STEM : Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Tri Ramana terhadap Capaian Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Wayan Rasmini Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5283

Keywords:

stem, profil pelajar pancasila, tri pramana

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami krisis pembelajaran dan capaian hasil belajar yang belum mampu menghasilkan kompetensi hasil belajar berupa pengetahuan sikap dan keterampilan, serta profil pelajar Pancasila. Penelitian dilaksanakan dengan desain preexperimental one shot case study yang dilaksanakan dengan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis agama pramana, anumana pramana, dan praktyasa. Berdasarkan jenjang pelaksanaan pembelajaran, terdapat perbedaan angka rata-rata capaian profil pelajar Pancasila antara pembelajaran sangat baik, baik, dan cukup baik. Kemudian,  terdapat pengaruh psoitif dan signifikan pelaksanaan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis kearifan lokal tri pramana (anumana pramana) terhadap profil pelajar Pancasila anak usia dini. Terakhir, terdapat pengaruh psoitif dan signifikan pelaksanaan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis kearifan lokal tri pramana (praktyasa pramana) terhadap profil pelajar Pancasila anak usia dini. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada setiap institusi Pendidikan Anak Usia Dini untuk memiliki kurikulum tersendiri, menerapkan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis tri pramana dalam mencapai profil pelajar Pancasila yang optimal.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini, M., & Mariyati, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101–2113. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Anwar, Y. A. S., & Junaidi, E. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Kasus Ditinjau dari Self-Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 987–994. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.575

Ariani, F. (2019). Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 60–68. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12515

Arianto, H., & Fauziyah, H. N. (2020). Students’ Response To the Implementation of Case Based Learning (Cbl) Based Hots in Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 45. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2058

Aulia, L. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Mengenal Indentitas Nasional Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa untuk Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8549–8557. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2355

Badriyah, N. L., Anekawati, A., & Azizah, L. F. (2020). Application of PjBL with brain-based STEAM approach to improve learning achievement of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 88–100. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.29884

Budiyono, A., Husna, H., & Wildani, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pbl Terintegrasi Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa. Edusains, 12(2), 166–176. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.13248

Candiasa, I. M. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Undiksha Press.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213–226.

Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725

Dharmayanthi, N. P. I. (2023). Penerapan Model Case Based Learning (CBL) untuk Mengembangkan Critical Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 10(3), 291–300. https://doi.org/10.23887/jjpg.v10i3.50446

Dwi, I. N., & Anitah, S. W. (2018). The Implementatyion Off Problem Based Learning Model (PBL) on Teachers and Students Grade Five Elementary Schools in Surakarta City. International Journal of Active Learning, 3(2), 116–123. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/view/13411

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, M., & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar, 1–51. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/2022/v3%20Buku%20Saku%20Kurikulum%20Merdeka_compressed.pdf

Gianistika, C. (2022). Project-Based Learning Approach and Its Impact for the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 6(2), 261. https://doi.org/10.29240/jsmp.v6i2.5042

Hapidin, H., Nurjannah, N., & Hartati, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Proyek Dalam Menerapkan Pendidikan Kelautan Pada Anak Di Kepulauan Seribu. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 51–65. https://doi.org/10.21009//jpud.121.05

Hartono, R., Hartoyo, A., & Hairida, H. (2022). Pemanfaatan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kompetensi Global Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 7573–7585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3602

Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri. Sistem Informasi Perbukuan Indonesia

Hidayah, Y., Suyitno, S., & Ali, Y. F. (2021). A Study on Interactive–Based Learning Media to Strengthen the Profile of Pancasila Student in Elementary School. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 283–291. https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5591

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Karta, I., Suarta, W., Rasmini, N., Widiana, W., Putri, A., & Antara, C. S. (2022). The Impact of Tri Pramana-based Hypothetic Deductive Learning Cycle Model on Character Forming and Creativity Development in Early Childhood. Journal Educational Sciences: Theory & Practice, 22(2), 239–249. https://doi.org/10.12738/jestp.2022.2.0017

Kemendikbudristek. (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–72.

Kemendikbudristek nomor 008/H/KR/2022. (2022). Capaian Pembelajaran PAUD Dikdasmen pada kurikulum merdeka (Issue 021).

Kerlinger, F. N. (2014). ASAS-ASAS PENELITIAN BAHAVIORAL (Cetakan ke). GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Kesuma, I. P., & Parwoto, P. (2021). Saintifik Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Sains Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 15. https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19709

Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1284. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Melita Rahardjo, M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159.

Munawaroh, Setyani, N. S., Susilowati, L., & Rukminingsih. (2022). The Effect of E-Problem Based Learning on Students’ Interest, Motivation and Achievement. International Journal of Instruction, 15(3), 503–518. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15328a

Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865

Nasir, M. A., Talib, R., Latif, A. A., Hanid, M. F. A., & Harmeni, H. A. (2023). STEM Productive Learning of Lower Secondary School in Southern Zone, Malaysia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(2), 281–301. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.2.16

Nur Afifah, R. N. A., & Santa Idayana Sinaga. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Sosial Anak pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 62–73. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10674

Pahrudin, A. & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 & Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran. Pustaka Ali Imron.

Paramartha, W., Sustiawati, N. L., Sukrawati, N. M., & Dessy Sugiharni, G. A. (2022). Tri Pramana Values in Educational Pedagogy. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 11(3), 199–212. https://doi.org/10.36941/AJIS-2022-0064

Paramita, A. K., Yahmin, Y., & Dasna, I. W. (2021). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) untuk Pemahaman Konsep dan Keterampilan Argumentasi Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1652. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14189

Pendidikan, K. (n.d.). Implementasi kurikulum Merdeka secara bertahap.

Petrus Logo Radja 1*, Rebeka F. Hawali 2, Maryance F. Tamelab3, Irony D. Saefatu4, Winda Tunbonat6, M. R. J. (2022). Sosialisasi profil pelajar pancasila dan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis profil pelajar pancasila bagi guru-guru paud. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60–67. https://ejournal.staknkupang.ac.id/ojs/index.php/dev%0ASosialisasi

Prasetyo, G., & Prasojo, L. D. (2016). Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 54. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7788

Puspitasari, V. I., & Anggriani, S. (2022). Pemanfaatan Media Fotonovela Dalam Membangun Karakter Pancasila Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1238

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.

Rohita, R. (2020). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Wilayah Depok. Jurnal Golden Age, 4(01), 42–58. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2049

Safaruddin, Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Murtadho, N. (2020). The effect of PJBL with WBL media and cognitive style on students’ understanding and science-integrated concept application. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 384–395. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24628

Sari, F., Suardana, I. M., & Zainuddin, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 498. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13368

Seken, K. & B. (2019). Tri Pramana sebagai Pendekatan Saintifik Berbasis Agama Hindu dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Dasar. 10(1).

Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison of Pbl (Project Based Learning) Models with Pbl (Problem Based Learning) Models to Determine Student Learning Outcomes and Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519–529. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Slamet, S., Irdyansah, A., Irnawati, I., & Tugino, T. (2022). Penanaman Nilai-nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Manggali, 2(1), 76. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1969

Soedimardjono, F. P., & Pratiwi, P. (2021). Cooperative Learning Model with Jigsaw Type Improves Students ’ Sciences Process Skills and Learning Outcomes. 10(1), 172–179. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25203

Subiyantari, A. R., Muslim, S., & Rahmadyanti, E. (2019). Effectiveness of Jigsaw Cooperative Learning Models In Lessons of the Basics of Building Construction on Students Learning ’Outcomes Viewed From Critical Thinking Skills. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(7), 691–696. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i7.1653

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Projek Penguatan Profil Pancasila. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Wahyuningtyas, S., Chosiah, C., & Widayat, E. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(2), 262-267. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.2873

Yuliastri, N. A., & Sandy Ramdhani. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. 3(1), 44–58. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/898

Yunaldi, W. (2020). The Dynamic Interpretation of Pancasila in Indonesian State Administration History: Finding Its Authentic Interpretation. Jurnal Hukum Novelty, 11(1), 39. https://doi.org/10.26555/novelty.v11i1.a15166

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.

Zuhdan, D. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

18-10-2023

How to Cite

Rasmini, N. W. (2023). STEM : Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Tri Ramana terhadap Capaian Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5719–5732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5283

Issue

Section

Articles