Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat

Esther Yuli Ekawati(1Mail), Ade Iriani(2),
(1) Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Esther Yuli Ekawati

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.525

Download Full Text:   [File Size  : 429KB]  Language : ID
Received : 2020-04-29  |  Published : 2020-05-12

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberi evaluasi pada program parenting pada KB-TK Bethany School Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif kualitatif menggunakan model Discrepancy Evaluation Method oleh Provus (1971) melalui 5 tahapan desain, instalasi, proses, produk, analisis biaya manfaat. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara kepala sekolah, empat guru dan tiga orang tua, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan penelitian, tujuan program tercapai. Hasil penelitian menemukan bahwa program parenting di KB-TK Bethany School Salatiga dinilai baik dengan deskripsi tahap desain, tahap instalasi, tahap di sekolah memenuhi delapan puluh persen aspek milik pemerintah, tahap empat tujuan tercapai sehingga bernilai baik. Dalam tahap perbandingan dengan program lain, masing-masing program bermanfaat tetapi saling mendukung. Ditemukan empat kesenjangan dalam program yaitu belum terlaksananya keterlibatan orang tua di dalam kelas, terhentinya kegiatan parents to parents Belum adanya gabungan berita dan bacaan pendamping, pengasuh ikut dalam program. Peneliti menyarankan untuk melanjutkan program ini dengan perbaikan.


Keywords


evaluasi program; discrepancy; parenting class

References


Arikunto, S., & Safrudin Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Safrudin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Bagi Mahasiwa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Ayudia, C. (2014). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Orang tua di SDN Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1). http://103.216.87.80/index.php/bahana/article/view/3739/2974

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations (9th ed.). Kencana.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, N. dan I. K. P. N. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. https://drive.google.com/file/d/0B-1xIqIGe4j8MFE4Z1pWN1QtWTQ/view. https://doi.org/10.24832/jpkp.v1i1.177.

Fitroh, S. F., & Oktavianingsih, E. (2020). Peran Parenting dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu terhadap Stunting di Bangkalan Madura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 610–619. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.415

Ftizpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2004). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. Pearson.

Lenny Nuraeni, Andrisyah, R. N. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Lindasari, E., Wiyono, B. B., & Arifn, I. (2017). MANAJEMEN PARENTING DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN ORANGTUA. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 146–155. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/emi-linda.pdf. https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p146.

Monikasari, Ci. (2013). Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orang tua Peserta Didik di PAUD Permata Hati. Diklus, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2896/2444

Nelliraharti Nelliraharti, & Sari, Y. (2019). PELAKSANAAN PRORAM PARENTING BAGI ORANG TUA SISWA DI KUTTAB AL-FATIH BANDA ACEH. Journal of Education Science, 5(2). http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/493

Nooraeni, R. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8750/5430

Permatasari, E., Handayani, T., & Hamzah, A. (2019). Kerjasama Orang tua dan Guru di MI Hijriyah IV Palembang dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Smartphone. Primary Education Journal. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/index

Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Rineka Cipta.

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39–42. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JBKI/article/view/890/pdf. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890.

Rahayu, S. (2018). Pentingnya Program Parenting dalam Pendidikan Anak Usia Dini. http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20180927155114/Pentingnya-Program-Parenting-dalam-Pendidikan-Anak-Usia-Dini

Rahman, H. A., Affandi, H. M., Effendi, M., & Matore, E. M. (2018). Evaluating School Support Plan: A Proposed Conceptual Framework Using Discrepancy Evaluation Model. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(17), 49–56. http://www.ijepc.com/PDF/IJEPC-2018-17-09-05.pdf

S., S. (2018). Pengaruh Program Parenting terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini. Palita: Journal of Social Religion Research, 2(2), 161–174. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/palita/article/view/124

Siregar, F. A. (2018). Mengelola Hubungan Sekolah dan Masyarakat. IJTIMAIYAH JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN BUDAYA, 2(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/4475

Siti Chumaerotin, Munawar, M., & Karmila, M. (2019). Pentingnya Program Parenting Pada Era Globalisasi di Lembaga Paud. Seminar Nasional Paud 2019. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/434

Sudjana, N. (2017). Dasar-Dasar Proses Belajar. Sinar Baru Algesindo.

Syur’aini, Setiawati, & Sunarti, V. (2018). Penyusunan Program Parenting Bagi Pengelola Dan Pendidik Paud Di Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara. Kolokium, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2). http://kolokium.ppj.unp.ac.id/index.php/kolokium-pls/article/view/13/pdf

Ulva, C. H. (2017). No Title. Universitas ISlam Negeri AR-Raniry Banda Aceh. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.13

Yusup, W. B., Ismanto, B., & Wasitohadi. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola, Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 45–53. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1498/1196. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p44-53.


Article Metrics

 Abstract Views : 147 times
 PDF Downloaded : 42 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.