- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pola Komunikasi Keluarga dengan Pembentukan Kemandirian Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5223Keywords:
anak, kemandirian, pola komunikasi keluarga, sekolah.Abstract
Di era modern ini, banyak anak yang tumbuh dalam lingkungan yang serba praktis dan instan. Hal ini menyebabkan anak-anak menjadi kurang terlatih dalam bertanggung jawab atas diri sendiri. Penelitian ini hendak meneliti hubungan komunikasi orang tua anak dan pembentukan kemandirian pada siswa boarding school dan non-boarding school, dengan cara menguji hubungan komunikasi orang tua anak dengan kemandirian anak. Penelitian ini melibatkan 54 siswa boarding school dan 118 siswa non-boarding school. Metode penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode korelasional yang penelitian dilakukan pada populasi atau sampel tertentu dengan menggunakan alat ukur Kuesioner Komunikasi Orang Tua Anak dan Kuesioner Kemandirian yang dilakukan validasi dengan pearson product-moment correlation coefficient dan reabilitas menggunakan alpha cronbach. Hasil penelitian dari uji korelasi pearson product moment menunjukkan hubungan antara orientasi percakapan dan kemandirian anak berhubungan secara signifikan, sedangkan hubungan orientasi konformitas dan kemandirian anak hanya satu yang menunjukkan hubungan secara signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan antara pola komunikasi orang tua anak dan pembentukan kemandirian anak yang bersekolah di boarding school dan non-boarding school.
Downloads
References
Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini: Teori dan Metode Pengembangan. Edu Publisher.
Anggaraini, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Sikap Mandiri Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 197–209. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i2.1791
Apsarini, P. E., & Rina, N. (2022). Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Dalam Konsep Diri Remaja Akhir. Medium, 10(1), 41–53. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9031
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.
Azmi, N. (2015). Potensi Emosi Remaja dan Perkembangannya. 2(1), 36–46. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/sosial.v2i1.50
Bancin, B., Umar, M. N., & Masbur. (2023). Motivasi Orang Tua Santri dalam Menyekolahkan Anaknya di Pesantren Darul Muta ’ allimin Pasca Meninggalnya Abuya. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 5(1), 674–693. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/tadabbur.v5i1.347
Bastian, F. (2018). Analisis Psikososial, Masalah Emosi dan Perilaku Pada Siswa Boarding School dan Siswa Non-Boarding School di Banda Aceh. Jurnal Aceh Medika, 2(2), 233–240. ISSNhttps://doi.org/www.jurnal.abulyatama.ac.id/acehmedika
Dennison, R. P., Koerner, S. S., & Segrin, C. (2014). A dyadic examination of family-of-origin influence on newlyweds’ marital satisfaction. Journal of Family Psychology, 28(3), 429–435. https://doi.org/10.1037/a0036807
Gunarsa, S. (2012). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Gunung Mulia.
Hanson, T. A. (2022). Family Communication, Privacy Orientation, & Financial Literacy: A Survey of U.S. College Students. Journal of Risk and Financial Management, 15(11). https://doi.org/10.3390/jrfm15110528
Hidayat, A. L., & Ramadhana, M. R. (2021). Peran Komunikasi Keluarga dalam Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita di Yayasan Rumah Bersama. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 110–121. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.1010
Husna, A. N., & Wungu, H. (2018). Kemandirian Emosional Pada Remaja Awal: Studi Di Smpn 1 Margaasih Kabupaten Bandung. Journal of Psychological Science and Profession, 2(3), 222. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i3.21599
Izzati, U. A., & Lestari, G. D. (2018). Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. In Laporan Penelitian Kebijakan Fakultas/Jurusan/Produk Data UKT FIP Unesa. Universitas Negeri Surabaya.
Jaelany, A. A., & Purba, V. (2021). Pola Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua dan Anak dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(2), 162. https://doi.org/10.18592/jea.v6i2.3864
Khoiruzzadi, M., & Luqmanul Hakim, M. (2020). Sistem Boarding School Dalam Membentuk Kemandirian Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4607
Koerner, A. F., & Fitzpatrick, M. A. (2002). You Never Leave Your Family in a Fight: The Impact of Family of Origin on Conflict-Behavior in Romantic Relationships. Communication Studies, 53(2), 234–251. https://doi.org/10.1080/10510970209388588
Koerner, F. A., & Mary Anne, F. (2012). Understanding Family Communication Patterns and Family Functioning: The Roles of Conversation Orientation and Conformity Orientation. Annals of the International Communication Association, 26(1), 36–65. https://doi.org/10.1080/23808985.2002.11679010
Komariah, N., Farid, & Effendi, S. H. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kemampuan Sosialisasi Anak. Sari Pediatri, 18(5), 373–378. https://doi.org/10.14238/sp18.5.2017.373-8
Kumalasari, N. D. (2015). Hubungan antara Konformitas dengan Kemandirian dalam Pengambilan Keputusan. In Naskah Publikasi Psikologi (tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lestari, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777
Mareta, H. R., Hardjono, H., & Agustina, L. S. S. (2020). Dampak pola komunikasi keluarga laissez-faire terhadap kecanduan internet pada remaja di kota Surakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 44–53. https://doi.org/10.23917/indigenous.v5i1.8740
Miller, J., Brady, S., Balmuth, A., D’Ambrosio, L., & Coughlin, J. (2021). Student Loans at the Dinner Table: Family Communication Patterns About Student Loans Before Accrual and During Repayment. Journal of Family and Economic Issues, 42(2), 251–271. https://doi.org/10.1007/s10834-021-09759-3
Nahriyah, S. (2018). Tumbuh Kembang Anak Di Era Digital. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 65–74. https://doi.org/10.5281/zenodo.3552008
Nakhaee, S., Vagharseyyedin, S. A., Afkar, E., & Salmani Mood, M. (2017). The Relationship of Family Communication Pattern with Adolescents’ Assertiveness. Modern Care Journal, 14(4). https://doi.org/10.5812/modernc.66696
Pramono, F., Lubis, D. P., Puspitawati, H., & Susanto, D. (2017). Communication Pattern and Family Typology of High School Adolescents in Bogor. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(1), 20. https://doi.org/10.25008/jkiski.v2i1.85
Priyatno, D. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Dengan SPSS. Gava Media. https://books.google.co.id/books?id=D9_YDwAAQBAJ&pg=PA369&lpg=PA369&dq=Prawirohardjo,+Sarwono.+2010.+Buku+Acuan+Nasional+Pelayanan+Kesehatan++Maternal+dan+Neonatal.+Jakarta+:+PT+Bina+Pustaka+Sarwono+Prawirohardjo.&source=bl&ots=riWNmMFyEq&sig=ACfU3U0HyN3I
Ramadhana, M. R. (2018). Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Orangtua-Anak pada Remaja Pola Asuh Orangtua Authoritarian. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(2), 197. https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11582
Ramadhana, M. R. (2020). Mempersiapkan Ketahanan Keluarga Selama Adaptasi Kebiasaan Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 61. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.572
Romadhani, A. A., Adzhariah, S. I., Safitri, W., & Suprapmanto, J. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak: Kemandirian anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 91–99. https://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/article/view/42
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Sarnoto, A. Z. (2022). Komunikasi Efektif pada ‘Anak Usia Dini dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2359–2369. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1829
Setiawan, I., & Nusantoro, E. (2020). Hubungan Antara Kemandirian Dan Konformitas Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Mahasiswa Semester 5 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun 2019. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 104. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6418
Setyawati, N. S., Sulaiman, & Noorhafizah. (2020). The Influence of Parents’ Role and Parenting on Communication and Social Independence of Children in Kindergarten Cempaka Cluster, Central Banjarmasin Subdistrict. Journal of K6 Education and Management, 3(1), 66–73. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.01.09
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Alfabeta.
Suntiah, R., Fikri, M., & Assidiqi, M. H. (2020). Perbandingan Akhlak Siswa Berasrama dengan Non Asrama SMA Boarding School. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1), 24–36.
Suparmi, Ekowarni, E., Adiyanti, M., & Helmi, A. F. (2018). Pengasuhan sebagai Mediator Nilai Anak dalam Memengaruhi Kemandirian Anak dengan Down Syndrome. Jurnal Psikologi, 45(2), 141–150. https://doi.org/10.22146/jpsi.34716