Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah: Analisis pada Pelaksanaan Peran Orangtua di Rumah

Rohita Rohita(1Mail),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Rohita Rohita

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.528

Download Full Text:   [File Size  : 523KB]  Language : ID
Received : 2020-05-03  |  Published : 2020-06-13

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis pelaksanaan peran orangtua dalam mengenalkan virus corona pada anak prasekolah. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah lima keluarga yang memiliki anak usia prasekolah. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan kriteria keluarga yang memiliki anak usia pra sekolah yaitu usia 3-6 tahun dan berlokasi di RT 006 RW 07, Perum 2, Tangerang, Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan ferivikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalahorangtua telah melaksanakan perannya dalam mengenalkan Covid-19 menggunakan media TV, HP dan youtube; menjadi contoh dalam tindakan pencegahan;serta mengajarkan berbagai tindakan pencegahan dengan pendampingan, penjelasan, serta bujukan dan rayuan terutama bagi anak yang sulit untuk melaksanakan tindakan perlindungan diri dari Covid-19. Namun, pengenalan Covid-19 lebih banyak dilakukan ibu dibandingkan ayah. Sehingga diperlukan kerjasama dan peran ayah untuk mendukung dan melengkapi usaha yang dilakukan ibu dalam mengenalkan Covid-19 kepada anak.


Keywords


covid-19; peran orangtua; anak usia prasekolah

References


Abtokhi, A. (2012). Peran Ibu dalam Kegiatan Pendampingan Belajar Anak melalui Prinsip Individual Learning-Centered. Egalita, 4(2), 168–177. https://doi.org/10.18860/egalita.v0i0.1993

Aisyah, D. S., Riana, N., & Putri, F. E. (2019). Peran Ayah (Fathering) Dalam Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 tahun di RA Nurhalim Tahun Pelajaran 2018). Jurnal Wahana Karay Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika, 3(1), 294–304.

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. In Kencana (kedua). https://doi.org/10.1002/jcc.21776

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(140–157), 140–157.

Cnnindonesia. (2020). Update Corona 30 April: 10.118 Positif, 792 Meninggal Dunia.

Fatty Faiqah, . Muh. Nadjib, . Andi Subhan Amir, . (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 259–272. https://doi.org/10.1080/14639947.2015.1006801

Gade, F. (2012). Ibu Sebagai Madrasah dalam Pendidikan Anak. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.22373/jid.v13i1.462

Hadi, A. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. An-Nisa, 9(2), 101–121.

Hajar, I. (2018). Youtube sebagai Sarana Komunikasi Dakwah di Kota Makasar. Jurnal Al-Khitabah, 2(2), 95–109.

Hastuti, E. P., Aisah, S., & Santosa, B. (2011). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kebiasaan Mencuci Tangan Pada Anak Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak Siwi Peni Guntur Demak. Fikkes Jurnal Keperawatan, 4(2), 106–120.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Hidayati, F., Kaloeti, D. V. S., & Karyono. (2011). Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak. Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.14710/jpu.9.1

Indonesia, K. K. R. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Diseas (COVID-19). Jakarta, Indonesia.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Jakarta, D. P. P. D. (2020). Surat Edaran No. 33/ 2020 Tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)/ Home Learning Bermakna dan Menyenangkan. Jakarta.

Khatimah, H. (2018). Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–138. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548

Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209

Kosegeran, H., Ismanto, A., & Babakal, A. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi Dini dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Ranoketang Atas. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1(1), 112269.

Lestari sri. (2018). Psikologi Keluarga:Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Lismanda, Y. F. (2017). Pondasi Perkembangan Psikososial Anak Melalui Peran Ayah Dalam Keluarga. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 89–98.

Marilena, T. (2015). The Role of Parents in Integrating their Own Children in Society. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180, 1680–1685. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.05.067

Marui, K. (1952). The Role of Parents in the Education of Children. Psychiatry and Clinical Neurosciences, 6(3), 221–230. https://doi.org/10.1111/j.1440-1819.1952.tb01331.x

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 5(1), 135–159. https://doi.org/10.10358/Jk.V5i1.588

Mulyana, D. (2002). Pengaruh Terpaan Informasi Kesehatan di Televisi terhadap Sikap Hidup Sehat Keluarga. Jurnal Komunikasi Mediator, 3(2), 309–322. https://doi.org/10.29313/mediator.v3i2.779

Palupi, I. D. R. (2020). Pengaruh Media Sosial Pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Non Formal, 1(2), 127–134. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209

Pangesti, C. B., & Agussafutri, W. D. (2017). Hubungan Peran Ibu dengan Konsep Diri Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 8(2), 160–165. https://doi.org/10.34035/jk.v8i2.236

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752

R, J., & R, L. (2010). Keperawatan keluarga : plus contoh askep keluarga. Jogyakarta: Nuha Medika.

Rihiantoro, T., & Jurusan Keperawatan Poltekkes Tanjungkarang, D. (2016). Peran Orang Tua Dalam Kebiasaan Mencuci Tangan Pada Anak Usia 6-8 Tahun. In Jurnal Keperawatan. https://doi.org/10.26630/Jkep.V12i1.377

Rohani, G. A. (2015). Pengaruh Televisi (TV) Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12355

Utomo, A. P. (2020, March). WHO Umumkan Virus Corona sebagai Pandemi Global. Kompas.

Vasilyeva, E. N., & Shcherbakov, A. V. (2016). Parental Roles and Types of Parentings as Determinants of a Preschooler’s Emotional and Personal Well-being. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 233, 144–149. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.172

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019. Retrieved June 13, 2020, from World Health Organization website: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Wulandari, R. D., & Pertiwi, E. W. (2018). Pengetahuan dan Peran Orang Tua terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SD di Kecamatan Kramatwatu Serang. Jurnal Dunia Kesmas, 7(4), 225–232. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004


Article Metrics

 Abstract Views : 1932 times
 PDF Downloaded : 709 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.