Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur

Khirjan Nahdi(1), Sandy Ramdhani(2Mail), Riyana Rizki Yuliatin(3), Yul Alfian Hadi(4),
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Universitas Hamzanwadi, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
(3) Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
(4) 4 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Khirjan Nahdi, sandy Ramdhani, Riyana Rizki Yuliatin, Yul Alfian Hadi

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Download Full Text:   [File Size  : 677KB]  Language : ID
Received : 2020-05-05  |  Published : 2020-05-24

Abstract


Lembaga PAUD sebagai pelaksana proses pembelajaran berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran di rumah selama pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat implementasi pembelajaran di PAUD selama Pandemi Covid-19 dari Lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Terdapat 30 sampel Lembaga PAUD dengan jenis penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. proses analisis data menggunakan analisis miles & Hubberman dengan triangulasi data. Tiga aktivitas utama yang digunakan dalam penerapan pembelajaran yaitu penugasan (A), Home Visit (B), Laporan Kegiatan Harian Anak (3). Ketiga aktivitas utama ini yang paling banyak digunakan oleh pihak Lembaga PAUD adalah Penugasan (A) dan kolaborasi Penugasan dengan Home Visit (AB), dan terdapat pula Lembaga yang menggunakan ketiga aktivitas kegiatan pembelajaran tersebut yaitu kolaborasi Penugasan , Home Visit  dan Laporan Kegiatan Anak (ABC)


Keywords


covid-19; lembaga paud; lockdown; belajar di rumah

References


Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam pendidikan anak usia TK. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 9–20. http://journal.unj.ac.id/jurnalfip/index.php/visi/article/view/7/8

Angus, D. C. (2020). Optimizing the Trade-off Between Learning and Doing in a Pandemi. Jama, 15261. https://doi.org/10.1001/jama.2020.4984

Bi, K., Chen, Y., Zhao, S., Ben-Arieh, D., & Wu, C. H. (John). (2019). Modeling learning and forgetting processes with the corresponding impacts on human behaviors in infectious disease epidemics. Computers and Industrial Engineering, 129(xxxx), 563–577. https://doi.org/10.1016/j.cie.2018.04.035

Bustan, R., Nurfadilah, & Fitria, N. (2016). Pelatihan Optimalisai Tumbuh Kembang Anak pada Orangtua Anak Usia Dini. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 3(3), 274–282. https://doi.org/10.36722/sh.v3i3.214.

Cabrera, N. J., Volling, B. L., & Barr, R. (2018). Fathers Are Parents, Too! Widening the Lens on Parenting for Children’s Development. Child Development Perspectives, 12(3), 152–157. https://doi.org/10.1111/cdep.12275

Colliver, Y. (2016). Mothers’ Perspectives on learning through Play in the Home. Australasian Journal of Early Childhood, 41(1), 4–12. https://doi.org/10.1177/183693911604100102

Covid19.go.id. (2020). No Title. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://covid19.go.id

Foster, T. D., Froyen, L. C., Skibbe, L. E., Bowles, R. P., & Decker, K. B. (2016). Fathers’ and mothers’ home learning environments and children’s early academic outcomes. Reading and Writing, 29(9), 1845–1863. https://doi.org/10.1007/s11145-016-9655-7

Ilhami, B. S., Fitri, B. F. H., & Ramdhani, S. (2019). Permainan Kuda Bisik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembendaharaan Kosakata Anak Usia 5-6. Cakrawala Dini; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 101–108. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6151.

Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019/COVID-19. 1(1), 022868 A-022846 A.

Keppres. (2020). Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19. Keputusan Presiden, 031003, 1–2.

Khadilkar, H., Ganu, T., & Seetharam, D. P. (2020). Optimising Lockdown Policies for Epidemic Control using Reinforcement Learning. http://arxiv.org/abs/2003.14093

Khaironi, M. (2017). Penanaman sikap beragama dan moral anak usia dini di TKIT Salman Al Farisi 2. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 166–179. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.9787

Kim, M. S. (2014). The multi-literacy development of a young trilingual child: Four leading literacy activities from birth to age six. European Early Childhood Education Research Journal, 22(2), 154–168. https://doi.org/10.1080/1350293X.2014.883718

kompas. (2020). who umumkan virus corona sebagai pandemi global Kompas.Com. https://www.kompas.com/global/read/2020/03/12/001124570/who-umumkan-virus-corona-sebagai-pandemi-global?page=all

Krogh, S., & Morehouse, P. (2014). The Early Childhood Curriculum : Inquiry Learning Through Integration. https://doi.org/10.4324/9780203521625.

Lukie, I. K., Skwarchuk, S. L., LeFevre, J. A., & Sowinski, C. (2014). The Role of Child Interests and Collaborative Parent-Child Interactions in Fostering Numeracy and Literacy Development in Canadian Homes. Early Childhood Education Journal, 42(4), 251–259. https://doi.org/10.1007/s10643-013-0604-7

Martin, F., & Betrus, A. K. (2019). Digital Media for Learning. In Digital Media for Learning. https://doi.org/10.1007/978-3-030-33120-7

Mussardo, G. (2019). 済無No Title No Title. In Statistical Field Theor (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

KEmendikbud. (2020). bEdaran aktivitas pembelajaran selama pandemi covid-19. 4–6.

Nuraeni, A. (2016). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 245–256. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/1256/1131

Pagestu, R. (2017). Ratna Pangastuti. Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia Dini.

Pebriana, P. H. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241

Setneg RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Setneg RI.

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005

Smith, susan sperry. (2005). Early Childhood Mathematics (3rd Edition).

Solari, E. (2014). Longitudinal prediction of 1st and 2nd grade English oral reading fluency in ELL. Journal of Adolescence, 74(4), 274–283. https://doi.org/10.1002/pits

The Wiley Handbook of Early Childhood Development Programs, Practices, and Policies. (2017). In The Wiley Handbook of Early Childhood Development Programs, Practices, and Policies. https://doi.org/10.1002/9781118937334

Toki, E. I., & Pange, J. (2014). Ict Use in Early Childhood Education: Storytelling. Tiltai, 66(1), 183–192. https://doi.org/10.15181/tbb.v66i1.786

Trubus. (2020, March). Pemerintah Tetapkan Status Wabah Covid-19 Sebagai Bencana Nasional. Trubus.

Uscher-Pines, L., Schwartz, H. L., Ahmed, F., Zheteyeva, Y., Meza, E., Baker, G., & Uzicanin, A. (2018). School practices to promote social distancing in K-12 schools: Review of influenza pandemi policies and practices. BMC Public Health, 18(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5302-3

Wuryandani, W., & Senen, A. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789.

Yuliastri, N. A., & Ramdhani, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 44-58. http://dx.doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.898


Article Metrics

 Abstract Views : 875 times
 PDF Downloaded : 352 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.