- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
STEM : Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Tri Ramana terhadap Capaian Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5283Keywords:
stem, profil pelajar pancasila, tri pramanaAbstract
Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami krisis pembelajaran dan capaian hasil belajar yang belum mampu menghasilkan kompetensi hasil belajar berupa pengetahuan sikap dan keterampilan, serta profil pelajar Pancasila. Penelitian dilaksanakan dengan desain preexperimental one shot case study yang dilaksanakan dengan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis agama pramana, anumana pramana, dan praktyasa. Berdasarkan jenjang pelaksanaan pembelajaran, terdapat perbedaan angka rata-rata capaian profil pelajar Pancasila antara pembelajaran sangat baik, baik, dan cukup baik. Kemudian, terdapat pengaruh psoitif dan signifikan pelaksanaan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis kearifan lokal tri pramana (anumana pramana) terhadap profil pelajar Pancasila anak usia dini. Terakhir, terdapat pengaruh psoitif dan signifikan pelaksanaan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis kearifan lokal tri pramana (praktyasa pramana) terhadap profil pelajar Pancasila anak usia dini. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada setiap institusi Pendidikan Anak Usia Dini untuk memiliki kurikulum tersendiri, menerapkan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis tri pramana dalam mencapai profil pelajar Pancasila yang optimal. Â
Downloads
References
Amini, M., & Mariyati, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101–2113. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Anwar, Y. A. S., & Junaidi, E. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Kasus Ditinjau dari Self-Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 987–994. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.575
Ariani, F. (2019). Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 60–68. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12515
Arianto, H., & Fauziyah, H. N. (2020). Students’ Response To the Implementation of Case Based Learning (Cbl) Based Hots in Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 45. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2058
Aulia, L. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Mengenal Indentitas Nasional Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa untuk Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8549–8557. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2355
Badriyah, N. L., Anekawati, A., & Azizah, L. F. (2020). Application of PjBL with brain-based STEAM approach to improve learning achievement of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 88–100. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.29884
Budiyono, A., Husna, H., & Wildani, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pbl Terintegrasi Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa. Edusains, 12(2), 166–176. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.13248
Candiasa, I. M. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Undiksha Press.
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213–226.
Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725
Dharmayanthi, N. P. I. (2023). Penerapan Model Case Based Learning (CBL) untuk Mengembangkan Critical Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 10(3), 291–300. https://doi.org/10.23887/jjpg.v10i3.50446
Dwi, I. N., & Anitah, S. W. (2018). The Implementatyion Off Problem Based Learning Model (PBL) on Teachers and Students Grade Five Elementary Schools in Surakarta City. International Journal of Active Learning, 3(2), 116–123. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/view/13411
Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, M., & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar, 1–51. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/2022/v3%20Buku%20Saku%20Kurikulum%20Merdeka_compressed.pdf
Gianistika, C. (2022). Project-Based Learning Approach and Its Impact for the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 6(2), 261. https://doi.org/10.29240/jsmp.v6i2.5042
Hapidin, H., Nurjannah, N., & Hartati, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Proyek Dalam Menerapkan Pendidikan Kelautan Pada Anak Di Kepulauan Seribu. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 51–65. https://doi.org/10.21009//jpud.121.05
Hartono, R., Hartoyo, A., & Hairida, H. (2022). Pemanfaatan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kompetensi Global Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 7573–7585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3602
Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri. Sistem Informasi Perbukuan Indonesia
Hidayah, Y., Suyitno, S., & Ali, Y. F. (2021). A Study on Interactive–Based Learning Media to Strengthen the Profile of Pancasila Student in Elementary School. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 283–291. https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5591
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553
Karta, I., Suarta, W., Rasmini, N., Widiana, W., Putri, A., & Antara, C. S. (2022). The Impact of Tri Pramana-based Hypothetic Deductive Learning Cycle Model on Character Forming and Creativity Development in Early Childhood. Journal Educational Sciences: Theory & Practice, 22(2), 239–249. https://doi.org/10.12738/jestp.2022.2.0017
Kemendikbudristek. (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–72.
Kemendikbudristek nomor 008/H/KR/2022. (2022). Capaian Pembelajaran PAUD Dikdasmen pada kurikulum merdeka (Issue 021).
Kerlinger, F. N. (2014). ASAS-ASAS PENELITIAN BAHAVIORAL (Cetakan ke). GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.
Kesuma, I. P., & Parwoto, P. (2021). Saintifik Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Sains Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 15. https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19709
Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1284. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Melita Rahardjo, M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159.
Munawaroh, Setyani, N. S., Susilowati, L., & Rukminingsih. (2022). The Effect of E-Problem Based Learning on Students’ Interest, Motivation and Achievement. International Journal of Instruction, 15(3), 503–518. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15328a
Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
Nasir, M. A., Talib, R., Latif, A. A., Hanid, M. F. A., & Harmeni, H. A. (2023). STEM Productive Learning of Lower Secondary School in Southern Zone, Malaysia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(2), 281–301. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.2.16
Nur Afifah, R. N. A., & Santa Idayana Sinaga. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Sosial Anak pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 62–73. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10674
Pahrudin, A. & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 & Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran. Pustaka Ali Imron.
Paramartha, W., Sustiawati, N. L., Sukrawati, N. M., & Dessy Sugiharni, G. A. (2022). Tri Pramana Values in Educational Pedagogy. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 11(3), 199–212. https://doi.org/10.36941/AJIS-2022-0064
Paramita, A. K., Yahmin, Y., & Dasna, I. W. (2021). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) untuk Pemahaman Konsep dan Keterampilan Argumentasi Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1652. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14189
Pendidikan, K. (n.d.). Implementasi kurikulum Merdeka secara bertahap.
Petrus Logo Radja 1*, Rebeka F. Hawali 2, Maryance F. Tamelab3, Irony D. Saefatu4, Winda Tunbonat6, M. R. J. (2022). Sosialisasi profil pelajar pancasila dan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis profil pelajar pancasila bagi guru-guru paud. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60–67. https://ejournal.staknkupang.ac.id/ojs/index.php/dev%0ASosialisasi
Prasetyo, G., & Prasojo, L. D. (2016). Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 54. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7788
Puspitasari, V. I., & Anggriani, S. (2022). Pemanfaatan Media Fotonovela Dalam Membangun Karakter Pancasila Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1238
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.
Rohita, R. (2020). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Wilayah Depok. Jurnal Golden Age, 4(01), 42–58. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2049
Safaruddin, Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Murtadho, N. (2020). The effect of PJBL with WBL media and cognitive style on students’ understanding and science-integrated concept application. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 384–395. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24628
Sari, F., Suardana, I. M., & Zainuddin, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 498. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13368
Seken, K. & B. (2019). Tri Pramana sebagai Pendekatan Saintifik Berbasis Agama Hindu dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Dasar. 10(1).
Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison of Pbl (Project Based Learning) Models with Pbl (Problem Based Learning) Models to Determine Student Learning Outcomes and Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519–529. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Slamet, S., Irdyansah, A., Irnawati, I., & Tugino, T. (2022). Penanaman Nilai-nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Manggali, 2(1), 76. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1969
Soedimardjono, F. P., & Pratiwi, P. (2021). Cooperative Learning Model with Jigsaw Type Improves Students ’ Sciences Process Skills and Learning Outcomes. 10(1), 172–179. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25203
Subiyantari, A. R., Muslim, S., & Rahmadyanti, E. (2019). Effectiveness of Jigsaw Cooperative Learning Models In Lessons of the Basics of Building Construction on Students Learning ’Outcomes Viewed From Critical Thinking Skills. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(7), 691–696. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i7.1653
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Projek Penguatan Profil Pancasila. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Wahyuningtyas, S., Chosiah, C., & Widayat, E. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(2), 262-267. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.2873
Yuliastri, N. A., & Sandy Ramdhani. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. 3(1), 44–58. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/898
Yunaldi, W. (2020). The Dynamic Interpretation of Pancasila in Indonesian State Administration History: Finding Its Authentic Interpretation. Jurnal Hukum Novelty, 11(1), 39. https://doi.org/10.26555/novelty.v11i1.a15166
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.
Zuhdan, D. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.