- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Program Unggulan Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembiasaan Beribadah: Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5203Keywords:
program unggulan, pendidikan karakter, pembiasaan beribadah, internalisasi nilai pancasila, paudAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui program unggulan penguatan pendidikan karakter dan pembiasaan beribadah serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan kendala dalam proses ini. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondok Salam Kabupaten Purwakarta melibatkan tahapan identifikasi nilai-nilai Pancasila yakni: pembuatan rencana pembelajaran kreatif, pembangunan lingkungan mendukung, penyelenggaraan kegiatan yang mendukung, dan evaluasi berkala. Faktor pendukung melibatkan peran pendidik, metode dan strategi pembelajaran yang tepat, bahan ajar relevan, lingkungan pendidikan yang mendukung, dan dukungan orang tua. Kendala meliputi kesulitan menyesuaikan diri dengan kurikulum merdeka PAUD dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
Downloads
References
Achmad, G. H. (2022). Pemikiran Filsafat Etik Immanuel Kant dan Relevansinya dengan Akhlak Islam. ALSYS, 2(2), 324–339. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i2.310
Ahyani, H. (2021). Forming Early Children’s Character Through School Culture In The Industry Revolution 4.0. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 50–74. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.8097
Ahyani, H., & Hidayah, N. (2021). Membangun Karakter Anak Usia Dini melalui Budaya Sekolah di Raudhatul Athfal Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 4(1), 23–42. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10652
Alaby, M. A. (2023). Urgensi Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. Journal on Teacher Education, 4(3), 102–111. Diambil dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/12074
Amanah Yunitasari, S. (2023). Wawancara bersama Ibu Siti Amanah Yunitasari selaku Guru di KB PERTIWI II tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 25 Juni 2023.
Dewi, E. R., Hidayati, A. N., Purwoko, A. I., Nurhayati, C., & Anggrella, D. P. (2022). Kesiapan Guru PAUD dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7204–7213. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2166
Fitriasari, S., Masyitoh, I. S., & Baeihaqi. (2020, Maret 24). The Role of Pancasila Education Teachers and Citizenship in Strengthening Character Education Based on Pancasila Values. 534–540. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.101
Iis. (2023). Wawancara bersama Kepala Sekolah KB PERTIWI II tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 20 Juni 2023.
Kolo, A., & Feka, Y. S. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila di SMA R.A Kartini Maktihan Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka melalui Film Inspiratif Berbasis Nilai Pancasila. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 45–53. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.170
Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
Musyaropah, U. (2023). Wawancara bersama Ibu Umayah Musyaropah, S,Pd selaku Kepala Sekolah KB Raudhatul Irfan Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 20 Juni 2023.
Musyaropah, U., & Iis. (2023). Hasil Observasi Awal bersama Ibu Umayah Musyaropah, S,Pd selaku Kepala Sekolah KB Raudhatul Irfan, dan Ibu Hj. Iis Kepala selaku Sekolah KB Pertiwi II, pada 20 Mei 2023.
Pratiwi, W. (2023). Hasil Wawancara bersama Ibu Wiwi Pratiwi, S.Pd, selaku Guru kelas di PAUD KB Raudhatul Irfan, pada 20 Mei 2023.
Putra, H. M., Prakasa, A., & Kurniati, P. (2022). Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3846–3854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2342
Rihatno, T., Marini, A., Safitri, D., Nuraini, S., Umasih, U., Herlina, H., … Putra, Z. F. F. (2021). Mobile web model on the basis of character building for elementary school students in Jakarta in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(5), 052069. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/5/052069
Suliaswati, E. (2023). Wawancara bersama Ibu Ella Suliaswati selaku Orang Tua Murid bernama Caca di PAUD KB Raudhatul Irfan tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 27 Juni 2023.
Syaodih, E., & Samsudin, A. (2021). Parent’s perspective on early childhood learning needs during Covid-19 using NVivo 12 software: A case study in Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 42(4), 924–931.
Syaumi, I. K., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1957–1963. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2887
Yayah. (2023). Wawancara bersama Ibu Yayah selaku Orang Tua Murid bernama Fajar di KB PERTIWI II tentang Internalisasi Nilai Pancasila, dan evaluasi pelaksanaan Internalisasi Nilai Pancasila di PAUD Kecamatan Pondoksalam Purwakarta pada 25 Juni 2023.