- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Pengaruh Edukasi Literasi Keuangan terhadap Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5273Keywords:
nilai budi pekerti, anak usia dini, literasi keuanganAbstract
Nilai budi pekerti yang dapat pada edukasi literasi keuangan ialah bagaimana mengelola keuangan, bagaimana menginvestasikan dana, bagaimana meningkatkan budaya menabung dan berbagi serta melatih untuk mengontrol emosi agar berperilaku implusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pengaruh serta strategi edukasi literasi keuangan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan study literature dengan sumber yang relevan berjumlah : 9 penelitian dan 9 website. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwasanya strategi pelaksanaan literasi keuangan dinaunggi pemerintah serta di praktekkan di sekolah dan lingkungan sosial. Pemerintah berperan penting dalam menginformasikan literasi keuangan serta perlunya kerja sama dengan pihak sekolah dan Otoritas Jasa keuangan (OJK) Bersama pelaku Usaha jasa keuangan (PUJK). Selain itu pemerintah ketersediaan media edukasi literasi keuangan untuk anak usia dini di sekolah. Serta program sosialisasi edikasi literasi keuangan pada jenjang Pendidikan Anak usia Dini yang belum merata di lakukan oleh pemerintah. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan informasi yang diterima oleh sekolah.
Downloads
References
Arianti, B. F., & Azzahra, K. (2020). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan : Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2), 156–171. https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2635
Ariyani, A. D., Fajri, R. N., Hidayah, N., & Sartika, U. D. (2022). Kecakapan literasi keuangan pada anak usia sekolah dasar sebagai upaya pembentukan karakter cerdas mengelola uang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3223–3230. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i12.2034
Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100
Blakers, M. (2013). Australia ’ s G20 Presidency Strategic Plan. Green Institute, January.
Blenker, P., Dreisler, P., Fæ, M. H., & Kjeldsen, J. (2008). A framework for developing entrepreneurship education in a university context. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 5(1), 45–63. https://doi.org/10.1504/IJESB.2008.015953
Chasanah, A. N., Puspitasari, D., Wardhani, M. F., Herawati, R., & Budiantoro, R. A. (2022). Gerakan Pengenalan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini (PAUD) di RA Terpadu Al-Qolam Semarang. Surya Abdimas, 6(3), 500–512. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.1862
Compen, B., De Witte, K., & Schelfhout, W. (2019). The role of teacher professional development in financial literacy education: A systematic literature review. In Educational Research Review (Vol. 26, pp. 16–31). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.12.001
Hasbi, M., Nugraha, A., Herlianthy, S. L., Faridah, I., Paramita, D., & Kristyaningsih, E. (2020). Modul 1 : Konsepp pendidikan sosial finansial serta peran penndidik ddan tenaga kependidikan (PTK), orang tua, mitra dan komunitas dalam penerapan pendidikan sosial finansial.
Holden, K., Kalish, C., Scheinholtz, L., Dietrich, D., & Novak, B. (2009). Financial Literacy Programs Targeted on Pre-School Children: Development and Evaluation. In Credit Union National Association. Financialhttp://www.lafollette.wisc.edu/publications/workingpapers
Iradianty, A., & Badar, M. (2023). Dongeng Literasi Keuangan Anak Usia Dini Kepada Siswa Siswi Tk Telkomschools Buahbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(1), 39–45. https://journal.adpebi.com/index.php/JPMA/article/view/495
Kamil, I., Anggraini, D., & Prihanto, H. (2023). Edukasi Finansial Melalui K-Drama (Korean Drama) Populer. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 193–199. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.2759
Khan, F., Siddiqui, M. A., & Imtiaz, S. (2022). Role of financial literacy in achieving financial inclusion: A review, synthesis and research agenda. Cogent Business & Management, 9(1), 1–37. https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2034236
Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The impact of financial literacy education on subsequent financial behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 20(1), 15–24. 15http://ssrn.com/abstract=2224231
Meidiyustiani, R. (2023). Persuasi Literasi keuangan untuk anak usia dini pada tk dian ekawanti jakarta. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 4(1), 31–36. https://doi.org/10.32736/abdimastek.v4i1.1729
Mitchell, O. S., & Lusardi, A. (2022). Financial Literacy and Financial Behavior at Older Ages. SSRN Electronic Journal, 9(1), 1–23. https://doi.org/10.2139/ssrn.4006687
Mukhyar, M., Refika, R., Candra, E., Nurhasanah, N., & Wardana, A. (2021). Menumbuhkan Literasi Enterprneurship Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ar-Ribhu, 4(1), 132–168. https://doi.org/10.46781/ar-ribhu.v4i1.289
Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(2), 72–77. https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5430
OECD. (2012). PISA 2012 Financial Literacy Framework. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework. www.financial-education.org
Philanthropy, C. for H. I. (2015). Who benefits from early childhood programs? 1–7. http://live-penn-impact.pantheonsite.io/wp-content/uploads/2016/2015/06/Why-Invest-High-Return-on-Investment.pdf
Pradita, R. I. (2021). Pengaruh literasi keuangan, kepribadian dan perbedaan gender terhadap perencanaan keuangan keluarga di politeknik pelayaran surabaya. Behavioral Accounting Journal, 4(2), 372–388. https://doi.org/10.33005/baj.v4i2.155
Purnamasari, B. N., Nirwana, & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/260
Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., Umami, U., & Ayu A.. (2022). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan Gemar Menabung. Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology), 1(1), 118–131. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/hitech/article/view/4428
Rolnick, A., & Grunewald, R. (2003). Early Childhood Development : Economic Development with a High Public Return. The Region, December, 6–12.
Rosiah, R., & Machawan, A. E. R. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Anak Melalui Grup Membaca Dongeng Anak Jepang di PAUD Srikandi (Pengabdian di Dusun Sinogo Kelurahan Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo). Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1077–1090. https://doi.org/10.18196/ppm.35.94
Russell, C. L. (2005). An overview of the integrative research review. In Progress in Transplantation (Vol. 15, Issue 1, pp. 8–13). https://doi.org/10.1177/152692480501500102
Sarilah, S. (2022). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 99–105. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1602
Schneider-Reißig, M. (2018). Financial Literacy. Debt Literacy (Vol. 2, Issue 3, pp. 7–49). Springer Fachmedien Wiesbaden. https://doi.org/10.1007/978-3-658-22081-5_2
Thamson, S. (2014). Financing the future : Australian students’ results in the PISA 2012 financial literacy assessment. In Australian Council for Educational Research Ltd (pp. 1–66). https://research.acer.edu.au/ozpisa/16
Yuneva, H. A., & Suryana, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(3), 125–130. https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.89
Yushita, A. N. (2017). Pentinya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 15. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330
Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663