Pengembangan Buku Saku: Pendampingan Orang Tua untuk Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Era Digital

Authors

  • Desni Yuniarni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Halida Halida Bimbingan Konseling, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Annisa Amalia Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Novia Solichah Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
  • Pratista Arya Satwika Psikologi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5306

Keywords:

buku saku, pendampingan orang tua, perkembangan bahasa, anak usia dini

Abstract

Orang tua perlu mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi tersebut agar memberikan dampak positif bagi perkembangan bahasa anaknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan buku saku untuk orang tua tentang pendampingan anak dalam mengoptimalkan aspek perkembangan bahasanya di era digital. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate yang diadaptasikan menjadi 4P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjeknya adalah 10 orang tua di kota Pontianak, sumber data berasal dari 20 guru Pendidikan Anak Usia Dini serta melibatkan para psikolog yang bekerja di PAUD dan dosen PG-PAUD untuk mendapatkan data validasi ahli materi dan validasi ahli media. Metode yang digunakan wawancara dan angket dengan teknik analisis data analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan buku saku ini layak digunakan setelah mendapatkan masukan dari subjek penelitian maupun validator ahli materi dan ahli media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abida, L. L., Pertiwi, N. F. A., & Ali, M. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak. Jurnal Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 02(02), 2807–8020. https://ifi-bekasi.e-journal.id/jfki/article/view/134

Awaludin, M. T., & Rostikawati, R. T. (2020). Pengembangan Buku Saku Materi Mamalia Di Taman Margasatwa Ragunan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2522

Daramola, D. (2015). Young children as internet users and parents perspectives. Information Processing Science, May, 1–51. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3395.9846

Indriani, M., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2018). Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini Maulita. Indonesian Journal of Early Childhood, 3, 473–482. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/IJECI/article/view/16887

Kurniasih, E. (2013). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 90. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/KR-11

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-Dthiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/JSSP/article/view/193

Kusumaningtyas, W., Ikhwan Aziz, Q., Laili, N., & Hartati, S. (2019). Gestalt-prophetic: The parenting method for early childhood with gadgets addiction. Islamic Guidance and Counseling Journal, 2(2), 66–76. https://doi.org/10.25217/igcj.v2i2.391

Kusumastuti, Bintari, A., Sutarjo, T., Ratih, Widia, K., Kurniawan, I., Sugiarti, R., & Suhariadi, F. (2023). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 3-6 Tahun Yang Diberi Gadget Smartphone. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4, no. 3,(September), 2293–2299. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/17485

Miranda, D., Siahaan, S., & . I. (2019). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) TAS Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 16(2), 41. https://doi.org/10.29406/br.v16i2.1531

Muji. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual. Pancaran, 3(4), 10. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/download/980/782/

Mutlu-Bayraktar, D., Yılmaz, Ö., & İnan-Kaya, G. (2018). Digital Parenting: Perceptions on Digital Risks. Kalem Uluslararasi Egitim ve Insan Bilimleri Dergisi, 14(1), 137–163. https://doi.org/10.23863/kalem.2018.96

Ningrum, D. M., & Dwijayanti, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sop Penataan Produk Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Pada Peserta Didik Kelas Xi Pemasaran Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9(2), 1230–1236. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40551

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Özgür, H. (2016). The relationship between Internet parenting styles and Internet usage of children and adolescents. Computers in Human Behavior, 60, 411–424. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.02.081

Permana, C. D., & Puspasari, D. (2020). Perancangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Kelas XI OTKP 2 di SMKN 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 121–131. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p121-131

Sari, D. N. (2020). An Analysis of the Impact of the Use of Gadget on Children’s Language and Social Development. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019), 449(Icece 2019), 201–204. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.041

Setiono, Y. A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku saku untuk Pembelajaran Fisika kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 5–24. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1788

Suryaningsih, R., & E, Y. A. (2021). Pengaruh Gadget bagi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5347–5354. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1839

Viranti, V., & Hastuti, H. (2022). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Yang Disusun Secara Kronologis Untuk Pembelajaran Sejarah Di SMA. Jurnal Kronologi, 4(1), 283–296. https://doi.org/10.24036/jk.v4i1.365

Wahidah, F. A. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 44–62. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/10940/pdf

Yenni, Y., & Hutabri, E. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Internet Sehat dan Aman Dikalangan Remaja Agar Tercipta Kemandirian Belajar. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 93–98. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i1.1134

Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889

Yuniarni, D., Atiq, A., & Sari, R. P. (2019). Multimedia Interaktif Berbasis Sumber Daya Alam dan Budaya Khas Kalimantan Barat Dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 16(1), 16. https://doi.org/10.29406/br.v16i1.1513

Yusuf, M., Witro, D., Diana, R., Santosa, T. A., Alfikri, A. ‘Alwiyah, & Jalwis, J. (2020). Digital Parenting to Children Using The Internet. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/pijies.v3i1.1277

Downloads

Published

19-10-2023

How to Cite

Yuniarni, D., Halida, H., Amalia, A., Solichah, N., & Satwika, P. A. (2023). Pengembangan Buku Saku: Pendampingan Orang Tua untuk Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5767–5778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5306

Issue

Section

Articles