Y., & Xinghua, W. (2019). Construction of STEAM Curriculum Model and Case Design in Kindergarten. American Journal of Educational Research, 7(7), 485–490. https://doi.org/10.12691/education-7-7-8
Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) dalam Pembelajaran Abad. Jurnal Bio Educatio, 5(1), 65–73. http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i1.2105
Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). Implementation Of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - Based Early Childhood Education Learning In Semarang City. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276-285. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285
Muthohar, S., & Yulifa’atun M, A. (2020). Utilization of Natural Environment to Improve Early Childhood Creativity. Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, 5(2), 87-101. https://doi.org/10.24269/jin.v5n2.2020.pp87-101
Nipriansyah, Nur Sasongko, R., Kristiawan, M., Susanto, E., & Fatmawati Arinal Hasanah, P. (2021). Increase Creativity And Imagination Children Through Learning Science, Technologic, Engineering, Art And Mathematic With Loose Parts Media. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77–90. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8598
Nurhayati, F. (2022). Pembelajaran Bermuatan STEAM dengan Media Loose Parts di Taman Kanak-Kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 227–232. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.222
Padillah, I. J., & Hasmalena. (2023). Metode Menggambar Bebas dengan Media Kuas untuk Meningkatkan Kreativitas anak Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kota Palembang. Jurnal Tumbuhkembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 10(1), 50–62. https://doi.org/doi.org/10.36706/jtk.v10i1.20871
Parmawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sleman: CV Budi Utama.
Perales, F. J., & Aróstegui, J. L. (2021). The STEAM approach: Implementation and educational, social and economic consequences. Arts Education Policy Review, 0(0), 1–9. https://doi.org/10.1080/10632913.2021.1974997
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Permata, R. A., Rafida, T., Sitorus, A. S., & Id, A. A. (2023). Pengaruh PembeIajaran STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di RA Fathimaturridha Medan. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 170–182. https://doi.org/10.33369/jip.8.1
Pratiwi, L. (2021). Penggunaan Pendekatan STEAM Pada Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Melatih Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hang Tuah Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Bengkulu
Putri, S. U., & Pitria, P. (2022). Identifikasi Kemampuan Fluency Anak Usia Dini pada Pembelajaran STEAM Project Based Learning. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 147–155. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.307
Rachmawati, Y., Kurniati, E. (2019). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana.
Rahayu, E. Y., Nurani, Y., & Meilanie, S. M. (2023). Pembelajaran yang terinspirasi STEAM: Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Video Tutorial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2627–2640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4228
Ramdini, T. P., Mayar, F., Pd, M., Hamka, J., Tawar, A., & Sumatera, P. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 1411-1418. https://doi.org/10.31004/cptan.v3i6.378
Ratna, A., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Pembelajaran STEAM dengan Media Loose Parts di Kelompok Bermain Anak Usia Dini. 7(3), 3227–3240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4468
Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Suryawati, E. A., & Akkas, M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi dan STEAM untuk Satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/buku-panduan-guru-capaian-pembelajaran-elemen-dasardasar-literasi-steam
Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Rasmani, U. E. E., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. R., & Syamsuddin, M. M. (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(1), 33. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2020). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 295-305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305
Widyasanti, N. P. (2021). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 74–83. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.287