- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Implementasi Bahasa Ibu sebagai Bahasa Pembelajaran untuk Menciptakan Kelas Ramah Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5301Keywords:
bahasa ibu, bahasa pembelajaran, ramah anakAbstract
Penelitian ini dilakukan berangkat dari rendahnya keterlibatan dan interaksi anak pada proses pembelajaran dimana telah teridentifikasi bahwa penggunaan bahasa pengantar pembelajaran yang tidak dipahami oleh anak menyulitkan anak pada kegiatan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menganalisis implementasi bahasa ibu sebagai bahasa pembelajaran untuk menciptakan kelas ramah anak di Taman Kanak-kanak Olaewa. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 27 anak. Pengumpulan data dan instrumentasi menggunakan metode observasi (lembar observasi), wawancara (panduan wawancara) dan dokumentasi (panduan dokumentasi). Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi bahasa ibu sebagai bahasa pembelajaran telah dijalankan dengan baik sehingga menciptakan kelas ramah anak. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan dan interaksi anak pada kegiatan pembelajaran saat menggunakan bahasa ibu. Proses pembelajaran yang dinamis menjadi bukti bahwa penggunaan bahasa ibu sebagai bahasa pengantar pembelajaran yang dikuasai anak berdampak pada hasil belajar anak.
Downloads
References
ACDP Indonesia Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership. (2014). Mother Tongue Based Multilingual Education. Jakarta: Ministry of Education and Culture National Office for Research and Development (BALITBANG).
Ball, Ward., & Bernede, J. F. (2014). Education Sector. Analytical and Capacity Development Partnership in Indonesia. Mid-term Review. Te European Union and Te Australian Government through DFAT.
Chaer, A. (2009). Bahasa Indonesia dalam Masyarakat Telaah Semantik. Rineka Cipta.
Fono, Y. M., Ita, E., & Mere, V. O. (2023). Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun melalui Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4305–4315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4838
Handini, M. C. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Pemula. FIP Press.
Hernawati, H. (2017). Penggunaan Bahasa Ibu Sebagai Pengantar Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 83–91. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/455
Ibda, H. (2017). Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(2). https://doi.org/10.22515/shahih.v2i2.980
Ismiani, P., Mustika, I., & Sahmini, M. (2020). Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(5 September), 767–774. J
Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889
Ita, E. (2020). Pengembangan Profesionalitas Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Studi pada Taman Kanak-kanak Ade Irma Mataloko Kabupaten Ngada). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 62–74. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.66
Ita, E. (2022). Pendampingan Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Bahasa Ibu di TKK Olaewa Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.38048/jailcb.v3i1.694
Kirby, T. M. (2020). 2019 Language Usage Study in Bahasa Sug , Chavacano , Magindanawn , and Mëranaw Mother Tongue Schools Findings Report (Issue 919). Findings Report. RTI International.
Listiawati, Nur & Arsendy, S. (2021). Bahasa Ibu: Kebijakan, Implementasi, dan Sikap. Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Malone, S. (2019). Including the Excluded: Promoting Multilingual Education. MTB MLE Resource Kit. In UNESCO Bangkok. The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization 7, place de Fontenoy, 75352 Paris 07 SP, France.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. In Remaja Rosdakarya.
Ngura, E. T., & Yasinta Maria Fono. (2023). Pengembangan LKA Tematik (Transportasi, Alat Komunikasi dan Negaraku) Berbasis Bahasa Ibu dengan Pendekatan Budaya Lokal Nagekeo untuk Pembelajaran Anak Usia A 5-6 Tahun di Kabupaten Nagekeo. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 50–61. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2147
Nishanthi, R. (2020). Understanding of the importance of mother tongue learning. International Journal of Trend in Scientific Research and Development ( IJTSRD ), 5(1), 77–80. https://www.ijtsrd.com/humanities-and-the-arts/sociology/35846/understanding-of-the-importance-of-mother-tongue-learning/rajathurai-nishanthi
Purba, R. E. (2021). Pembelajaran Berbasis Bahasa Ibu Di Kelas Awal: Kebijakan, Implementasi Dan Dampaknya. Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Rachman, A. (2021). Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Pembelajaran Kelas Awal Untuk Sukses Pendidikan. In Indonesian National Commission for UNESCO: Pendidikan UNESCO.
Rogers, A. (2014). Multilingulism in education: the role of first language. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 4(1), 1–9. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJAL/article/view/596
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suhardin, S., Juliangkary, E., & Agusfianuddin, A. (2018). Pengaruh penggunaan bahasa ibu dalam konteks belajar mengajar matematika terhadap daya serap dan motivasi belajar siswa kelas viii Smp Negeri 1 Ropang. Media Pendidikan Matematika, 5(1), 33–38. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm/article/view/503
Tyas, A. P. (2022). Dampak Tumpang Tindih Bahasa Ibu Dalam Perkembangan Bahasa Anak. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 112–120. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/5095
Unesco. (2016). If you don’t understand, how can you learn?; Global education monitoring report: policy paper; Vol.:24; 2016 (Issue February).
UNESCO. (2020). Mother Tongue and Early Childhood Care and Education: Synergies and Challenges. Unesco France Office.
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480