Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis

(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini Sultan Qaimuddin Kendari, Indonesia

Copyright (c) 2020 LAHEWI LAHEWI
DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Download Full Text:

Received : 2020-05-08 | Published : 2020-05-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidik anak usia dini dalam melaksanakan tugas-tugasnya pada masa pandemi coronavirus disease atau covid-19. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memperoleh pemahaman tentang strategi pendidik anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan berfikir logis pada anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan interaktif model dengan langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, ada perubahan strategi pelaksanaan tugas guru PAUD yaitu sebagai perencana dan penilaian hasil pembelajaran sedangkan untuk tugas pelaksana pembelajaran guru PAUD dibantu oleh pendidik di rumah (orang tua) peserta didik; kedua, strategi pendidik PAUD di rumah dalam mengembangkan kemampuan berfikir logis anak yaitu anak diajak untuk memahami mengapa sekolah di rumah, mengapa keluar rumah harus menggunakan masker, kenapa tidak bisa bermain di luar rumah menggunakan metode dialog (percapakan /diskusi) dan keteladanan.
Keywords
References
Ayu, C. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 60–71. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.43
Creswell, J. W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, Iratna dan Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Paud di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051–1059. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Fardiah, Murwani, Santosa dan Dhieni, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133–140. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254
Hewi, La, Muh. Saleh dan Wahyuni, R. (2019). Kelekatan (Attachment) Anak Usia Dini di Suku Laut Kabupaten Wakatobi. Jurnal Obsesi, 4(1), 406–415. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.346
Hewi, L. dan S. (2019). Permainan Dadu pada Pengembangan Perilaku Prososial Anak di RA An-Nur Kota Kendari. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 115–128. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.468
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Kelima). Jakarta: Erlangga.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 214–224(3), 1. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.152
Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri di PAUD Habibul Ummi II. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250–263. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1537
Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.44
Kamtini dan Sitompul, F. A. (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141–145. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.295
Kebudayaan, K. P. dan. Permen Dikbud Nomor 137 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. , (2014).
Miranti, Ira,. Engliana & Hapsari, F. S. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Di Paud. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 167–172.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Norman K. Denzin & Yvonna S. Lincoln (Eds.). (2009). Handbook Of Qualitative Research. In 1 (Dariyatno). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Papalia, D. E. dan R. D. F. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Permatsari, Dewiana, Rohaeti, Euis Eti Sharina dan Westhisi, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 230–236. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p230-236
Retnaningrum, W. (2016). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Bermain Memancing. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 207–218. https://doi.org/DOI:http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284
Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Suyadi dan Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183–190. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130
Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 245–258. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v12i2.451
Yunita, H., Meilanie, S. M., & F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–584. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Atfal, 3(1), 118–134. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656
Article Metrics


This article can be traced from:
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.