Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat

(1) Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Copyright (c) 2020 Esther Yuli Ekawati
DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.525
Download Full Text:

Received : 2020-04-29 | Published : 2020-05-12
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberi evaluasi pada program parenting pada KB-TK Bethany School Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif kualitatif menggunakan model Discrepancy Evaluation Method oleh Provus (1971) melalui 5 tahapan desain, instalasi, proses, produk, analisis biaya manfaat. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara kepala sekolah, empat guru dan tiga orang tua, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan penelitian, tujuan program tercapai. Hasil penelitian menemukan bahwa program parenting di KB-TK Bethany School Salatiga dinilai baik dengan deskripsi tahap desain, tahap instalasi, tahap di sekolah memenuhi delapan puluh persen aspek milik pemerintah, tahap empat tujuan tercapai sehingga bernilai baik. Dalam tahap perbandingan dengan program lain, masing-masing program bermanfaat tetapi saling mendukung. Ditemukan empat kesenjangan dalam program yaitu belum terlaksananya keterlibatan orang tua di dalam kelas, terhentinya kegiatan parents to parents Belum adanya gabungan berita dan bacaan pendamping, pengasuh ikut dalam program. Peneliti menyarankan untuk melanjutkan program ini dengan perbaikan.
Keywords
References
Arikunto, S., & Safrudin Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Arikunto, S., & Safrudin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Bagi Mahasiwa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.
Ayudia, C. (2014). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Orang tua di SDN Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1). http://103.216.87.80/index.php/bahana/article/view/3739/2974
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations (9th ed.). Kencana.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, N. dan I. K. P. N. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. https://drive.google.com/file/d/0B-1xIqIGe4j8MFE4Z1pWN1QtWTQ/view. https://doi.org/10.24832/jpkp.v1i1.177.
Fitroh, S. F., & Oktavianingsih, E. (2020). Peran Parenting dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu terhadap Stunting di Bangkalan Madura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 610–619. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.415
Ftizpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2004). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. Pearson.
Lenny Nuraeni, Andrisyah, R. N. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Lindasari, E., Wiyono, B. B., & Arifn, I. (2017). MANAJEMEN PARENTING DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN ORANGTUA. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 146–155. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/emi-linda.pdf. https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p146.
Monikasari, Ci. (2013). Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orang tua Peserta Didik di PAUD Permata Hati. Diklus, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2896/2444
Nelliraharti Nelliraharti, & Sari, Y. (2019). PELAKSANAAN PRORAM PARENTING BAGI ORANG TUA SISWA DI KUTTAB AL-FATIH BANDA ACEH. Journal of Education Science, 5(2). http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/493
Nooraeni, R. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8750/5430
Permatasari, E., Handayani, T., & Hamzah, A. (2019). Kerjasama Orang tua dan Guru di MI Hijriyah IV Palembang dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Smartphone. Primary Education Journal. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/index
Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Rineka Cipta.
Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39–42. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JBKI/article/view/890/pdf. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890.
Rahayu, S. (2018). Pentingnya Program Parenting dalam Pendidikan Anak Usia Dini. http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20180927155114/Pentingnya-Program-Parenting-dalam-Pendidikan-Anak-Usia-Dini
Rahman, H. A., Affandi, H. M., Effendi, M., & Matore, E. M. (2018). Evaluating School Support Plan: A Proposed Conceptual Framework Using Discrepancy Evaluation Model. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(17), 49–56. http://www.ijepc.com/PDF/IJEPC-2018-17-09-05.pdf
S., S. (2018). Pengaruh Program Parenting terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini. Palita: Journal of Social Religion Research, 2(2), 161–174. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/palita/article/view/124
Siregar, F. A. (2018). Mengelola Hubungan Sekolah dan Masyarakat. IJTIMAIYAH JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN BUDAYA, 2(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/4475
Siti Chumaerotin, Munawar, M., & Karmila, M. (2019). Pentingnya Program Parenting Pada Era Globalisasi di Lembaga Paud. Seminar Nasional Paud 2019. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/434
Sudjana, N. (2017). Dasar-Dasar Proses Belajar. Sinar Baru Algesindo.
Syur’aini, Setiawati, & Sunarti, V. (2018). Penyusunan Program Parenting Bagi Pengelola Dan Pendidik Paud Di Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara. Kolokium, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2). http://kolokium.ppj.unp.ac.id/index.php/kolokium-pls/article/view/13/pdf
Ulva, C. H. (2017). No Title. Universitas ISlam Negeri AR-Raniry Banda Aceh. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.13
Yusup, W. B., Ismanto, B., & Wasitohadi. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola, Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 45–53. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1498/1196. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p44-53.
Article Metrics


This article can be traced from:
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.