Pentingnya Modifikasi Instrumen Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Author


Chandra Apriyansyah(1Mail), Awaluddin Tjalla(2), Ari Saptono(3), Sri Sukatmi(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(1)
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia dini, Universitas Terbuka, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2023-12-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 363 times PDF Downloaded: 185 times

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk menghasilkan instrumen evaluasi program PAUD HI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen Instrumen penilaian Evaluasi Program PAUD HI  yaitu instrumen yang digunakan untuk  mengukur efektivitas Program PAUD HI. Sebelum data dikumpulkan, instrumen sebagai pengumpul data perlu dipastikan memiliki legitimasi/validitas/inference quality. Pada penelitian mixed methods karena tidak terlalu menekankan pada pengujian konsep dari suatu teori, pembuktian legitimasi instrumen dapat dilakukan dengan review eksternal salah satunya adalah meminta “pakar/teman sejawat” untuk membantu menilai sejauh mana instrumen pengumpulan data yang digunakan benar-benar mengukur apa yang ingin nilai. Hasil penghitungan nilai reliabilitas seluruh butir instrumen menunjukkan bahwa rata-rata nilai koefisien  dalam kategori tinggi (0,71) dan nilai reliabilitas untuk ceklis dokumen juga dalam kategori tinggi (0,73) yang artinya seluruh butir instrumen memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi sehingga layak melakukan evaluasi program PAUD HI


Keywords


evaluasi program; efektivitas program paud hi, pendidikan anak usia dini

References


Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Akbar, R. A. (2018). Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Satuan Paud. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 137. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.2703

Apriyansyah, C., & Kurniawaty, L. (2022). Pengembangan Model Permainan Berbasis Barang Bekas untuk Membangun Kompetensi Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6837–6849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3446

Asrori, M., & Tjalla, A. (2020). Increasing Teamwork Capacity of High School Students through Collaborative Teamwork Learning. American Journal of Educational Research. https://doi.org/10.12691/education-8-1-7

Asrori, M., & Tjalla, A. (2021). The Content Mastery Service Using K-W-L Teaching Model to Improve Students’ Ability to Understand Texts in Junior High Schools. American Journal of Educational Research, 9(1), 11–19. https://doi.org/10.12691/education-9-1-2

Bautista, A., Ng, S. C., Múñez, D., & Bull, R. (2016). Learning areas for holistic education: kindergarten teachers’ curriculum priorities, professional development needs, and beliefs. International Journal of Child Care and Education Policy. https://doi.org/10.1186/s40723-016-0024-4

Cronbach, L. J. (1951). Coefficient alpha and the internal structure of tests. Psychometrika, 16(3), 297–334. https://doi.org/10.1007/BF02310555

Damaiyanti, H., Harapan, E., & Puspita, Y. (2020). An Evaluation of Holistic Integrative Early Childhood Education in Indonesia. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 24–31. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.7

Elyana, L. (2017). Kurikulum holistik integratif anak usia dini dalam implementasi self regulated learning. Prosiding HIPKIN Jateng, 1(1), 1–7.

Heny Wulandari, Y. S. dan F. J. (2018). Evaluation of Holistic Integrative Program in Early Childhood Education and Development (PAUD HI) (Evaluation Study of PAUD Anggrek, BKB Anggrek, and Posyandu Matahari in North Jakarta, 2016). International Journal of Multidisciplinary and Current Research, Vol.6 (May, 406–412.

Irawan, E., & Wilujeng, H. (2020). Development of an online mathematical misconception instrument. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012080

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10–25. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2622

Latiana, L., & Utami, D. (2020). A Holistic-Integrative Approach to Early Childhood Education Quality Improvement – The Case of Pemalang Regency. The 5th International Conference on Science, Education. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290353

Latifah, M., & Hernawati, N. (2009). “Dampak Pendidikan Holistik pada Pembentukan Karakter dan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.24156/jikk.2009.2.1.32

Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes. Pendidikan Matematika, 1311440001, Bibliografi : halaman 153-154. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1162269

Moss, P. (2012). The relationship between early childhood and compulsory education: A properly political question. In The relationship between early childhood and compulsory education: A properly political question (pp. 2–49). api.taylorfrancis.com. https://doi.org/10.4324/9780203080757-2

Muqorobin, M., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). Pendidikan yang Humanis: Alternatif Reformasi Pendidikan Berakar Budaya Bangsa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2209

Naga, D. S. (2012). Teori Sekor pada Pengukuran Mental. PT Nagari Citrayasa.

Priyanto, S., Tjalla, A., & Indrajit, E. (2021). Manajemen Pendidikan Dan Pembelajaran Tranformasi Studi Implementasi : Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Program Studi Diploma III Teknik Mesin. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2198

Rahayu, P. D., & Rahmawati, D. (2020). Holistic-Integrative Early Childhood Development in the full day program at Integrated ECE Bakti Baitussalam. Jurnal Indria: Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, V(2), 149–165.

Ray, R. (2007). Designing and Conducting Mixed Methods Research [Book Review]. Qualitative Research Journal, 7(2), 90–91. https://doi.org/10.3316/qrj0702090

Rejeki, N. S., & Suwardi, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 37. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.579

Retnawati, H. (2017). Reliabilitas Instrumen Penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 12(1), 129541. Reliabilitas3 alhamdulillah.pdfhttp://staffnew.uny.ac.id/upload/132255129/pengabdian/8

Rohmadheny, P. S., Puspitasari, I., Rosyda, M., & Pramudyani, A. V. R. (2022). Prototype e-Report PAUD 1.0 untuk Menyusun Laporan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2596–2609. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1643

Rozie, F.-, & Jafar, F. S. (2019). Evaluasi Implementasi Program Paud Terpadu Di Tk Negeri 1 Pembina Samarinda. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 52–60. https://doi.org/10.24903/jw.v4i1.328

Salman, I., Badrujaman, A., Tola, B., Tjalla, A., Widodo, A., Anwar, S., & Saepudin, J. (2022). Quality of education improvement in Raudhatul Athfal based on strategic plan of Ministry of Religious Affairs 2015-2019. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(3), 237–244. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.25

Syahrir, S., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). Penelitian Evaluasi: Kajian Evaluasi Kinerja Institusi aspek Kinerja Penelitian. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2208

Teddlie, C., & Tashkkori, A. (2008). Foundation of Mixed Methods Research. In SAGE Publications, Inc (Vol. 3, Issue 1). California: SAGE Publications. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Zakkiyah, I., Sismiati, A., & Tjalla, A. (2016). Sikap Guru Mata Pelajaran Terhadap Peran Guru Bk Di Smpn 261 Penjaringan Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 46. https://doi.org/10.21009/insight.042.08


Refbacks

  • There are currently no refbacks.