Program Unggulan Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembiasaan Beribadah: Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila

Authors

  • Armelia Prakasa Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-9233-9973
  • Ernawulan Syaodih Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rita Mariyana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5203

Keywords:

program unggulan, pendidikan karakter, pembiasaan beribadah, internalisasi nilai pancasila, paud

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui program unggulan penguatan pendidikan karakter dan pembiasaan beribadah serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan kendala dalam proses ini. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondok Salam Kabupaten Purwakarta melibatkan tahapan identifikasi nilai-nilai Pancasila yakni: pembuatan rencana pembelajaran kreatif, pembangunan lingkungan mendukung, penyelenggaraan kegiatan yang mendukung, dan evaluasi berkala. Faktor pendukung melibatkan peran pendidik, metode dan strategi pembelajaran yang tepat, bahan ajar relevan, lingkungan pendidikan yang mendukung, dan dukungan orang tua. Kendala meliputi kesulitan menyesuaikan diri dengan kurikulum merdeka PAUD dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Armelia Prakasa, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Anak Usia Dini

Ernawulan Syaodih, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Anak Usia Dini

Rita Mariyana, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Achmad, G. H. (2022). Pemikiran Filsafat Etik Immanuel Kant dan Relevansinya dengan Akhlak Islam. ALSYS, 2(2), 324–339. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i2.310

Ahyani, H. (2021). Forming Early Children’s Character Through School Culture In The Industry Revolution 4.0. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 50–74. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.8097

Ahyani, H., & Hidayah, N. (2021). Membangun Karakter Anak Usia Dini melalui Budaya Sekolah di Raudhatul Athfal Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 4(1), 23–42. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10652

Alaby, M. A. (2023). Urgensi Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. Journal on Teacher Education, 4(3), 102–111. Diambil dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/12074

Amanah Yunitasari, S. (2023). Wawancara bersama Ibu Siti Amanah Yunitasari selaku Guru di KB PERTIWI II tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 25 Juni 2023.

Dewi, E. R., Hidayati, A. N., Purwoko, A. I., Nurhayati, C., & Anggrella, D. P. (2022). Kesiapan Guru PAUD dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7204–7213. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2166

Fitriasari, S., Masyitoh, I. S., & Baeihaqi. (2020, Maret 24). The Role of Pancasila Education Teachers and Citizenship in Strengthening Character Education Based on Pancasila Values. 534–540. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.101

Iis. (2023). Wawancara bersama Kepala Sekolah KB PERTIWI II tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 20 Juni 2023.

Kolo, A., & Feka, Y. S. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila di SMA R.A Kartini Maktihan Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka melalui Film Inspiratif Berbasis Nilai Pancasila. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 45–53. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.170

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Musyaropah, U. (2023). Wawancara bersama Ibu Umayah Musyaropah, S,Pd selaku Kepala Sekolah KB Raudhatul Irfan Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 20 Juni 2023.

Musyaropah, U., & Iis. (2023). Hasil Observasi Awal bersama Ibu Umayah Musyaropah, S,Pd selaku Kepala Sekolah KB Raudhatul Irfan, dan Ibu Hj. Iis Kepala selaku Sekolah KB Pertiwi II, pada 20 Mei 2023.

Pratiwi, W. (2023). Hasil Wawancara bersama Ibu Wiwi Pratiwi, S.Pd, selaku Guru kelas di PAUD KB Raudhatul Irfan, pada 20 Mei 2023.

Putra, H. M., Prakasa, A., & Kurniati, P. (2022). Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3846–3854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2342

Rihatno, T., Marini, A., Safitri, D., Nuraini, S., Umasih, U., Herlina, H., … Putra, Z. F. F. (2021). Mobile web model on the basis of character building for elementary school students in Jakarta in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(5), 052069. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/5/052069

Suliaswati, E. (2023). Wawancara bersama Ibu Ella Suliaswati selaku Orang Tua Murid bernama Caca di PAUD KB Raudhatul Irfan tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 27 Juni 2023.

Syaodih, E., & Samsudin, A. (2021). Parent’s perspective on early childhood learning needs during Covid-19 using NVivo 12 software: A case study in Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 42(4), 924–931.

Syaumi, I. K., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1957–1963. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2887

Yayah. (2023). Wawancara bersama Ibu Yayah selaku Orang Tua Murid bernama Fajar di KB PERTIWI II tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 25 Juni 2023.

Downloads

Published

01-11-2023

How to Cite

Prakasa, A., Syaodih, E., & Mariyana, R. (2023). Program Unggulan Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembiasaan Beribadah: Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6165–6176. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5203

Issue

Section

Articles