Eksplorasi Lingkungan dalam Pembelajaran Anak di Lembaga PAUD

Authors

  • Ahmad Mufid Hisyam Ali Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Puji Yanti Fauziah Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • M. Ali Latif Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5181

Keywords:

eksplorasi lingkungan pembelajaran, lembaga paud, anak usia dini

Abstract

Eksplorasi lingkungan dalam pembelajaran anak di lembaga PAUD merupakan upaya mendekatkan anak dengan lingkungannya, sekaligus memperkenalkan potensi alam yang perlu dipelihara dan dilestarikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan eksplorasi lingkungan dalam pembelajaran anak di  lembaga PAUD dan faktor-faktor pendukungnya. Penelitian ini termasuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan triangulasi menggunakan model tiga Langkah Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan anak dibimbing dan difasilitasi melakukan kegiatan ekplorasi lingkungan dengan melihat dan mencermati hal-hal yang ada dan terjadi, dilakukan tanya jawab antara guru dan anak, dan meminta anak bercerita pengalaman setelah berkunjung. serta guru menjelaskan terkait sumber belajar lingkungan. Faktor pendukungnya: keterlibatan orang tua peserta didik, dan lokasi satuan pendidikan anak usia dini terdapat tanaman, hewan, sungai, gunung dan serta potensi alam lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2). https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Apriati, Y., & Widaty, C. (2021). Kerjasama Orang Tua dan Sekolah dalam Mewujudkan Harmoni pada Paud Rumah Belajar Senyum di Banjarmasin. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(10), 1023–1034. https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/36098

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595

Aslindah, A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Di TK Alifia Samarinda. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 6–11. https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.455

Asmah, A., & Mustaji, N. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Pasir Sebagai Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Sains Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 13. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p13--36

Association for Educational Communication and Technology. (1977). The Definition of Education Technology. AECT.

Chen, C. Y. (2005). Even Start family literacy program participants’ perceptions of parenting education, an integral component in family literacy programs. Graduate Studies of Texas A&M University. https://core.ac.uk/reader/4271339

Choiri, Moh. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793

Darling, K. E., Seok, D., Banghart, P., Nagle, K., Todd, M., & Orfali, N. S. (2019). Social and emotional learning for parents through Conscious Discipline. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 12(1), 85–99. https://doi.org/10.1108/JRIT-01-2019-0017

Dewi, A. S. (2020). Homeschooling Di Keluarga Penghafal Al-Quran. DIALEKTIKA, 7(1), 89–104. https://doi.org/10.32816/dialektika.v7i1.1348

Dwinugraha, A. P. (2021). Strategi pengembangan lembaga pendidikan taman kanak-kanak. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 63–72. https://doi.org/10.26905/pjiap.v6i1.5632

Edy, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

Fowler, C., Dawson, A., Rossiter, C., Jackson, D., Power, T., & Roche, M. (2018). When parenting does not ‘come naturally’: providers’ perspectives on parenting education for incarcerated mothers and fathers. Studies in Continuing Education, 40(1), 98–114. https://doi.org/10.1080/0158037X.2017.1396449

Jannah, M. (2016). Efektivitas Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Materi IPA Pokok Bahasan Ekosistem Pada Kelas VII SMP N 2 Pringapus Kabupaten Semarang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 57–85. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.138

Jeong, H., & Hmelo-Silver, C. E. (2010). Productive use of learning resources in an online problem-based learning environment. Computers in Human Behavior, 26(1), 84–99. https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.08.001

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. IKAPI.

Muzakkir. (2016). Pengaruh Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 86–91. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/625

Nilsen, A. C. E. (2017). The expansion of early childhood development services and the need to reconceptualize evidence. Contemporary Issues in Early Childhood, 18(3), 269–280. https://doi.org/10.1177/1463949117731021

Ningsih, F. D., Nasirun, M., & Yulidesni. (2018). Pelaksanaan Program Parenting di Lembaga Paud Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2). https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/1759

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66–72. https://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/6618

Nurhayati, S., Qudsi, N. A., Rukanda, N., & Fitri, A. (2023). Parents-School Strategic Collaborations in Early Childhood School From-Home Learning During the Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 964–971. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2605

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812

Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. JURNAL BIOEDUKATIKA, 3(1), 27. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4144

Santyasa, I. W. (2012). Pembelajaran Inovatif. Undiksa Press.

Sari, D. Y., & Maulani, S. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Sains Anak Usia Dini. Educhild, 3(1), 24–31. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/566

Satriani, S., Bachtiar, T., & Jannah, M. H. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 20. https://doi.org/10.35580/sainsmat101227682021

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional technology: The definition and domains of the field. AECT.

Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241

St. Syamsudduha, St. S., & Rapi, Muh. (2012). Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 18–31. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a2

Sudatha, I. G. W. (2013). Pembelajaran Inovatif Berbasis Lingkungan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Mendukung Keterampilan Abad 21. Unimed Press.

Suharyat, Y., Nurhayati, S., Januliawati, D., Haryono, P., Muthi, I., & Zubaidi, M. (2023). Tantangan Pemberdayaan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Layanan PAUD Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 406–415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3827

Supartini, N., Riyanto, A. A., Marfu, K. A., & Nurhayati, S. (2020). Management Of Parenting Activities In Paud In Motivating To Be A Wise Parent In The Digital Era. EMPOWERMENT : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 242–253. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/1858

Syukron Al Mubarok, A. A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Wahyuni, D., & Yuhasriati. (2016). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Rancang Bangun Balok Di Paud It Al Fatih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10. https://jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/351

Widiastuti, M. A. (2018). Evaluasi Penataan Interior Kelas Terhadap Pembentukan Perilaku Anak di KBTK Islam Sakha Sidoarjo. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 4(1), 44–53. https://doi.org/10.29080/emara.v4i1.323

Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 105. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158

Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842

Yusra, S. R., Mariyana, R., & Djohaeni, H. (2020). Penataan Kelas Pada Paud Inklusi. Edukid, 16(2), 66–75. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.21530

Downloads

Published

13-10-2023

How to Cite

Ali, A. M. H., Fauziah, P. Y., & Latif, M. A. (2023). Eksplorasi Lingkungan dalam Pembelajaran Anak di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5575–5584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5181

Issue

Section

Articles