- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159Keywords:
sosial emosioanal, bermain peran, anak usia diniAbstract
Perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting di stimulasi sejak dini pada anak. Jika tidak berkembang, aspek ini akan berpengaruh pada aspek perkembangan lain. Oleh karena itu, penting bagi guru dan orangtua untuk menstimulasi aspek ini secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bermain peran dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peningkatan perkembangan sosial emosional anak melalui bermain peran pada pra siklus diperoleh rata-rata 0 %, pada siklus I diperoleh rata-rata 58%, dan pada siklus II diperoleh rata-rata 83%. Kesimpulannya adalah bermain peran secara efektif dapat meningkatkan perkembangan social emosional anak. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam pengembangan metode bermain peran khususnya untuk anak usia dini.
Downloads
References
Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Agustina, S., Nurlaili, & Evi Selva Nirwana. (2022). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Islam Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 5(2). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/6326
Hadis Purba, H. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Mukhlisin Kec. Medan Denai. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1654
Hidayah, A. N., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Kegiatan Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Pada Kelompok Bermain Birrul Walidain Sragen. Jurnal Pendidikan, 31(1), 01. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1959
Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di tk dharma wanita pakusari kabupaten jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 27–34. https://test.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/482
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712
Lubis, J. N. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas X Sma Negeri 8 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 67. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.793
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978
Miyati, I., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16050–16057. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4918
Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/8172
Rabiah, & Tamba, W. (2014). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. Jurnal Paedagogy, 1, 28–34. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3056
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Samsudin. (2010). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-kanak. PT. Fajar Interpratama.
Sormin, D., Aziz, M., Rosmaimuna, Wahyuni, S., Yasrah, R., & Idawati. (2022). Early Children’s Cognitive Ability through the Alphabetgameat TK ABA I City Padangsidimpuan, Nort Sumatera Indonesia. Specialusis Ugdymas / Special Education, 1(43). http://sumc.lt/index.php/se/article/view/266
Sunarni, N. (2018). “Kontrak Perilaku†Dapat Menanamkan Kebiasaan Baik Pada Siswa Kelompok B3 Tk Masyithoh Pijenan Bantul Sehingga Menjadi Siswa Yang Berkarakter “ Mantab.†Jurnal Pendidikan Anak, Volume 7,(August). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/24460/12377
Suriyati, & Miranda, A. Y. D. (2020). Peningkatan Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk. 1–14.
Syahreni, Y. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) : Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9814–9819. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2238
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170
Tukiran Taniredja, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Alfabeta.
Vebriani, Eki, Israwati, Y. (2019). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Tk Sitalale Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(4), 16–24. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/15272
Wahyuni, S. (2020). Asesmen Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Teknik Penilaian Penugasan (Unjuk Kerja) di TK Al-Fadillah Kelompok (B) Usia 5-6 Tahun Sleman DIY. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 80. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9062
Wahyuni, S., Syukri, M., & Miranda, D. (2015). Peningkatan perkembangan sosial emosional melalui pemberian tugas kelompok pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12005
Wahyuningsih, S., Wahyuni, S., & Siregar, R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 991–1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892
Wariyanti. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Dalam Mengembangkan Motorik Dan Sosial Emosional Anak. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i2.4750
Widiastuti, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing Di Kelompok Bermain. Satya Widya, 34, 80.
Widhianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Menigkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kinestetik Anak Usia Dini. Edisi Khusus, No.2. http://jurnal.upi.edu/file/22-NANA_WIDHIANAWATI-bl.pdf
Wiyani, N. A. (2014). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. AR-RUZZ MEDIA.
Wulandari, L., & Setyowati, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B PPT Kuncup Harapan Surabaya. PAUD Teratai, 3(1).
Yunari. (2018). Pengembangan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. SENDIKA: Seminar Nasional FKIP UAD, 2(1), 269. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/sendika/article/viewFile/3603/983