- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5247Keywords:
kemampuan sains, metode eksperimen, anak taman kanak-kanakAbstract
Sebagian besar anak di taman kanak-kanak ABA Desa Baru memiliki kemampuan sains yang belum sesuai dengan capaian perkembangan yang harus dimiliki oleh anak berdasarkan usianya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa efektifkah metode eksperimen untuk mengembangkan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif yang termasuk dalam kategori quasi eksperiment yakni the nonrandomized control group pretest-posttest control group design yang menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian quasi eksperimental ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 30 anak. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan kemampuan sains anak dari post-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-ratanya 57,93 sedangkan untuk post-test kelas kontrol diperoleh rata-rata 53,70. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa metode eksperimen lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan sains anak dibandingkan dengan pembelajaran kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Menerapkan metode eksperimen ini memerlukan kesiapan guru untuk mengajarkan materi sains yang akan dikenalkan kepada anak mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Bria, E., Sine, Y., Adu, R., Manlea, H., Hanas, D., Pardosi, L., & Korbafo, E. (2022). Pelatihan Pembuatan Kecambah Kacang Hijau (Tauge) Dengan Media Pasir Sungai Untuk Masyarakat Dusun Banopo, Kabupaten Timor Tengah Utara. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 6(3), 25-28. https://doi.org/10.36339/je.v6i3.606.
Chakraborty, D. (2018). Medicinal Role of Mung Bean Sprouts (Vigna radiata). International Journal of Science and Research, 9(9), 12–16. https://doi.org/10.21275/SR20829114816
Chelsea Hetherington, Cl. B. larm. kylie R. (2020). Planting the Seeds for Nature-Based Learning: Impacts of a Farm- and Nature-Based Early Childhood Education Program. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 8(1), 44–63. https://eric.ed.gov/?id=EJ1280494
Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.
Erden, E. Ö. Y. F. T. (2017). Investigating early childhood teachers’ veiws on science practices: The integration of science with visual art in early childhood settings. Early Child Development and Care, 187(7). https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1160899
Fuadiyah, M. W. S. (2021). Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau. PROSEMNASBIO UNP, 1, 587–592. http://alfiyanfaqih.blogspot.com/2011/08/pengaruh-cahaya-matahari-terhadap.html
Hanif, M., Khattak, M. K., Ul Haq, I., Gul, K., Khan, A., Ullah, K., Khan, A., & Ali, A. (2019). Effects of temperature and water purity on germination and yield of mungbean sprouts. Sains Malaysiana, 48(4), 711–717. https://doi.org/10.17576/jsm-2019-4804-02
Havu-Nuutinen, S., Kewalramani, S., Veresov, N., Pöntinen, S., & Kontkanen, S. (2022). Understanding Early Childhood Science Education: Comparative Analysis of Australian and Finnish Curricula. Research in Science Education, 52(4), 1093–1108. https://doi.org/10.1007/s11165-020-09980-4
Izzuddin, A. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/714
Izzuddin, A. (2021). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 542–557. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1614
Junaidi, F. A. (2021). Pengaruh Suhu Perendaman terhadap Pertumbuhan VIGORBIJI kopi lampung (coffeacanephora). JIP Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 52–61. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1040
Kamtini, K., & Khairani, M. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A. 2014/2015. Jurnal Usia Dini, 4(2), 31. https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12091
Mandagi, D. A. O. R. M. S. M. O. (2022). Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Eksperimen Kecambah Pada Anak Di TK Tunas Harapan Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 61–67. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/5986
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Nurhafizah. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-kanak di Koto Tangah Padang. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b), 103–115. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1067
Nurhafizah, N., & Kosnin, A. M. (2015). Implementasi Permainan Tradisional Indonesia Di Taman Kanak-Kanak Kota Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 85. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5249
Nurhafizah, N., & Moh.Kosnin, A. (2017). The Development of Children’s Social-Emotional Competences: A Case Study in UNP's Labschool-Kindergarten, Padang Indonesia. Atlantis Press, 58, 369–374. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.64
Rohani, N. P. (2015). Penerapan metode eksperimen pada pertumbuhan tanaman untuk meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B TK PGRI Purworejo Kabupaten Tulungagung. 151, 10–17. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2015/11.1.01.11.0047.pdf
Srinahyanti, P. H. H. (2018). Literasi Sains Ramah Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eceji/article/view/32410
Suryameng, & Marselina, T. Y. (2019). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Santa Yohana Antida 2. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 46–58. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/view/610
Suryameng, Yohanes Berkhmas Mulyadi, Sarayati, & Sudarto. (2021). Materi Pengenalan Sains Melalui Percobaan Sederhana Kelompok B Di PAUD Cerdas Sintang. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 378–386. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/view/610/0
Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Group.
Susanti, R. (2013). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Pendekatan Ingkuiri. Visi : Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 8(1). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/7698
Susilowati, N. (2016). Pengenalan sains melalui percobaan sederhana pada anak kelompok b di KB-RA IT al-husna yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(5), 551–560. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/2153
Wong, L. A. J. D. B. (2014). Spheres of influence: What shapes young people’s aspirations at age 12/13 and what are the implications for education policy? Journal of Education Policy, 29(1), 58–85. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/02680939.2013.790079
Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains berbasis Multisensori Ekologi (PSB MUGI) bagi Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842
Yolanda Pahrul, Y., Rani, A. R., Sari, A. D., & Laurenti, V. (2021). Pembelajaran Life Science pada Anak Usia Dini. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan). Kencana.