Pengenalan Rambu Lalu Lintas pada Anak Usia Dini: Pendekatan Metode Vosviewer dalam Kajian Literatur Sistematis

Author


Tania Andari(1Mail), Rosidah Rosidah(2), Purwadi Purwadi(3), Herman Yaarozatulo Harefa(4), Bram Hertasning(5),
Badan Riset Inovasi Nasional, Indonesia(1)
Badan Riset Inovasi Nasional, Indonesia(2)
Badan Riset Inovasi Nasional, Indonesia(3)
Badan Riset Inovasi Nasional, Indonesia(4)
Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 601KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 711 times PDF Downloaded: 309 times

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan adalah menganalisis perkembangan penelitian mengenai Pengenalan rambu lalu lintas pada anak usia dini dan dampak pengenalan rambu lalu lintas terhadap tingkat disiplin seseorang dalam berkendaraan di masa akan datang. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah pendekatan VOSviewer bibliometrik, dan untuk mencari dan mengambil metadatanya menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) versi 7.31. kemudian data dianalisis secara deskriptif berdasarkan tahun terbit publikasi, nama publisher, produktivitas peneliti, dan ranking jurnal. Hasil dari penelitian ini adalah masih jarangnya penelitian yang membahas topik pengenalan rambu lalu lintas pada anak usia dini khususnya di Indonesia menurut perspektif ilmu transportasi. Harapannya bila sudah ditanamkan kesadaran berlalu lintas maka ketika anak berusia 17 tahun atau pada umur anak boleh menggunakan kendaraan, mereka akan memahami tentang berlalu lintas dengan catatan program edukasi pengenalan rambu lalu lintas telah diintegrasikan ke dalam program pendidikan anak usia dini guna mendorong perilaku aman dan bertanggung jawab di jalan raya.


Keywords


rambu lalu lintas; anak usia dini; publish or perish (pop)

References


An, F., Yu, J., & Xi, L. (2022). Relationship between perceived teacher support and learning engagement among adolescents: Mediation role of technology acceptance and learning motivation. Frontiers in Psychology, 13(September), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.992464

Arka, M., & Sabilillah, S. (2018). Aplikasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 2(2), 210–216. https://doi.org/10.36040/JATI.V2I2.442

Biro Komunikasi dan Informasi Publik. (2022). Gerakan SALUD untuk Tingkatkan Ketertiban dan Keselamatan Berlalulintas Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. https://dephub.go.id/post/read/gerakan-salud-untuk-tingkatkan-ketertiban-dan-keselamatan-berlalulintas

Blanco-Mesa, F., Merigó, J. M., & Gil-Lafuente, A. M. (2017). Fuzzy decision making: A bibliometric-based review. Journal of Intelligent & Fuzzy Systems, 32(3), 2033–2050. https://doi.org/10.3233/JIFS-161640

Buntuan, W. S. (2019). Permainan Edukasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Virtual Reality. Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 59–63.

Chen Hsieh, J. S., Huang, Y. M., & Wu, W. C. V. (2017). Technological acceptance of LINE in flipped EFL oral training. Computers in Human Behavior, 70, 178–190. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2016.12.066

Dwi Hartanto, B. (2021). Analisis Perilaku Pengemudi Truk Serta Kontribusinya Pada Kecelakaan. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 23(1), 79–87. https://doi.org/10.25104/jptd.v23i1.1749

Fahimnia, B., Sarkis, J., & Davarzani, H. (2015). Green supply chain management: A review and bibliometric analysis. International Journal of Production Economics, 162, 101–114. https://doi.org/10.1016/J.IJPE.2015.01.003

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Fauziyah, N., & Suparji. (2014). Penggunaan Media Miniatur Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Gaya Dan Momen Di Kelas X Tgb 3 Smk Negeri 3 Surabaya. Prodi Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, 1–10.

Fitra Surya, Y. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Furqan, P. (2023). Pengenalan Rambu-rambu Lalu Lintas pada Anak Usia Dini. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/pengenalan-rambu-rambu-lalu-lintas-pada-anak-usia-dini?ref=MTQ2NS1iOTM4ZTRiOQ==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=

gloriabarus. (2021). Pakar UGM Sebut Empat Faktor Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol - Universitas Gadjah Mada. Berita Universitas Gajah Mada. https://ugm.ac.id/id/berita/21920-pakar-ugm-sebut-empat-faktor-penyebab-kecelakaan-di-jalan-tol/

Goniewicz, K., Goniewicz, M., Pawłowski, W., & Fiedor, P. (2016). Road accident rates: strategies and programmes for improving road traffic safety. European Journal of Trauma and Emergency Surgery : Official Publication of the European Trauma Society, 42(4), 433–438. https://doi.org/10.1007/S00068-015-0544-6

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (1993). Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : Km 61 Tahun 1993 Tentang Rambu-Rambu Lalu Lintas Di Jalan

Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini (1st Ed.). Perdana Publishing.

Liu, J., Wen, H., Zhu, D., & Kumfer, W. (2019). Investigation of the Contributory Factors to the Guessability of Traffic Signs. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(1). https://doi.org/10.3390/IJERPH16010162

Mahmoud, F. E. Z. S. (2022). Preparing the Child to Become an Entrepreneur, a Futuristic Framework. 7(1), 16. https://doi.org/10.11648/J.HER.20220701.13

Marroli. (2022). Setiap Jam Rata-rata 3 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan Jalan Di Indonesia. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/10368/rata-rata-tiga-orang-meninggal-setiap-jam-akibat-kecelakaan-jalan/0/artikel_gpr

Martínez-López, F. J., Merigó, J. M., Valenzuela-Fernández, L., & Nicolás, C. (2018). Fifty years of the European Journal of Marketing: a bibliometric analysis. European Journal of Marketing, 52(1–2), 439–468. https://doi.org/10.1108/ejm-11-2017-0853

Mas-Tur, A., Modak, N. M., Merigó, J. M., Roig-Tierno, N., Geraci, M., & Capecchi, V. (2019). Half a century of Quality & Quantity: a bibliometric review. Quality & Quantity, 53(2), 981–1020. https://doi.org/10.1007/s11135-018-0799-1

Maziriri, E. T., Nyagadza, B., Maramura, T. C., & Mapuranga, M. (2022). “Like mom and dad”: using narrative analysis to understand how couplepreneurs stimulate their kids’ entrepreneurial mindset. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/jeee-05-2022-0153/full/xml

Pattah, H. (2013). Pemanfaatan Kajian Bibliometrika sebagai Metode Evaluasi dan Kajian dalam Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 1(1), 47–57. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/25

Polisi Tarakan. (2023). Sosialisasi tata cara berlalu lintas kepada anak anak – DIVISI HUMAS POLRI. Berita Humas Polri. https://humas.polri.go.id/2023/05/17/sosialisasi-tata-cara-berlalu-lintas-kepada-anak-anak

Pritchard, A. (1969). Statistical bibliography : an interim bibliography | WorldCat.org. North-Western Polytechnic School of Librarionship ; Reproduced by the Clearinghouse for Federal Scientific and Technical Information. https://www.worldcat.org/title/statistical-bibliography-an-interim-bibliography/oclc/2334539

Purwanto, R. (2017a). Membangun Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Dengan Animasi Sebagai Metode Pembelajaran Sejak Usia Dini Studi Kasus TK Aisyah Brebes. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 2(2), 73. https://doi.org/10.35314/ISI.V2I2.193

Purwanto, R. (2017b). Membangun Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Dengan Animasi Sebagai Metode Pembelajaran Sejak Usia Dini Studi Kasus TK Aisyah Brebes. Jurnal Inovtek Polbeng Seri Informatika, 2(2), 73–83. http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/ISI/article/view/193

Rahmawati, R., Fataky, S., & Pangestu, W. T. (2022). Pengenalan Rambu Lalu Lintas sebagai Sarana Pembelajaran bagi Anak Sekolah SDN 2 Kesek Menggunakan Media Pembelajaran Miniatur Kardus. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.52620/jeis.v2i2.25

Reddy, K. N. M. (2022). Essentials Of Forensic Medicine & Toxicology.

Richter, E. D., Berman, T., Friedman, L., & Ben-David, G. (2006). Speed, road injury, and public health. Annual Review of Public Health, 27, 125–152. https://doi.org/10.1146/annurev.publhealth.27.021405.102225

Rizal, M., & Darwis, M. (2022). Edukasi Pentingnya Keselamatan Berkendaraan Bagi Pengendara Pemula Di Kota Ternate Dewasa ini , permasalahan transportasi ( problem-transportation ) selalu menjadi masalah yang selalu dihadapi oleh masyarakat perkotaan . Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan. Jurnal Pengabdian Khairun, 2(1), 50–57. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/jpk.v1i2.5520

Rohman, H. A., Radiyah, U., & Maulana, A. (2019). Aplikasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Jurnal Informatika, 3(2), 316698. https://doi.org/10.31000/JIKA.V3I2.2191

Saleh, A. R., & Sumarni, E. (2016). Studi Bibliometrik pada jurnal standardisasi Pasca Terakreditasi (2011-2015). Visipustaka Majalah Perpustakaan, 18(3). https://lib.ui.ac.id

Suciqoryati. (2019). Penerapan Pembelajaran Etika Berlalu Lintas Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Di Tk Al-Khairiyah Campang Raya Bandar Lampung. Universitas Islam Negri (Uin) Raden Intan Lampung.

Taheri, F., Torshizi, Y. F., Saremi, M., & Pronin, M. (2022). Effects of traffic sign design and personal characteristics on the usability of traffic signs. Work (Reading, Mass.), 71(4), 917–925. https://doi.org/10.3233/WOR-213636

Thezar, A. A. (2021). Perancangan Program Animasi Interaktif Pembelajaran Rambu-Rambu Lalu Lintas Untuk Sekolah Dasar”

Vernia, D. M., & Widiyarto, S. (2023). Pengenalan Dasar Kewirausahaan melalui Entrepreneurship for Kids (Studi Kasus pada TK Al-Amanah). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2557–2566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4220

Wallerstedt, C., & Wallerstedt, C. (2016). Managing the Tension Between the Known and the Unknown in Knowledge-Building: The Example of the Play-Responsive Early Childhood Education and Care (PRECEC) Project. International Perspectives on Early Childhood Education and Development, 38, 45–55. https://doi.org/10.1007/978-3-031-14583-4_4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.