Analisis Pengaruh Edukasi Literasi Keuangan terhadap Anak Usia Dini

Authors

  • Masripah Masripah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Cepi Safruddin Abd Jabar Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Hana Qonita Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5273

Keywords:

nilai budi pekerti, anak usia dini, literasi keuangan

Abstract

Nilai budi pekerti yang dapat pada edukasi literasi keuangan ialah bagaimana mengelola keuangan, bagaimana menginvestasikan dana, bagaimana meningkatkan budaya menabung dan berbagi serta melatih untuk mengontrol emosi agar berperilaku implusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pengaruh serta strategi edukasi literasi keuangan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan study literature dengan sumber yang relevan berjumlah : 9 penelitian dan 9 website. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwasanya strategi pelaksanaan literasi keuangan dinaunggi pemerintah serta di praktekkan di sekolah dan lingkungan sosial. Pemerintah berperan penting dalam menginformasikan literasi keuangan serta perlunya kerja sama dengan pihak sekolah dan Otoritas Jasa keuangan (OJK) Bersama pelaku Usaha jasa keuangan (PUJK). Selain itu pemerintah  ketersediaan media edukasi literasi keuangan untuk anak usia dini di sekolah. Serta program sosialisasi edikasi literasi keuangan pada jenjang Pendidikan Anak usia Dini yang belum merata di lakukan oleh pemerintah. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan informasi yang diterima oleh sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, B. F., & Azzahra, K. (2020). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan : Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2), 156–171. https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2635

Ariyani, A. D., Fajri, R. N., Hidayah, N., & Sartika, U. D. (2022). Kecakapan literasi keuangan pada anak usia sekolah dasar sebagai upaya pembentukan karakter cerdas mengelola uang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3223–3230. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i12.2034

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Blakers, M. (2013). Australia ’ s G20 Presidency Strategic Plan. Green Institute, January.

Blenker, P., Dreisler, P., Fæ, M. H., & Kjeldsen, J. (2008). A framework for developing entrepreneurship education in a university context. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 5(1), 45–63. https://doi.org/10.1504/IJESB.2008.015953

Chasanah, A. N., Puspitasari, D., Wardhani, M. F., Herawati, R., & Budiantoro, R. A. (2022). Gerakan Pengenalan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini (PAUD) di RA Terpadu Al-Qolam Semarang. Surya Abdimas, 6(3), 500–512. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.1862

Compen, B., De Witte, K., & Schelfhout, W. (2019). The role of teacher professional development in financial literacy education: A systematic literature review. In Educational Research Review (Vol. 26, pp. 16–31). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.12.001

Hasbi, M., Nugraha, A., Herlianthy, S. L., Faridah, I., Paramita, D., & Kristyaningsih, E. (2020). Modul 1 : Konsepp pendidikan sosial finansial serta peran penndidik ddan tenaga kependidikan (PTK), orang tua, mitra dan komunitas dalam penerapan pendidikan sosial finansial.

Holden, K., Kalish, C., Scheinholtz, L., Dietrich, D., & Novak, B. (2009). Financial Literacy Programs Targeted on Pre-School Children: Development and Evaluation. In Credit Union National Association. Financialhttp://www.lafollette.wisc.edu/publications/workingpapers

Iradianty, A., & Badar, M. (2023). Dongeng Literasi Keuangan Anak Usia Dini Kepada Siswa Siswi Tk Telkomschools Buahbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(1), 39–45. https://journal.adpebi.com/index.php/JPMA/article/view/495

Kamil, I., Anggraini, D., & Prihanto, H. (2023). Edukasi Finansial Melalui K-Drama (Korean Drama) Populer. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 193–199. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.2759

Khan, F., Siddiqui, M. A., & Imtiaz, S. (2022). Role of financial literacy in achieving financial inclusion: A review, synthesis and research agenda. Cogent Business & Management, 9(1), 1–37. https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2034236

Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The impact of financial literacy education on subsequent financial behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 20(1), 15–24. 15http://ssrn.com/abstract=2224231

Meidiyustiani, R. (2023). Persuasi Literasi keuangan untuk anak usia dini pada tk dian ekawanti jakarta. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 4(1), 31–36. https://doi.org/10.32736/abdimastek.v4i1.1729

Mitchell, O. S., & Lusardi, A. (2022). Financial Literacy and Financial Behavior at Older Ages. SSRN Electronic Journal, 9(1), 1–23. https://doi.org/10.2139/ssrn.4006687

Mukhyar, M., Refika, R., Candra, E., Nurhasanah, N., & Wardana, A. (2021). Menumbuhkan Literasi Enterprneurship Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ar-Ribhu, 4(1), 132–168. https://doi.org/10.46781/ar-ribhu.v4i1.289

Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(2), 72–77. https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5430

OECD. (2012). PISA 2012 Financial Literacy Framework. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework. www.financial-education.org

Philanthropy, C. for H. I. (2015). Who benefits from early childhood programs? 1–7. http://live-penn-impact.pantheonsite.io/wp-content/uploads/2016/2015/06/Why-Invest-High-Return-on-Investment.pdf

Pradita, R. I. (2021). Pengaruh literasi keuangan, kepribadian dan perbedaan gender terhadap perencanaan keuangan keluarga di politeknik pelayaran surabaya. Behavioral Accounting Journal, 4(2), 372–388. https://doi.org/10.33005/baj.v4i2.155

Purnamasari, B. N., Nirwana, & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/260

Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., Umami, U., & Ayu A.. (2022). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan Gemar Menabung. Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology), 1(1), 118–131. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/hitech/article/view/4428

Rolnick, A., & Grunewald, R. (2003). Early Childhood Development : Economic Development with a High Public Return. The Region, December, 6–12.

Rosiah, R., & Machawan, A. E. R. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Anak Melalui Grup Membaca Dongeng Anak Jepang di PAUD Srikandi (Pengabdian di Dusun Sinogo Kelurahan Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo). Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1077–1090. https://doi.org/10.18196/ppm.35.94

Russell, C. L. (2005). An overview of the integrative research review. In Progress in Transplantation (Vol. 15, Issue 1, pp. 8–13). https://doi.org/10.1177/152692480501500102

Sarilah, S. (2022). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 99–105. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1602

Schneider-Reißig, M. (2018). Financial Literacy. Debt Literacy (Vol. 2, Issue 3, pp. 7–49). Springer Fachmedien Wiesbaden. https://doi.org/10.1007/978-3-658-22081-5_2

Thamson, S. (2014). Financing the future : Australian students’ results in the PISA 2012 financial literacy assessment. In Australian Council for Educational Research Ltd (pp. 1–66). https://research.acer.edu.au/ozpisa/16

Yuneva, H. A., & Suryana, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(3), 125–130. https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.89

Yushita, A. N. (2017). Pentinya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 15. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330

Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663

Downloads

Published

01-11-2023

How to Cite

Masripah, M., Jabar, C. S. A., & Qonita, H. (2023). Analisis Pengaruh Edukasi Literasi Keuangan terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6165–6176. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5273

Issue

Section

Articles