- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Eksplorasi Lingkungan dalam Pembelajaran Anak di Lembaga PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5181Keywords:
eksplorasi lingkungan pembelajaran, lembaga paud, anak usia diniAbstract
Eksplorasi lingkungan dalam pembelajaran anak di lembaga PAUD merupakan upaya mendekatkan anak dengan lingkungannya, sekaligus memperkenalkan potensi alam yang perlu dipelihara dan dilestarikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan eksplorasi lingkungan dalam pembelajaran anak di  lembaga PAUD dan faktor-faktor pendukungnya. Penelitian ini termasuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan triangulasi menggunakan model tiga Langkah Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan anak dibimbing dan difasilitasi melakukan kegiatan ekplorasi lingkungan dengan melihat dan mencermati hal-hal yang ada dan terjadi, dilakukan tanya jawab antara guru dan anak, dan meminta anak bercerita pengalaman setelah berkunjung. serta guru menjelaskan terkait sumber belajar lingkungan. Faktor pendukungnya: keterlibatan orang tua peserta didik, dan lokasi satuan pendidikan anak usia dini terdapat tanaman, hewan, sungai, gunung dan serta potensi alam lainnya.
Downloads
References
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2). https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449
Apriati, Y., & Widaty, C. (2021). Kerjasama Orang Tua dan Sekolah dalam Mewujudkan Harmoni pada Paud Rumah Belajar Senyum di Banjarmasin. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(10), 1023–1034. https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/36098
Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595
Aslindah, A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Di TK Alifia Samarinda. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 6–11. https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.455
Asmah, A., & Mustaji, N. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Pasir Sebagai Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Sains Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 13. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p13--36
Association for Educational Communication and Technology. (1977). The Definition of Education Technology. AECT.
Chen, C. Y. (2005). Even Start family literacy program participants’ perceptions of parenting education, an integral component in family literacy programs. Graduate Studies of Texas A&M University. https://core.ac.uk/reader/4271339
Choiri, Moh. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793
Darling, K. E., Seok, D., Banghart, P., Nagle, K., Todd, M., & Orfali, N. S. (2019). Social and emotional learning for parents through Conscious Discipline. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 12(1), 85–99. https://doi.org/10.1108/JRIT-01-2019-0017
Dewi, A. S. (2020). Homeschooling Di Keluarga Penghafal Al-Quran. DIALEKTIKA, 7(1), 89–104. https://doi.org/10.32816/dialektika.v7i1.1348
Dwinugraha, A. P. (2021). Strategi pengembangan lembaga pendidikan taman kanak-kanak. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 63–72. https://doi.org/10.26905/pjiap.v6i1.5632
Edy, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Fowler, C., Dawson, A., Rossiter, C., Jackson, D., Power, T., & Roche, M. (2018). When parenting does not ‘come naturally’: providers’ perspectives on parenting education for incarcerated mothers and fathers. Studies in Continuing Education, 40(1), 98–114. https://doi.org/10.1080/0158037X.2017.1396449
Jannah, M. (2016). Efektivitas Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Materi IPA Pokok Bahasan Ekosistem Pada Kelas VII SMP N 2 Pringapus Kabupaten Semarang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 57–85. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.138
Jeong, H., & Hmelo-Silver, C. E. (2010). Productive use of learning resources in an online problem-based learning environment. Computers in Human Behavior, 26(1), 84–99. https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.08.001
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. IKAPI.
Muzakkir. (2016). Pengaruh Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 86–91. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/625
Nilsen, A. C. E. (2017). The expansion of early childhood development services and the need to reconceptualize evidence. Contemporary Issues in Early Childhood, 18(3), 269–280. https://doi.org/10.1177/1463949117731021
Ningsih, F. D., Nasirun, M., & Yulidesni. (2018). Pelaksanaan Program Parenting di Lembaga Paud Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2). https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/1759
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66–72. https://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/6618
Nurhayati, S., Qudsi, N. A., Rukanda, N., & Fitri, A. (2023). Parents-School Strategic Collaborations in Early Childhood School From-Home Learning During the Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 964–971. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2605
Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812
Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. JURNAL BIOEDUKATIKA, 3(1), 27. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4144
Santyasa, I. W. (2012). Pembelajaran Inovatif. Undiksa Press.
Sari, D. Y., & Maulani, S. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Sains Anak Usia Dini. Educhild, 3(1), 24–31. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/566
Satriani, S., Bachtiar, T., & Jannah, M. H. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 20. https://doi.org/10.35580/sainsmat101227682021
Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional technology: The definition and domains of the field. AECT.
Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241
St. Syamsudduha, St. S., & Rapi, Muh. (2012). Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 18–31. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a2
Sudatha, I. G. W. (2013). Pembelajaran Inovatif Berbasis Lingkungan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Mendukung Keterampilan Abad 21. Unimed Press.
Suharyat, Y., Nurhayati, S., Januliawati, D., Haryono, P., Muthi, I., & Zubaidi, M. (2023). Tantangan Pemberdayaan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Layanan PAUD Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 406–415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3827
Supartini, N., Riyanto, A. A., Marfu, K. A., & Nurhayati, S. (2020). Management Of Parenting Activities In Paud In Motivating To Be A Wise Parent In The Digital Era. EMPOWERMENT : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 242–253. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/1858
Syukron Al Mubarok, A. A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221
Wahyuni, D., & Yuhasriati. (2016). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Rancang Bangun Balok Di Paud It Al Fatih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10. https://jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/351
Widiastuti, M. A. (2018). Evaluasi Penataan Interior Kelas Terhadap Pembentukan Perilaku Anak di KBTK Islam Sakha Sidoarjo. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 4(1), 44–53. https://doi.org/10.29080/emara.v4i1.323
Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 105. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158
Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842
Yusra, S. R., Mariyana, R., & Djohaeni, H. (2020). Penataan Kelas Pada Paud Inklusi. Edukid, 16(2), 66–75. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.21530