Implemenatsi Kegiatan Bermain Cak Bur terhadap Peningkatan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi

Author


Isra Miyarti(1), Nurhafizah Nurhafizah(2Mail),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 224KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 36 times PDF Downloaded: 10 times

Abstract


Masa pandemi Covid 19 merubah pola hidup masyarakat pada bidang pendidikan yang mengharuskan setiap anak menggunakan gadget untuk mendapatkan hak mereka dalam proses belajar yang mengalami perubahan yang sangat drastis sehingga aspek perkembangan sosial emosional tidak terstimulasi dengan baik. Hal ini disebabkan anak tidak bisa bermain dengan teman sebayanya selama lebih kurang 1,5 tahun lamanya. Oleh karena itu, diperlukan permainan yang menyenangkan bersama dengan teman sebayanya seperti permainan tradisional Cak bur. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan permainan Cak bur terhadap peningkatan sosial emosional anak. Metode yang diambil dalam penelitian ini yaitu menggunakan literature dari jurnal terakreditasi dengan analisis data deskriptif. Hasil dari penelitian ditemukan dari 22 jurnal yang terjaring, terdapat 5 jurnal  relevan. Dapat disimpulkan bahwa permainan tradisonal  Cak bur dapat meningkatkan ketrampilan sosial anak sejak usia dini antara lain: Kerjasama, membiasakan anak bersikap jujur, terbiasa disiplin, tumbuhnya rasa toleransi, bertanggung jawab, serta membiasakan anak bersikap berlapang dada


Keywords


permainan cak bur; sosial emosional; anak usia dini

References


Adek Diah Saputri, Dian Eka Priyantoro, & Uswatun Hasanah. (2021). Implementasi Permainan Tradisional Gobag Sodor dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Pertiwi 2 Sidodadi Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4579

Alvi, R. R., Jais, M., Ayub, D., Fitrilinda, D., & ... (2021). Identifikasi Nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Cak Bur. Journal of Nonformal …, 5(2), 104–111. https://doi.org/10.15294/pls.v5i2.49187

Anggraini, R., & Nurhafizah. (2020). Stimulasi Kemampuan Kerjasama Anak dengan Permainan Gobak Sodor Ditaman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3471–3481.

Anggreni, M. A., Mulyono, M., & Fauriyah, T. (2022). Aplikasi Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun TK Darussalam Wedoro Belahan. JOEL:Journal of Educational and Language Research, 1(6), 653–660.

Arga, H. S. P., Nurfurqon, F. F., & Nurani, R. Z. (2020). Improvement of Creative Thinking Ability of Elementary Teacher Education Students in Utilizing Traditional Games in Social Studies Learning. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 235–250. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i2.26347

Aulia, P. (2018). Efektifitas Permainan Tradisonal Cak Bur Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 12–18. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.291

Bilal Ahmad Gul, S. (2023). Early Childhood Care and Education (3-6 Years) and the Role of Traditional Games: An Exploratory Study of Jammu and Kashmir. Asian Journal of Education and Social Studies, 39(1), 53–59. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v39i1839

Desi, T., & Susilawati, I. (2021). Permainan Tradisional Gobak Sodor Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Pelangi. 39–43.

Fadillah. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Kencana.

Hariyani, F. (2020). Pengaruh Digital Parenting Terhadap Sosial Kemandirian Anak Prasekolah. Mahakam Midwifery Journal (MMJ), 5(1), 38. https://doi.org/10.35963/midwifery.v5i1.147

Hilya, A. R., Suryani, I., Harahap, F. P., Boang, R. R., Manalu, & Simbolon, M. R. (2023). Perkembangan Sosial Dalam Perkembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3902–3908. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2560

Jabar, A., Gazali, R. Y., Ningrum, A. A., Atsnan, M. F., & Prahmana, R. C. I. (2022). Ethnomathematical Exploration on Traditional Game Bahasinan in Gunung Makmur Village the Regency of Tanah Laut. Mathematics Teaching-Research Journal, 14(5), 107–127.

Kamid, K., Rohati, R., Hobri, H., Triani, E., Rohana, S., & Pratama, W. A. (2022). Process Skill and Student’s Interest for Mathematics Learning: Playing a Traditional Games. International Journal of Instruction, 15(3), 967–988. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15352a

Khisbiyah, Y., Lestari, S., Purwanto, A., & Hidayat, Y. (2021). Memupuk Sikap Empati Anak Melalui Permainan Tradisional Gobag Sodor, Sundaname dan Boy-Boyan. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 75–81. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.180

Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Kencana.

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/3301

Marlina, S. (2017). Character Values Development in Early Childhood through Traditional Games. 58, 404–408. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.71

Merpina, Marmawi, & Yuline. (2014). Menanamkan Kejujuran Melalui Permainan Congklak pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(3), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4929

Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan Interaksi sosial Dalam meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak Pada Anak usia 5-6 tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125–137. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/1146

Perlina, P., & Nurhafizah. (2020). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Dalam Aspek Kerjasama di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3071–3082. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/812

Putra, B. J. (2022). Teori Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Ditinjau dari Psikologi Perkembangan Anak). Histeria:Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 53(9), 1–5. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/histeria/article/view/36

Ruswan, A. (2011). Permainan kecil dalam pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Royyan Press.

Ruswan, A., & Nikawanti, G. (2018). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Kemampuan Jasmani Anak. Pendidikan Ke-SD-An, 13(2), 81–86. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/9499

Samsiar, A., Syukri, M., & Halida, H. (2017). Peningkatan Perilaku Prososial Melalui Permainan Galah Hadang Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i12.30137

Sudrajat, & Rilianti, A. P. (2022). Analisis Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Tradisional: Stimulasi Kreativitas Anak Usia SD Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pena Karakter, 04(02), 23–27. https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/30

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Padang: UNP Press.

Suryana, D. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Dasar-Dasar Pendidikan TK, 1–65.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Grup.

Suryana, D., Mayar, F., & Sari, R. E. (2021). Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 341–352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296

Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Talvio, M., Berg, M., Litmanen, T., & Lonka, K. (2016). The Benefits of Teachers’ Workshops on Their Social and Emotional Intelligence in Four Countries. Creative Education, 07(18), 2803–2819. https://doi.org/10.4236/ce.2016.718260

Tjahjaningsih, E., RS, D. H. U. N., Radyanto, M. R., & Cahyan, A. T. (2022). Edukasi Permainan Tradisional Bagi Generasi Muda Dalam Upaya Pelestarian Permainan Yang Sudah Terlupakan Endang. Jurnal Ikraith-Abdimas, 5(2), 96–100. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/1639

Widihastutik, H., Sujarwo, S., & Cholimah, N. (2023). Perbedaan Kemampuan Motorik Kasar Permainan Tradisional Kucing dan Tikus dengan Permainan Tradisional Menjala Ikan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5410–5417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5188

Wulansari, B. Y. (2017). Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Indria, 1, 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.