Studi Komparasi Pelaksanaan Supervisi Guru di Finlandia dan Cina sebagai Negara Maju

Authors

  • Umar Ali Pendidikan Agama Kristen, IAKN Kupang, Indonesia, Indonesia
  • Yustina T. May Guru Mata Pelajaran Biologi, MAN Kupang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5155

Keywords:

studi komparasi, pelaksanaan supervisi guru, negara maju

Abstract

Supervisi dilakukan untuk mengembangkan mutu pendidikan yang lebih baik. Meskipun demikian, pelaksanaan supervisi masih mengalami berbagai kendala. Oleh karena itu, artikel bertujuan untuk memberikan gambaran komparasi pelaksanaan supervisi di dua negara maju yakni Finlandia dan Cina. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang dilakukan melalui beberapa proses. Pendekatan ini dipilih karena ingin memberikan gambaran mengenai strategi yang tepat untuk guru. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis tematik yang berusaha untuk memunculkan tema dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan supervisi, supervisor, strategi pelaksanaan, dan hasil akhir supervisi di negara Finlandia dan Cina memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling mendasar adalah pada tujuan dan strategi pelaksanaan. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pemangku kebijakan pendidikan untuk melakukan supervisi guru dengan mempertimbangkan setiap hasil penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ach. Baidowi, & Syamsudin. (2022). Strategi Supervisi Pendidikan Di Sekolah. Alim Journal of Islamic Educatioan, 4(1). https://doi.org/10.51275/alim.v4n1.27-38

Aditi Pandey. (2021). Teacher Performance Appraisal at School: A Critical Analysis . Horizons of Holistic Education, 8(1), 32–39. https://www.researchgate.net/publication/351130961_Teacher_Performance_Appraisal_at_School_A_Critical_Analysis

Adlina, F. (2022). the Implementation of School Principal Academic Supervision. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 1–16. https://doi.org/10.24042/alidarah.v12i2.13480

Bahiroh, I., & dkk. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08, 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/33097

Caffrey, E. D., & Kuenzi, J. J. (2011). Value-added modeling for teacher effectiveness. Teacher Quality and Student Achievement, 57–75. https://sgp.fas.org/crs/misc/R41051.pdf

Davis, A., & McDonald, D. (2019). Teachers’ reflections of instructional effectiveness: self-assessment through a standards-based appraisal process. Reflective Practice, 20(1), 125–141. https://doi.org/10.1080/14623943.2019.1569508

Farida, F., & Kenedi, A. K. (2021). Academic Supervision: Efforts To Improve the Learning Process Skills of Elementary School Teachers. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(5), 1483. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8517

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75–85. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020

Kerry, E. (2015). Teacher Performance Appraisal: More about Performance or Development? Australian Journal of Teacher Education, 40, 102–116. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1076425.pdf

Lastriyani, I., & Herawan, E. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(1), 96–106. https://doi.org/10.17509/jap.v17i1.6436

Liu, S., & Zhao, D. (2013). Teacher evaluation in China: Latest trends and future directions. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 25(3), 231–250. https://doi.org/10.1007/s11092-013-9168-8

M.Yatim, Asmara, H. U. H., & Chiar, H. M. (2017). Studi Kasus Supervisi Akademik Di SMP. Administrasi Pendidikan, 6(1), 1–17. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18319/15472

Manueke, T., Rawis, J. A. ., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 70. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115416

Marwati, M., Hadriana, H., & Suarman, S. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Pada Sekolah Dasar Di Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(2), 222. https://doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.222-237

Mulyasa. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Paais, R. L., & Dwikurnaningsih, Y. (2022). Principal Academic Supervision: Performance, Problems and Solutions. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 425–436. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.46205

Prayoga, A., & Supiana. (2020). Supervisi Akademik Kepala Madrasah. Inovatif, 6(1). https://doi.org/10.31949/am.v2i1.2079

Putuo District Education Bureau. (2012). Notification of the Implementation of 2012 Staff Performance Appraisal in Schools in Compulsory Education in the Putuo District. Putuo District Education Bureau.

Rahman ABD. (2021). Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 12(2), 1–16. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/7293

Rismawan, E. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1), 114–132. https://doi.org/10.17509/jap.v22i1.5925

Sola, E. (2019). Supervisi Akademik versus Kualitas Pembelajaran. Jurnal Idaarah, III(1), 148–154. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.8407

Soro, S. H., Handayani, S., Bidin, B., & others. (2023). Analysis Of Academic Supervision Competence Through Workshop Activities (Case Study of Kapuas District Islamic Religious Education Teachers). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 61–72. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2187

Syahreza, K. (2010). Supervisi Akademik Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Sosiologi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 4(1), 41–60. https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i1.3427

Syahruddin, Usman, S., Sulaiman, U., Hafid, E., & Baharuddin. (2022). Strategi Supervisor dalam Memberikan Supervisi Akademik. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 10(1), 82–99. https://doi.org/10.31969/pusaka.v10i1.666

Tarhan, H., Cendel Karaman, A., Kemppinen, L., & Aerila, J. A. (2019). Understanding teacher evaluation in Finland: A professional development framework. Australian Journal of Teacher Education, 44(4), 33–50. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v44n4.3

Wardani, R. K., Santosa, H., & Rahmawati, D. (2020). Pengaruh Academic Supervision Of School Heads Dan Interpersonal Communication Terhadap Teacher Performance Sekolah Dasar Negeri Jakarta Selatan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(2), 281. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i2.2110

Warren, A. N., & Ward, N. A. (2019). “It didn’t make me a better teacherâ€: inservice teacher constructions of dilemmas in high-stakes teacher evaluation. School Effectiveness and School Improvement, 30(4), 531–548. https://doi.org/10.1080/09243453.2019.1619185

Williams, J. H., & Engel, L. C. (2012). How do other countries evaluate teachers? Phi Delta Kappan, 94(4), 53–57. https://doi.org/10.1177/003172171209400414

Yaming Fang. (2019). An Analysis Of Teacher Evaluation In China [The Pennsylvania State University]. In Thesis (Vol. 2, Issue 1).

Zhang, X. F., & Ng, H. M. (2017). An effective model of teacher appraisal: Evidence from secondary schools in Shanghai, China. Educational Management Administration and Leadership, 45(2), 196–218. https://doi.org/10.1177/1741143215597234

Zhang, Y., & Hao, C. (2016). Comparative Study of In-service Teacher Education between China and Germany. Educational Process: International Journal, 5(3), 212–222. https://doi.org/10.12973/edupij.2016.53.3

Downloads

Published

04-09-2023

How to Cite

Ali, U., & May, Y. T. (2023). Studi Komparasi Pelaksanaan Supervisi Guru di Finlandia dan Cina sebagai Negara Maju. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4946–4955. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5155

Issue

Section

Articles