- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Proses Kreativitas Bentuk Huruf dan Angka Dalam Pembelajaran Seni Lukis
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5242Keywords:
kreativitas anak, huruf dan angka, seni lukis, anak usia diniAbstract
Proses kreativitas bentuk huruf dan angka dalam seni lukis anak usia dini menjadi sarana pembelajaran dengan didesain menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kreativitas bentuk huruf dan angka dalam pembelajaran seni lukis pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data; observasi, tinjauan pustaka, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpualan. Teknik pengumpulan data; wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama, kreativitas bentuk huruf dan angka dalam pembelajaran seni lukis terbukti dapat membantu menumbuhkan kreativitas pada anak. Kedua, kreativitas bentuk huruf dan angka dalam pembelajaran seni lukis dapat menajadi alternatif pada anak dalam memahami konsep huruf dan angka dalam imajinasi anak. Ketiga, kreativitas bentuk huruf dan angka dalam pembelajaran seni lukis efektif dan baik karena memberi kemudahan pada pendidik dan peserta didik saat mengaplikasikan menjadi sebuah karya. Keempat, kreativitas bentuk huruf dan angka dalam pembelajaran seni lukis memberi warna baru yang membuat anak antusias dan semangat dalam pembelajaran di lingkungan kelas.
Downloads
References
Aprillia, E., & Wulandari, R. (2023). Pengelolan pembelajaran seni rupa melalui kegiatan kolase untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 1(02 Juni), 139–147. http://azramediaindonesia.com/index.php/hypothesis/article/view/663
Arda, Z. (2009). Art instruction in pre-school education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 150–153. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.028
Arslan, A. A. (2014). A Study into the effects of art education on children at the socialisation process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4114–4118. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.900
Asmawati, L. (2017). Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran terpadu berbasis kecerdasan jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10
Ata-Akturk, A., & Sevimli-Celik, S. (2023). Creativity in early childhood teacher education: beliefs and practices. International Journal of Early Years Education, 31(1), 95–114. https://doi.org/10.1080/09669760.2020.1754174
Bahri, E. D. P., & Sattar, M. (2017). Karakter bubbledolls sebagai penciptaan seni lukis. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 05 Nomor 0, 127. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/18279
Bereczki, E. O., & Kárpáti, A. (2018). Teachers’ beliefs about creativity and its nurture: a systematic review of the recent research literature. Educational Research Review, 23(November 2017), 25–56. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.10.003
Clark, V., Ketchabaw, V. P., & Hodgins, B. D. (2016). Thinking with paint: troubling settler colonialisms through early childhood art pedagogies. International Journal of Child, Youth, and Family Studies, 5, 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.18357/ijcyfs.clarkv.5422014
Gill, E. (2016). Play in family therapy: second edition. Guilford Publications,Inc: New York.
Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada paud. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 7(1), 53. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/4698
Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 134–139. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31664
Hikmawati, H., Takasun, T., & Ariani, N. K. K. (2022). Upaya meningkatkan perkembangan aspek seni anak Melalui Kegiatan melukis dengan jari di tk gita maharani. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 182–187. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i2.3720
Huliyah, M. (2016). Pengembangan seni pada anak usia dini. As -Sibyan Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(2), 149–164. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/4622
Karwowski, M., Kaufman, J. C., Lebuda, I., Szumski, G., & Firkowska-Mankiewicz, A. (2017). Intelligence in childhood and creative achievements in middle-age: the necessary condition approach. Intelligence, 64(February), 36–44. https://doi.org/10.1016/j.intell.2017.07.001
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Kholmuratovich, M. K. (2020). Methodology of improving independent learning skills of future fine art teachers (on the example of still life in colorful paintings). International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(5), 2043–2048. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i5/pr201880
Kurnia, S. D. (2015). Pengaruh kegiatan painting dan keterampilan motorik halus terhadap kreativitas anak usia dini dalam seni lukis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 285–302. https://doi.org/10.21009/JPUD.092
Kusumawardani, R., Rosidah, L., Dina, R., Wardhani, K., & Raharja, R. M. (2018). Profil anak usai 5-6 tahhun fkip universutas sultan ageng tirtayasa. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan DIKMAS, 13(1), 11–16. https://doi.org/10.21009/JIV.1301.2
Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan perencanaan pembelajaran anak usia dini melalui sistem informasi berbasis website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770
Lilly, F. R. (2014). Encyclopedia of primary prevention and health promotion. Encyclopedia of Primary Prevention and Health Promotion, January 2014. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-5999-6
Marlina, L. (2017). Perencanaan pembelajaran pendidikan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis pembelajaran seni melalui finger painting pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Munandar, U. (2016). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Muntoharoh, K., & Sugiarto, E. (2020). Ekspresi kreatif seni lukis anak-anak pada komunitas taman belajar sobat kecil semarang. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 1–23. https://doi.org/10.15294/eduarts.v9i2.38517
Nurani, Y. (2016). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.
Nurjanah, N. E., & Hardiyanti, W. D. (2020). Playing through painting activities to stimulate early-childhood creativity. ACM International Conference Proceeding Series, 15–18. https://doi.org/10.1145/3452144.3452232
Ramdini, T. P., & Mayar, F. (2019). Peranan kegiatan finger painting terhadap perkembangan seni rupa dan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1411–1418. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/378
Retnowati, T. H. (2015). Strategi pembelajaran seni lukis anak usia dini di sanggar pratista yogyakarta. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6636
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Santrock, J. W. (2016). Life span development. McGraw-Hill Higher Education.
Sartika Ukar, D., Taib, B., & Alhadad, B. (2020). Analisis kreativitas menggambar melalui kegiatan menggambar. Cahaya Paud: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2262
Soylu, B., Ünüvar, P., & Çivik, S. P. (2015). Lineal development chracteristics of preschool children paintings. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 687–692. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.602
Suryana, D. (2017). Pembelajaran tematik terpadu berbasis pendekatan saintifik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 67–82. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.05
Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tandirli, E. (2012). Painting education & artistic evolution. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 4493–4497. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.283
Tuğrul, B., Uysal, H., Güneş, G., & Okutan, N. Ş. (2014). Picture of the Creativity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3096–3100. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.714
Wechsler, S. M., Saiz, C., Rivas, S. F., Vendramini, C. M. M., Almeida, L. S., Mundim, M. C., & Franco, A. (2018). Creative and critical thinking: independent or overlapping components? Thinking Skills and Creativity, 27(November 2017), 114–122. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.12.003
Winnuly, W., & Pamungkas, J. (2022). Analisis penggunaan bahan sisa pada pembelajaran kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4631–4639. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2637
Yates, E., & Twigg, E. (2017). Developing creativity in early childhood studies students. Thinking Skills and Creativity, 23, 42–57. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.11.001