- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Kemitraan PAUD dan Keluarga dalam Mendukung Praktik Playful Parenting
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5212Keywords:
kemitraaan paud dan keluarga, playful parenting, anak usia diniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti yaitu kondisi dan perubahan yang terjadi di masyarakat selalu memberikan makna yang berbeda pada tempat tumbuh dan berkembangnya anak. Adanya kondisi sebelumnya seperti orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak bisa mendampingi anak bermain. Kasus lainnya ketika orang tua bekerja di rumah, akan memunculkan dampak terhadap anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kemitraan PAUD dan keluarga terhadap praktik playful parenting. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional dengan bantuan SPSS.25.0. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket, sebagai alat untuk mengumpulkan data yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan penelitian hasil yang ditemukan dengan perhitungan menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai R square pada tabel sejumlah 0,290 atau 29%, dengan demikian menunjukkan bahwa pengaruh kemitraan PAUD dan keluarga sebesar 29% terhadap praktik playful parenting.
Downloads
References
Andriani, D., & Rakimahwati, R. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1910–1922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4243
Anwar Hafidzi, H., & Hadisa Putri, D. (2018). Kemitraan Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Analisis terhadap Pola dan Tingkah Laku Anak Usia Dini dan Lingkungan). Jurnal Edukasi Anak Usia Dini, 4(1), 28–46. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jurnalaud/issue/view/435
Cohen, J. (2001). Defining Identification: A Theoretical Look at the Identification of Audiences With Media Characters. Mass Communication and Society, 4(3), 245–264. https://doi.org/10.1207/S15327825MCS0403_01
Herrera, D. D. A., & Guayana, T. G. F. (2022). Las prácticas lúdicas familiares en el aprendizaje de la lectura y escritura en estudiantes del grado primero. Acta Scientiarum. Education, 44, e61343. https://doi.org/10.4025/actascieduc.v44i1.61343
Malonda, V. (2013). Kepuasan dan motivasi kerja pengaruhnya terhadap produktivitas kerja karyawan PT.Matahari megamall Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 969–979. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1906
Nawa, N., Nakamura, K., & Fujiwara, T. (2020). Oxytocin Response Following Playful Mother–Child Interaction in Survivors of the Great East Japan Earthquake. Frontiers in Psychiatry, 11(June), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.00477
Rahmah, A. A. T., Salsabila, Septiani, V. T., InasSafira, F., & Putri, Y. F. (2022). Program Parenting: Kelas Pertemuan Orangtua (KPO) Dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Kelompok/Kelas Anak (KOK). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 01, No. 02, 269–274. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/503
Ruuska, A., & Salonen, H. (2021). Lasten omaehtoiseen leikkiin osallistuminen ja siihen liittyvät tekijät kasvattajien kokemana. https://jyx.jyu.fi/handle/123456789/75692
Samuelsson, I. P., & Carlsson, M. A. (2008). The playing learning child: Towards a pedagogy of early childhood. Scandinavian Journal of Educational Research, 52(6), 623–641. https://doi.org/10.1080/00313830802497265
Schneider, M., Falkenberg, I., & Berger, P. (2022). Parent-Child Play and the Emergence of Externalizing and Internalizing Behavior Problems in Childhood: A Systematic Review. Frontiers in Psychology, 13(May), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.822394
Singer, E. (2015). Play and playfulness in early childhood education and care. Psychology in Russia: State of the Art, 8(2), 27–35. https://doi.org/10.11621/pir.2015.0203
Sugiyono, S. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.
Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd
Wasik, B. A., & Jacobi-Vessels, J. L. (2017). Word Play: Scaffolding Language Development Through Child-Directed Play. Early Childhood Education Journal, 45(6), 769–776. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0827-5
Wu, A., Tian, Y., Chen, S., & Cui, L. (2022). Do Playful Parents Raise Playful Children? A Mixed Methods Study to Explore the Impact of Parental Playfulness on Children’s Playfulness. Early Education and Development, 00(00), 1–24. https://doi.org/10.1080/10409289.2022.2148072
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Zhang, C., Cubbin, C., & Ci, Q. (2019). Parenting stress and mother– child playful interaction: the role of emotional support. Journal of Family Studies, 25(2), 101–115. https://doi.org/10.1080/13229400.2016.1200113