Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Julianti Harianja Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Rosmaimuna Siregar Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan,
  • Jumaita Nopriani Lubis Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan,

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5158

Keywords:

Motorik Halus, Kegiatan Mewarnai, Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi motorik halus anak dan seberapa besar perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai di TK Mutiara Bangsa Desa Padang Bujur Kecamatan Sipirok Tapanuli Selatan. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B di TK Mutiara Bangsa yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah gambaran dari perkembangan motorik halus anak pada kondisi awal sebelum dilakukan kegiatan mewarnai menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak masih rendah dikarenakan pembelajaran kurang menarik minat anak. Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai pada anak dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yaitu: pra siklus persentase 0 %, pada siklus 1 meningkat pada kriteria (BSH) 53,3%, pada kriteria (BSB) 10%. Pada siklus 2 pada kriteria (BSH) dengan persentase 10% dan pada kriteria (BSB) meningkat 94%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin, H., Muchsin, S. B., & Kamaruddin, R. (2018). Pentingnya PTK Bagi Guru. Matappa, 1(2), 101–106. https://doi.org/prefix 10.31100

Ana Sari, I. O., & ’Aziz, H. (2019). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 191–204. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-05

Anas Sudijono. (2000). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, R. D. (2019). Menstimulasi Perkembangan Motorik untuk Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Jasmani. JCE (Journal of Childhood Education), 3(1), 29–41. https://doi.org/DOI : 10.30736/jce.v2i2.64

Aziz, M., wahyuni, S., & Yasrah, R. (2022). Early Children’s Cognitive Ability through the Alphabetgameat TK ABA I City Padangsidimpuan, Nort Sumatera Indonesia. Specialusis Ugdymas / Special Education, 2022(43), 1.

Fadillah, F. (2020). Early Childhood Metacognitive Learning among Students of Early Childhood Teacher Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.332

Fulanatin, & Simatupang, N. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meremas Kertas Pada Anak Usia 3-4 Tahun. PAUD Teratai, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-02

Husnaini, N., & Jumrah. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4477

Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/1633

Khairiah, K. (2018). Strategy of Early Childhood Learning Model Development. Al-Fitrah, 1(2), 47. https://doi.org/10.29300/ja.v1i2.1333

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Raja Grafindo.

Marliza. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Melukis Dengan Kuas Taman Kanak-Kanak Pasaman Barat. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/1687

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Mubyarto. (2010). Pembelajaran Inovatif. Bumi Aksara.

Nisak, A. C. (2017). Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. UMSIDA Press.

Peraturan Pendidikan Nasional Menteri. (2014). Standar Pendidikan Anak Usia Dini No. 137. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Putri, H. N. (2022). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 03(01), 9. https://doi.org/Prelix 10.33853

Rangkuti, A. N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Cita Pustaka Media.

Roberts, A. (2003). UU. No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Angka 14 (Issue 20).

Romlah, R. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 131. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314

Rosdiana, E. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Kurikulum 2013 Melalui Workshop Di TK Negeri Pembina Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Rosdiana Elly, 23(20), 55–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58791/drs.v23i1.182

Salim. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Perdana Publishing.

Seniwati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok B Tk Pgri 02 Padamara. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(September), 129–140. https://doi.org/10.36088/pandawa.v1i1.431

Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik. UNY Press.

Sundari, R., & Zahro, F. (2021). Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 73–90. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6610

Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523

Wahyuningsih, S., Wahyuni, S., & Siregar, R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 991–1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892

Wardani, I. dan W. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.

Warnida, W. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B1 TK Berkah Kota Jambi Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 132. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.133

Wati, M., Pabunga, D. B., & Aisyah, A. (2020). Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Teknik Usap Abur. Jurnal Amal Pendidikan, 1(3), 274. https://doi.org/10.36709/japend.v1i3.15828

Downloads

Published

01-09-2023

How to Cite

Harianja, J., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4837–4847. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5158

Issue

Section

Articles